Lion Air Kemungkinan Bakal Tunda Rencana IPO

Posted by

Image result for Lion airPemilik Lion Air, Rusdi Kirana, sebelumnya sempat menyebut akan melepas saham Lion Air kepada publik melalui penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO). Namun, rencana IPO yang akan dilakukan pada kuartal pertama 2016 itu sepertinya akan ditunda karena kondisi pasar yang sedang melemah.
Rusdi Kirana mengatakan kepada Reuters melalui sambungan telepon bahwa rencana IPO tetap ada dalam program Lion Air, meskipun kemungkinan tidak dilakukan dalam waktu dekat. Dia berharap Lion Air bisa mendapatkan dana sebesar Rp 10 triliun saat melepas saham ke publik nantinya.
Tahun lalu, Rusdi mengatakan, dana hasil IPO akan digunakan oleh Lion Air untuk membangun hub, yaitu berekspansi di sektor bandara. “Kami sedang berbicara dengan perbankan soal IPO dan akan memakai uang itu untuk membangun hub. Sekarang kami memakai uang sendiri, tapi harapannya pada kuartal pertama 2016 perusahaan akan melakukan IPO dan akan menggunakan sebagian uang untuk ekspansi bandar udara,” kata Rusdi saat itu.
Seperti diketahui, Lion Air berencana mengembangkan Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dengan menyiapkan dana sebesar Rp 5 triliun. Akan tetapi, rencana itu kemungkinan bakal terhambat karena TNI Angkatan Udara selaku pemilik bandara akan mengevaluasi penggunaan Bandara Halim Perdanakusuma untuk operasional penerbangan komersial. Selain itu, Lion Air juga berencana membangun bandara di kawasan Lebak, Banten, karena kapasitas Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng sudah sangat padat, menyulitkan maskapai penerbangan berekspansi.


Blog, Updated at: 09.09

Update

    Sering Dibaca