Sayap adalah alat yang digunakan sebagai pembangkit gaya
aerodinamika untuk mengontrol gerakan benda sewaktu berada pada medium
fluida, baik gas (terutama udara) maupun zat cair.
Sayap bisa dijumpai pada hewan di semua jenis burung, kebanyakan serangga, beberapa mamalia), ataupun juga dunia penerbangan.
Sayap pesawat
Sayap (pesawat) adalah airfoil yang disambungkan di
masing-masing sisi fuselage dan merupakan permukaan yang mengangkat
pesawat di udara. Terdapat berbagai macam rancangan sayap, ukuran dan
bentuk yang digunakan oleh pabrik pesawat. Setiap rancangan sayap
memenuhi kebutuhan dari kinerja yang diharapkan untuk rancangan pesawat
tertentu.
Sayap dapat dipasang di posisi atas, tengah atau bawah dari fuselage.
Rancangan ini disebut high-, mid- dan low-wing. Jumlah sayap juga
berbeda-beda. Pesawat terbang dengan satu set sayap disebut monoplane,
sedangkan pesawat terbang dengan dua set sayap disebut biplane.
Monoplane dan biplane
Banyak pesawat dengan sayap di atas (high-wing) mempunyai tiang
penahan di luar atau disebut dengan wing-strut yang menyerap beban
penerbangan dan pendaratan dari strut ke struktur fuselage. Karena
biasanya wing-strut ini tersambung di tengah sayap, tipe struktur sayap
ini disebut semi-cantilever.
Beberapa high-wing dan sebagian besar low-wing mempunyai rancangan
full-cantilever yang dirancang untuk menahan beban tanpa tambahan strut
di luarnya. Struktur utama dari bagian sayap adalah spar, rib dan
stringer. Semua itu kemudian diperkuat oleh truss, I-beam, tabung atau
perangkat lain termasuk kulit pesawat. Rib menentukan bentuk dan
ketebalan dari sayap (airfoil). Pada sebagian besar pesawat modern,
tanki bahan bakar biasanya adalah bagian dari struktur sayap atau tangki
yang fleksibel yang dipasang di dalam sayap.
Komponen sayap
Di sisi belakang atau trailing edge dari sayap, ada 2 tipe permukaan pengendali (control surface) yang disebut aileron dan flap. Aileron (kemudi guling) biasanya dimulai dari tengah-tengah sayap ke ujung luar sayap (wingtip)
dan bekerja dengan gerakan yang berlawanan untuk membuat gaya
aerodinamis yang membuat pesawat untuk berguling ke kiri atau ke kanan.
Sedangkan flap biasanya dari dekat fuselage ke arah luar sampai
tengah-tengah sayap. Flap biasanya sama rata
dengan permukaan sayap pada waktu pesawat sedang menjelajah. Pada waktu
diturunkan, flap bergerak dengan arah yang sama ke bawah untuk menambah
gaya angkat sayap pada waktu lepas landas dan mendarat.
Sirip sayap mengurangi kecepatan anjlok dengan menambahkan kamber sayap dan dengan demikian meningkatkan koefisien gaya angkat maksimum. Beberapa sirip sayap juga menambah luas permukaan sayap.
Tepi depan sayap
Sayap dengan tepi depan sayap yang tegak lurus dengan aliran udara disebut sayap lurus (straight wing) jika membentuk sudut maka disebut dengan sayap sayung. Beberapa pesawat terbang seperti MiG-23 memiliki sayap ayun yaitu sayap yang bisa diubah sudut kemiringannya.
Sumber : http://id.wikipedia.org