Pangkat TNI AD beserta Urutan dan Lambang Pangkatnya

Posted by

Tanda kepangkatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat adalah daftar tanda pangkat yang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat hingga saat ini. Sebagaimana tanda kepangkatan lainnya, kepangkatan TNI AD terdiri atas jajaran pengkat perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara, tamtama kepala, tamtama.

Tanda kepangkatan TNI AD mengikuti pakaian dinas yang digunakan yaitu Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Tanda kepangkatan TNI AD sendiri terbagi dua, yaitu tanda kepangkatan pemegang komando (ada garis merah di pinggir atau tengah) dan tanda pangkat staf biasa.

Selain itu pada tanda pangkat perwira menengah dan perwira pertama ditambahkan lambang kesatuan atau kecabangan yang ada di TNI Angkatan Darat.

Tanda pangkat Tentara Keamanan Rakyat


Pengaturan pangkat tentara dimulai sejak TNI masih bernama TKR. Berdasarkan Surat Perintah Kepala Markas Tertinggi TKR tertanggal 5 November 1945 yang ditandatangani oleh Letjen Oerip Soemohardjo Kepala Staf Markas Besar Umum, dikeluarkan sebuah perintah yang mengatur tentang seragam dan tanda-tanda Tentara Keamanan Rakyat.
Lambang pangkat tentara keamanan rakyat

Tanda pangkat Tentara Nasional Indonesia


Tanda pangkat yang tercantum adalah yang dipakai saat ini sejak diberlakukannya peraturan pemerintah terbaru pada tahun 1997. Tanda pangkat dibagi tiga macam berdasarkan kegunaan pakaian seragam yaitu pakaian dinas upacara (PDU), pakaian dinas harian (PDH) dan pakaian dinas lapangan (PDL). Penempatan tanda pangkat pada pakaian dinas upacara dan pakaian dinas harian untuk jenjang bintara tinggi hingga pangkat kehormatan ditempatkan di pundak kemeja, sedangkan untuk jenjang tamtama dan bintara ditempatkan pada lengan baju. Untuk pakaian dinas lapangan, tanda pangkat ditempatkan pada kerah baju untuk jenjang bintara tinggi hingga perwira, sedangkan untuk bintara hingga tamtama tetap ditempatkan pada lengan baju.

Pangkat Kehormatan


Pangkat kehormatan adalah pangkat yang diberikan setelah yang bersangkutan purna tugas ataupun gugur, pangkat kehormatan diberikan untuk menghormati seseorang yang jasanya sangat besar kepada negara.

Pangkat kehormatan ini hanya bisa dianugerahkan kepada prajurit yang memiliki jasa luar biasa kepada bangsa dan negaranya. Negara Amerika Serikat misalnya pernah memberikan anugerah kehormatan kepada prajurit yang dinilai sangat berjasa, tidak saja sukses dalam merencanakan dan memimpin perang, akan tetapi juga memiliki sifat negarawan.
Lambang pangkat kehormatan TNI Angkatan Darat

Pangkat Perwira Tinggi TNI AD


Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal 4 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira tinggi. Berikut ini adalah urutan pangkat perwira tinggi TNI AD dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkatTNI AD tertinggi :

1. Brigadir Jenderal
Brigadir Jenderal TNI AD atau disingkat Brigjend adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira tinggiTNI AD, lambang pangkat dalam TNI untuk Brigadir Jenderal adalah satu bintang.

2. Mayor Jenderal
Mayor Jenderal TNI AD atau disingkat Mayjen adalah pangkat diatas Brigadir Jenderal dibawah Letnan Jenderal, lambang pangkat di TNI untuk Mayjen adalah dua bintang. 

3. Letnan Jenderal
Letnan Jenderal TNI AD atau disingkat Letjen adalah pangkat diatas Mayor Jenderal dibawah Jenderal, tanda pangkat TNI untuk Letnan Jenderal adalah tiga bintang.

4. Jenderal
Jenderal adalah pangkat tertinggi dalam sistem kepangkatan TNI AD, gambar pangkat di TNI untuk Jenderal adalah bintang empat.

Lambang pangkat tertinggi TNI AD perwira tinggi

Pangkat Perwira Menengah TNI AD


Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira menengah. Berikut ini adalah urutan pangkat perwira menengah TNI AD dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkat TNI AD tertinggi :

1. Mayor
Mayor TNI AD adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira menengah TNI AD, lambang pangkat dalam TNI untuk Mayor adalah satu bunga melati emas.

2. Letnan Kolonel
Letnan Kolonel TNI AD atau disingkat Letkol adalah pangkat diatas Mayor dibawah Kolonel, lambang pangkat di TNI untuk Letkol adalah dua bunga melati emas. 

3. Kolonel
Kolonel adalah pangkat tertinggi dalam jajaran kepangkatan perwira menengah TNI AD, gambar pangkat di TNI untuk Kolonel adalah 3 bunga melati emas.

Lambang pangkat perwira menengah TNI Angkatan Darat

Pangkat Perwira Pertama TNI AD

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira pertama. Berikut ini adalah urutan pangkat TNI AD Perwira Pertama dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkat TNI AD tertinggi :

1. Letnan Dua
Letnan Dua TNI AD atau disingkat Letda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira pertama TNI AD, lambang pangkat dalam TNI untuk Letnan Dua adalah satu balok emas.

2. Letnan Satu
Letnan Satu TNI AD atau disingkat Lettu adalah pangkat diatas Letnan Dua dibawah Kapten, lambang pangkat di TNI untuk Lettu adalah dua balok emas. 

3. Kapten
Kapten adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat perwira pertama TNI AD, tanda pangkat TNI untuk Kapten adalah tiga balok emas.
Lambang pangkat perwira pertama TNI Angkatan Darat

Pangkat Bintara Tinggi TNI AD

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal 2 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat Bintara Tinggi. Berikut ini adalah urutan pangkat TNI AD Bintara Tinggi dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkatTNI AD tertinggi :

1. Pembantu Letnan Dua
Letnan Dua TNI AD atau disingkat Letda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi TNI AD, lambang pangkat dalam TNI untuk Pembantu Letnan Dua adalah satu balok emas bergelombang.

3. Pembantu Letnan Satu
Pembantu letnan satu adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi TNI AD, tanda pangkat TNI untuk Pembantu Letnan Satu adalah dua balok emas bergelombang.

Lambang pangkat bintara tinggi TNI Angkatan Darat

Pangkat Bintara TNI AD

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal 4 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira tinggi. Berikut ini adalah urutan pangkat perwira tinggi TNI AD dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkatTNI AD tertinggi :

1. Sersan Dua
Sersan Dua TNI AD atau disingkat Serda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Bintara TNI AD, lambang pangkat dalam TNI untuk Sersan Dua adalah satu balok kuning menyerupai huruf V.

2. Sersan Satu
Sersan Satu TNI AD atau disingkat Sertu adalah pangkat diatas Sersan Dua dibawah Sersan Kepala, lambang pangkat di TNI untuk Sertu adalah dua balok kuning menyerupai huruf V.

3. Sersan Kepala
Sersan Kepala TNI AD atau disingkat Serka adalah pangkat diatas Sersan Satu dibawah Sersan Mayor, tanda pangkat TNI untuk Sersan Kepalal adalah tiga balok kuning menyerupai huruf V.

4. Sersan Mayor
Sersan Mayor adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara TNI AD, gambar pangkat di TNI untuk Sersan Mayor adalah empat balok kuning menyerupai huruf V.

Lambang Pangkat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat

Pangkat Tamtama Kepala TNI AD

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat tamtama kepala. Berikut ini adalah urutan pangkat tamtama kepala TNI AD dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkat TNI AD tertinggi :

1. Kopral Dua
Kopral Dua TNI AD atau disingkat Kopda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Tamtama Kepala TNI AD, lambang pangkat dalam TNI untuk Kopral Dua adalah satu balok merah menyerupai huruf V.

2. Sersan Satu
Kopral Satu TNI AD atau disingkat Koptu adalah pangkat diatas Kopral Dua dibawah Kopral Kepala, lambang pangkat di TNI untuk Koptu adalah dua balok merah menyerupai huruf V.
3. Kopral Kepala
Kopral Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Tamtama Kepala TNI AD, gambar pangkat di TNI untuk Kopral Kepala adalah tiga balok merah menyerupai huruf V.

Lambang Pangkat Tentara Angkatan Darat Tamtama Kepala

Pangkat Tamtama TNI AD

Dalam jenjang kepangkatan TNI AD dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat tamtama. Berikut ini adalah urutan pangkat tamtama TNI AD dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkat TNI ADtertinggi :

1. Prajurit Dua
Prajurit Dua TNI AD atau disingkat Prada adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Tamtama TNI AD, lambang pangkat dalam TNI untuk Prajurit Dua adalah satu balok merah lurus.
2. Prajurit Satu
Prajurit Satu TNI AD atau disingkat Pratu adalah pangkat diatas Prajurit Dua dibawah Prajurit Kepala, lambang pangkat di TNI untuk Pratu adalah dua balok merah menyerupai lurus.
3. Prajurit Kepala
Prajurit Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Tamtama TNI AD, gambar pangkat di TNI untuk Prajurit Kepala adalah tiga balok merah lurus.

Lambang Pangkat Tentara Tamtama

Demikian sedikit info kepangkatan TNI AD, semoga informasi yang sedikit ini dapat memberikan wawasan tambahan untuk para pembaca sekalian.
Sumber : kepangkatan.com


Blog, Updated at: 5:49 AM

Total pengunjung

Terbaru

    Translate

    Powered by Blogger.