PT Kereta Api Indonesia
memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang
beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan
secara teratur.
Kereta penumpang
Kapasitas angkut
penumpang yang disediakan PT Kereta Api Indonesia
di Jawa danSumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per
hari dengan rasio kelas eksekutif (30%), bisnis (22%), dan ekonomi (59%). Bila
tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung
menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometerper hari dengan rasio kelas
eksekutif (39%), kelas bisnis (25%), dan kelas
ekonomi (58%).
Kelas Eksekutif
Kelas Argo adalah kelas
layanan tertinggi PT Kereta Api Indonesia, yaitu dengan kereta penumpang
berkapasitas 50 orang per kereta. Layanan yang disediakan adalah tempat duduk
yang bisa diatur, pendingin udara, hiburan audio visual dan layanan makanan.
Rangkaian kereta api
jenis ini mulai diluncurkan pada tanggal 31 Juli 1995 untuk
memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada awalnya
hanya dua kereta api yang dioperasikan, yaitu Argo Bromoyang melayani
rute Gambir-Surabaya Pasar Turi dan Argo Gede yang melayani
rute Gambir-Bandung. Saat ini, kereta api Argo Bromo telah
digantikan dengan Argo Bromo Anggrek dan KA Argo Gede
juga telah diberhentikan pengoprasiannya dan disatukan dengan Kereta api
Parahyangan menjadi Argo Parahyangan.
Kereta api kelas Argo
lainnya adalah:
·
Argo Bromo Anggrek yang
melayani rute Gambir-Surabaya Pasar Turi.
·
Argo Muria yang
melayani rute Gambir-Semarang Tawang.
·
Argo Lawu yang melayani
rute Gambir-Yogyakarta-Solo Balapan. Argo Wilis yang melayani
rute Bandung-Surabaya Gubeng.
·
Argo Jati yang
melayani rute Gambir-Cirebon.
·
Argo Dwipangga yang
melayani rute Gambir-Yogyakarta-Solo Balapan.
·
Argo Sindoro yang
melayani rute Gambir-Semarang Tawang.
·
Argo
Parahyangan yang melayani rute Gambir-Bandung (tidak setiap
rangkaian).
Kelas Satwa adalah
Kereta sekelas Argo tetapi bukan argo seperti Kereta di bawah ini
·
Sembrani yang
melayani rute Surabaya Pasar Turi-Gambir.
·
Gajayana yang
melayani rute Malang-Gambir.
·
Bangunkarta yang
melayani rute Gambir-Semarang Tawang-Surabaya Gubeng
·
Taksaka yang
melayani rute Yogyakarta-Gambir
·
Bima yang melayani
rute Malang-Gambir.
·
Turangga yang
melayani rute Surabaya Gubeng-Bandung
·
Purwojaya yang
melayani rute Cilacap-Gambir
Kelas Campuran
Kelas campuran adalah
kelas layanan kedua tertinggi, dengan kereta penumpang kelas eksekutif (50/52
penumpang), bisnis AC (64 Penumpang) dan ekonomi AC (80 Penumpang). Layanan
kelas publik diberikan pada jalur-jalur berikut ini:
·
Argo
Parahyangan (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani
rute Bandung-Gambir (tidak semua rangkaian).
·
Cirebon
Ekspres (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Cirebon-Gambir
·
Tegal
Bahari (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Tegal-Gambir
·
Ranggajati (Eksekutif-Bisnis)
yang melayani rute Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember
·
Sancaka (Eksekutif-Ekonomi)
yang melayani rute Surabaya Gubeng–Yogyakarta.
·
Mutiara
Timur (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Surabaya
Gubeng–Banyuwangi hingga Denpasar, Balimenggunakan bus dari
Banyuwangi.
·
Lodaya (Eksekutif-Bisnis)
yang melayani rute Bandung-Yogyakarta-Solo Balapan.
·
Malabar (Eksekutif-Bisnis-Ekonomi)
yang malayani rute Bandung-Stasiun Yogyakarta-Stasiun Malang.
·
Gumarang (Eksekutif-Bisnis-Ekonomi)
yang melayani rute Pasar Senen–Surabaya Pasar Turi.
·
Mutiara
Selatan (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Malang-Surabaya-Bandung
·
Sawunggalih
Utama (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Pasar
Senen–Karanganyar–Kutoarjo.
·
Harina (Eksekutif-Bisnis-Ekonomi)
yang melayani rute Bandung-Surabaya Pasar Turi.
·
Malioboro
Ekspres (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Malang–Yogyakarta.
·
Ciremai
Ekspres (Eksekutif-Bisnis) yang melayani Bandung-Cirebon-Semarang
Tawang
·
Siliwangi (Eksekutif-Ekonomi)
relasi Cianjur-Sukabumi-Bogor.
·
Pangrango (Eksekutif-Ekonomi)
relasi Bogor-Sukabumi
Kelas Bisnis
Di bawah kereta api
kelas Publik adalah kelas komersial kelas menengah, yang mencakup semua kereta
bisnis.
·
Senja
Utama dari Pasar Senen ke Stasiun Yogyakarta, dan Solo
Balapan
·
Fajar Utama
Yogya dari Pasar Senen ke Stasiun Yogyakarta
·
Sidomukti yang
melayani rute Yogyakarta-Solo Balapan
Kelas Ekonomi
Dalam rangka pemerataan
pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, selain mengoperasikan sejumlah
kereta api komersial yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta
api kelas ekonomi, PT Kereta Api Indonesia juga mengoperasikan sejumlah
rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan, yaitu:
·
Matarmaja yang
melayani rute Malang-Pasar Senen
·
Pasundan yang
melayani rute Bandung-Surabaya Gubeng
·
Brantas yang
melayani rute Pasar Senen–Blitar
·
Logawa yang
melayani rute Purwokerto-Jember
·
Sri Tanjung yang
melayani rute Banyuwangi–Lempuyangan.
·
Tawang Jaya yang
melayani rute Pasar Senen-Semarang Poncol
·
Tawang Alun yang
melayani rute Malang Kotalama-Banyuwangi.
·
Bengawan yang
melayani rute Pasar Senen-Purwosari.
·
Progo yang melayani
rute Pasar Senen–Lempuyangan.
·
Serayu yang
melayani rute Pasar Senen-Kroya-Purwokerto
·
Kutojaya Utara yang
melayani rute Pasar Senen-Karanganyar-Kutoarjo
·
Kutojaya
Selatan yang melayani rute Kiaracondong-Kutoarjo
·
Kertajaya yang
melayani rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi
·
Kahuripan yang
melayani rute Kiaracondong-Blitar
·
Gaya Baru
Malam yang melayani rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng
·
Majapahit yang
melayani rute Pasar Senen-Malang, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·
Menoreh yang
melayani rute Pasar Senen–Semarang Tawang, (Ekonomi AC Plus
non-PSO).
·
Bogowonto yang
melayani rute Pasar Senen-Lempuyangan, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·
Gajah Wong yang
melayani rute Pasar Senen–Lempuyangan, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·
Krakatau Ekspres yang
melayani rute Merak-Pasar Senen-Purwokerto-Karanganyar-Yogyakarta-Blitar,(Ekonomi
AC Plus non-PSO).
·
Jayabaya yang
melayani rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi-Malang, (Ekonomi AC
Plus non-PSO).
·
Jaka Tingkir yang
melayani rute Purwosari-Yogyakarta-Pasar Senen, (Ekonomi AC Plus
non-PSO).
·
Joglokerto
Ekspres yang melayani rute Purwokerto-Yogyakarta-Solo Balapan, (Ekonomi
AC Plus non-PSO).
·
Tegal Ekspres yang
melayani Pasar Senen–Tegal
·
Kalijaga yang
melayani ruteSolo Balapan-Semarang Poncol
·
Kamandaka yang
melayani rute Purwokerto-Semarang Tawang (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·
Kaligung yang
melayani rute Brebes-Tegal-Semarang Poncol (Ekonomi AC Plus
non-PSO).
Kereta api lokal
Tarif kereta api kelas
ekonomi ditetapkan oleh pemerintah sehingga secara keseluruhan biaya operasi
tidak dapat ditutup dengan tarif yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat
ini, PT Kereta Api Indonesia melakukan subsidi silang dari pendapatan rangkaian
kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi. Beberapa kereta yang
dioperasikan adalah:
·
Kereta Api
Siliwangi yang melayai rute Sukabumi-Cianjur
·
KRD Kertosono yang
melayani rute Surabaya Pasar Turi-Cepu dan Surabaya
Kota-Kertosono.
·
Penataran yang
melayani rute Surabaya Kota-Blitar via Malang.
·
Kalimaya yang
melayani rute Tanah Abang–Merak.
·
Probowangi yang
melayani rute Probolinggo-Banyuwangi.
·
Rapih Dhoho yang
melayani rute Surabaya Kota-Blitar via Kediri.
·
Langsam yang
melayani rute Rangkasbitung-Angke
·
Patas
Purwakarta yang melayani rute Purwakarta-Jakarta Kota
·
Banten Ekspres yang
melayani rute Merak-Jakarta Kota.
·
Madiun Jaya yang
melayani rute Madiun-Yogyakarta
·
Madiun Jaya
Ekspres yang melayani rute Madiun-Yogyakarta
·
Prambanan
Ekspres yang melayani rute Kutoarjo-Solo Balapan.
·
Kereta api Blora Jaya
Ekspres yang melayani rute Semarang Tawang-Bojonegoro
·
Baraya Geulis yang
melayani rute Padalarang-Cicalengka (ditutup)
·
Bumi Geulis yang
melayani rute Bogor-Sukabumi (ditutup dan digantikan
oleh Pangrango).
·
Pandanwangi yang
melayani rute Jember-Banyuwangi.
·
Kereta api Lokal Bandung
Raya yang melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka.
·
KRD Surabaya Lamongan
yang melayani rute Surabaya-Lamongan, Surabaya-Sidoarjo,
dan Surabaya-Mojokerto.
·
Sriwedari yang
melayani rute Yogyakarta-Solo Balapan (Tidak Beroperasi)
·
KRD Perintis
Jenggala yang melayani rute Mojokerto-Tulangan-Sidoarjo
·
Galuh yang melayani
rute Tanahabang-Banjar(Dilebur menjadi KA Serayu)
·
KA Lokal
Cibatu yang melayani rute Cibatu - Purwakarta
Komuter
Komuter adalah kereta
api yang beroperasi dalam jarak dekat, menghubungkan kota besar dengan
kota-kota kecil di sekitarnya atau dua kota yang berdekatan. Penumpang kereta
ini kebanyakan adalah para penglaju bermobilitas tinggi yang pergi-pulang dalam
sehari, misalnya ke tempat kerja atau sekolah. Tidak mengherankan apabila
frekuensi perjalanan komuter termasuk tinggi dan jumlah penumpangnya juga
paling banyak dibanding kereta jenis lainnya.
Di Indonesia,
jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan
kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas kereta api jarak
jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan
jaringan kereta api komuter yang lebih canggih, seperti monorel,kereta
bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit (MRT) yang rencananya akan
dibangun di Jakarta danSurabaya.
Komuter umumnya dilayani
oleh rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa sudah ada yang dilayani oleh
kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif, seperti kereta
api Pakuan jurusan Jakarta- Bogor. Jalur-jalur kereta
komuter yang ada di Indonesia antara lain:
·
KRL Jabodetabek/Commuter
Line, merupakan jalur komuter tertua di Indonesia yang melingkupi daerah
Jakarta Raya, melayani para penglaju dari Jakarta ke Bogor, Depok, Tangerang,
dan Bekasi, termasuk jalur cabang ke Serpong dan Maja.
·
KRDH MCW 302 Patas
relasi Cicalengka-Padalarang, KRDE Baraya Geulis relasi Cicalengka Padalarang
hasil modifikasi dari KRL BN Holec PT INKA Madiun.
·
KRDE Prambanan Ekspres
relasi Jogjakarta-Solo hasil modifikasi dari KRL BN-Holec PT INKA Madiun.
·
KRDH Kedungsepur relasi
Semarang-Ngrombo. Sebelumnya KRD ini hampir dialokasikan untuk Airport Railink
Services
·
KRDH-I Blora Jaya relasi
Semarang-Bojonegoro.
·
KRDH-I Madiun Jaya
relasi Madiun-Jogjakarta.
·
KRDH-I Seminung relasi
Tanjung Karang-Kota Bumi.
·
KRDH-I Way Umpu relasi
Tanjung Karang-Kota Bumi.
·
KRDH-I Sri Lelawangsa
relasi Medang-Binjai.
Kereta api bandara
PT Kereta Api Indonesia
menyediakan layanan Kereta api Airport Railink Services yang
menghubungkan stasiun-stasiun sekitar hingga ke Bandar udara. Moda
transportasi ini sangat berguna karena mengurangi jumlah kepadatan kendaraan
menuju bandara. Untuk saat ini sudah tersedia rute menuju ke Stasiun
Bandara Kualanamu dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.
Nantinya akan terdapat rute menuju Bandar Udara Internasional Minangkabau dan Bandar
Udara Internasional Adi Soemarmo.
Kereta wisata
PT Kereta Api Indonesia
juga menyediakan layanan kereta wisata yang tarifnya disesuaikan dengan harga
tiket tertinggi pada kereta yang dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut.
Gerbong kereta wisata diberi
nama Nusantara, Bali, Toraja,Sumatera, Jawa, Imperial, dan Priority.[16] Selain
itu, di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif
uap bergigi. Di Solo, kereta wisata Punokawan
jurusan Purwosari–Wonogiri menelusuri jalan Slamet
Riyadi di Kota Solo. Adapun diSumatera Selatan, tersedia kereta
wisata yang diberi nama Kereta Sultan, sedangkan di Sumatera
Barat tersedia pula kereta wisata yang bertujuan ke Lembah Anai dan
Pantai Pariaman.[17]
Kereta barang
Khusus di Pulau
Jawa, pemasaran angkutan barang semula kurang diminati pasar karena dalam
perjalanan kalah prioritas dengan kereta penumpang. Akan tetapi, sejalan dengan
perkembangan terakhir yang sudah melalui tahapan modernisasi sarana angkutan
barang, telah dimungkinkan hadirnya kereta barang dengan kecepatan yang tidak
jauh berbeda dengan kereta penumpang sehingga perjalanannya jauh lebih lancar.[18][19]
Layanan kereta barang
yang dilayani saat ini sudah ada beberapa macam seperti kereta
pengangkut peti kemas, kereta pengangkut batu bara, kereta
pengangkut semen, dan sebagainya.
Untuk mengoptimalkan
layanan kereta berbasis barang pada saat ini PT Kereta Api Indonesia membuat
anak perusahaan yang bernama PT Kereta Api Logistik (Kalog) yang fungsi
utamanya adalah untuk melayani dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis
kereta api.
Baja Satwa
Kereta barang Baja Satwa
dikhususkan untuk mengangkut barang yang melayani rute Jakarta
Gudang-Surabaya Pasar Turi. Barang yang diangkut kebanyakan berupa peti
kemas yang jenis komoditas angkutannya tidak terbatas.
Kereta barang cepat
Koridor layanannya sama
dengan kereta api Antaboga, yaitu Jakarta-Surabaya Pasar Turi, tetapi
sarana yang digunakan berupa gerbong tertutup. Komoditas yang dapat diangkut
juga bermacam-macam, sesuai dengan keadaan pasar.
Lokomotif
Untuk sistem penomoran
lokomotif mulai tahun 2011 menggunakan kombinasi huruf,angka yang menunjukan
tahun didinaskan dan nomor urut. Kombinasi huruf yang digunakan untuk
menunjukkan susunan roda (saat ini ada C, D, BB, dan jenis CC), dan nomor tiga
digit digunakan untuk menunjukkan kelas (2 untuk kelas dengan transmisi listrik
dan 3 untuk kelas dengan transmisi hidraulik atau mekanik), yang dimulai dari
00. Dua angka di tengah menunjukan lokomotif ini didinaskan pada tahun berapa
dan dua atau tiga angka di belakangnya menunjukkan jumlah individu, mulai dari
01.[20]
Misalnya
·
D301 68 70: Lokomotif
diesel hidraulik generasi kedua dengan susunan roda D (empat gandar) didinaskan
pada tahun 1968 dengan nomor urut 70
·
CC203 01 05: Lokomotif
diesel elektrik dengan susunan roda Co-Co generasi keempat didinaskan pada
tahun 2001 dengan nomor urut 05
Kelas lokomotif diesel
PT Kereta Api Indonesia
Loko Diesel Hidraulik
·
C300 (Karl Marx V30C)
·
C301 (Nederlandse Constructiebedrijven Machinefabrik)
·
D300 (Krupp M350D)
·
D301 (Krupp M350D)
·
BB300 (Kruup M700BB)
·
BB301 (Krupp M1500BB)
·
BB302 (Henschel DHG 600 BB)
·
BB303 (Henschel DHG 1000 BB)
·
BB304 (Krupp M1500BB)
·
BB305 (Jenbacher Ldh1500BB, CFD BB1500HV, dan NS)
·
BB306 (Henschel DHG 800 BB)
·
CC300 (INKA CC 300*)
|
Loko Diesel Elektrik
·
BB200 (EMD G8A1A)
·
BB201 (EMD G12U6)
·
BB202 (EMD G18U6)
·
BB203 (GE U18A1A)
·
BB204 (SLM HGm4/6)
·
CC200 (Alco-GE UM 106T)
·
CC201 (GE U18C)
·
CC202 (EMD G26MC-2U)
·
CC203 (GE U20C)
·
CC204 (GE C18MMi dan GE C20EMP)
·
CC205 (EMD GT38ACe)
·
CC206 (GE CM20EMP)
|
*) CC300 adalah milik
Ditjen Perkeretaapian
Armada
Pada tahun 2016, KAI
mengoperasikan:
·
420 unit lokomotif;
·
578 unit KRL;
·
121 unit KRD;
·
1.607 unit kereta
penumpang; dan
·
6.782 unit gerbong [22]
Lokomotif diesel
elektrik PT KAI sebagian besar dibuat di Amerika Serikat atau Kanada,
sedangkan diesel hidraulik kebanyakan Jerman. Unit listrik beberapa
kebanyakan buatan Jepang. Industri lokal mampu membangun beberapa unit, baik
diesel dan listrik.
Sumber : Wikipedia