Layanan PT Kereta Api Indonesia

Posted by

PT Kereta Api Indonesia memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan secara teratur.
Kereta penumpang
Kapasitas angkut penumpang yang disediakan PT Kereta Api Indonesia di Jawa danSumatera adalah sebanyak 106.638 tempat duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (30%), bisnis (22%), dan ekonomi (59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometerper hari dengan rasio kelas eksekutif (39%), kelas bisnis (25%), dan kelas ekonomi (58%).
Kelas Eksekutif
Kelas Argo adalah kelas layanan tertinggi PT Kereta Api Indonesia, yaitu dengan kereta penumpang berkapasitas 50 orang per kereta. Layanan yang disediakan adalah tempat duduk yang bisa diatur, pendingin udara, hiburan audio visual dan layanan makanan.
Rangkaian kereta api jenis ini mulai diluncurkan pada tanggal 31 Juli 1995 untuk memperingati 50 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada awalnya hanya dua kereta api yang dioperasikan, yaitu Argo Bromoyang melayani rute Gambir-Surabaya Pasar Turi dan Argo Gede yang melayani rute Gambir-Bandung. Saat ini, kereta api Argo Bromo telah digantikan dengan Argo Bromo Anggrek dan KA Argo Gede juga telah diberhentikan pengoprasiannya dan disatukan dengan Kereta api Parahyangan menjadi Argo Parahyangan.
Kereta api kelas Argo lainnya adalah:
·         Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Gambir-Surabaya Pasar Turi.
·         Argo Muria yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang.
·         Argo Lawu yang melayani rute Gambir-Yogyakarta-Solo Balapan. Argo Wilis yang melayani rute Bandung-Surabaya Gubeng.
·         Argo Jati yang melayani rute Gambir-Cirebon.
·         Argo Dwipangga yang melayani rute Gambir-Yogyakarta-Solo Balapan.
·         Argo Sindoro yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang.
·         Argo Parahyangan yang melayani rute Gambir-Bandung (tidak setiap rangkaian).
Kelas Satwa adalah Kereta sekelas Argo tetapi bukan argo seperti Kereta di bawah ini
·         Sembrani yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Gambir.
·         Gajayana yang melayani rute Malang-Gambir.
·         Bangunkarta yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang-Surabaya Gubeng
·         Taksaka yang melayani rute Yogyakarta-Gambir
·         Bima yang melayani rute Malang-Gambir.
·         Turangga yang melayani rute Surabaya Gubeng-Bandung
·         Purwojaya yang melayani rute Cilacap-Gambir
Kelas Campuran
Kelas campuran adalah kelas layanan kedua tertinggi, dengan kereta penumpang kelas eksekutif (50/52 penumpang), bisnis AC (64 Penumpang) dan ekonomi AC (80 Penumpang). Layanan kelas publik diberikan pada jalur-jalur berikut ini:
·         Argo Parahyangan (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Bandung-Gambir (tidak semua rangkaian).
·         Cirebon Ekspres (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Cirebon-Gambir
·         Tegal Bahari (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Tegal-Gambir
·         Ranggajati (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Cirebon-Surabaya Gubeng-Jember
·         Sancaka (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Surabaya Gubeng–Yogyakarta.
·         Mutiara Timur (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Surabaya Gubeng–Banyuwangi hingga Denpasar, Balimenggunakan bus dari Banyuwangi.
·         Lodaya (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Bandung-Yogyakarta-Solo Balapan.
·         Malabar (Eksekutif-Bisnis-Ekonomi) yang malayani rute Bandung-Stasiun Yogyakarta-Stasiun Malang.
·         Gumarang (Eksekutif-Bisnis-Ekonomi) yang melayani rute Pasar Senen–Surabaya Pasar Turi.
·         Mutiara Selatan (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Malang-Surabaya-Bandung
·         Sawunggalih Utama (Eksekutif-Bisnis) yang melayani rute Pasar Senen–Karanganyar–Kutoarjo.
·         Harina (Eksekutif-Bisnis-Ekonomi) yang melayani rute Bandung-Surabaya Pasar Turi.
·         Malioboro Ekspres (Eksekutif-Ekonomi) yang melayani rute Malang–Yogyakarta.
·         Ciremai Ekspres (Eksekutif-Bisnis) yang melayani Bandung-Cirebon-Semarang Tawang
·         Siliwangi (Eksekutif-Ekonomi) relasi Cianjur-Sukabumi-Bogor.
·         Pangrango (Eksekutif-Ekonomi) relasi Bogor-Sukabumi
Kelas Bisnis
Di bawah kereta api kelas Publik adalah kelas komersial kelas menengah, yang mencakup semua kereta bisnis.
·         Senja Utama dari Pasar Senen ke Stasiun Yogyakarta, dan Solo Balapan
·         Fajar Utama Yogya dari Pasar Senen ke Stasiun Yogyakarta
·         Sidomukti yang melayani rute Yogyakarta-Solo Balapan
Kelas Ekonomi
Dalam rangka pemerataan pelayanan kepada semua lapisan masyarakat, selain mengoperasikan sejumlah kereta api komersial yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas ekonomi, PT Kereta Api Indonesia juga mengoperasikan sejumlah rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan, yaitu:
·         Matarmaja yang melayani rute Malang-Pasar Senen
·         Pasundan yang melayani rute Bandung-Surabaya Gubeng
·         Brantas yang melayani rute Pasar Senen–Blitar
·         Logawa yang melayani rute Purwokerto-Jember
·         Sri Tanjung yang melayani rute Banyuwangi–Lempuyangan.
·         Tawang Jaya yang melayani rute Pasar Senen-Semarang Poncol
·         Tawang Alun yang melayani rute Malang Kotalama-Banyuwangi.
·         Bengawan yang melayani rute Pasar Senen-Purwosari.
·         Progo yang melayani rute Pasar Senen–Lempuyangan.
·         Serayu yang melayani rute Pasar Senen-Kroya-Purwokerto
·         Kutojaya Utara yang melayani rute Pasar Senen-Karanganyar-Kutoarjo
·         Kutojaya Selatan yang melayani rute Kiaracondong-Kutoarjo
·         Kertajaya yang melayani rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi
·         Kahuripan yang melayani rute Kiaracondong-Blitar
·         Gaya Baru Malam yang melayani rute Pasar Senen-Surabaya Gubeng
·         Majapahit yang melayani rute Pasar Senen-Malang, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Menoreh yang melayani rute Pasar Senen–Semarang Tawang, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Bogowonto yang melayani rute Pasar Senen-Lempuyangan, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Gajah Wong yang melayani rute Pasar Senen–Lempuyangan, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Krakatau Ekspres yang melayani rute Merak-Pasar Senen-Purwokerto-Karanganyar-Yogyakarta-Blitar,(Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Jayabaya yang melayani rute Pasar Senen-Surabaya Pasar Turi-Malang, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Jaka Tingkir yang melayani rute Purwosari-Yogyakarta-Pasar Senen, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Joglokerto Ekspres yang melayani rute Purwokerto-Yogyakarta-Solo Balapan, (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Tegal Ekspres yang melayani Pasar Senen–Tegal
·         Kalijaga yang melayani ruteSolo Balapan-Semarang Poncol
·         Kamandaka yang melayani rute Purwokerto-Semarang Tawang (Ekonomi AC Plus non-PSO).
·         Kaligung yang melayani rute Brebes-Tegal-Semarang Poncol (Ekonomi AC Plus non-PSO).
Kereta api lokal
Tarif kereta api kelas ekonomi ditetapkan oleh pemerintah sehingga secara keseluruhan biaya operasi tidak dapat ditutup dengan tarif yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat ini, PT Kereta Api Indonesia melakukan subsidi silang dari pendapatan rangkaian kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi. Beberapa kereta yang dioperasikan adalah:
·         Kereta Api Siliwangi yang melayai rute Sukabumi-Cianjur
·         KRD Kertosono yang melayani rute Surabaya Pasar Turi-Cepu dan Surabaya Kota-Kertosono.
·         Penataran yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar via Malang.
·         Kalimaya yang melayani rute Tanah Abang–Merak.
·         Probowangi yang melayani rute Probolinggo-Banyuwangi.
·         Rapih Dhoho yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar via Kediri.
·         Langsam yang melayani rute Rangkasbitung-Angke
·         Patas Purwakarta yang melayani rute Purwakarta-Jakarta Kota
·         Banten Ekspres yang melayani rute Merak-Jakarta Kota.
·         Madiun Jaya yang melayani rute Madiun-Yogyakarta
·         Madiun Jaya Ekspres yang melayani rute Madiun-Yogyakarta
·         Prambanan Ekspres yang melayani rute Kutoarjo-Solo Balapan.
·         Kereta api Blora Jaya Ekspres yang melayani rute Semarang Tawang-Bojonegoro
·         Baraya Geulis yang melayani rute Padalarang-Cicalengka (ditutup)
·         Bumi Geulis yang melayani rute Bogor-Sukabumi (ditutup dan digantikan oleh Pangrango).
·         Pandanwangi yang melayani rute Jember-Banyuwangi.
·         Kereta api Lokal Bandung Raya yang melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka.
·         KRD Surabaya Lamongan yang melayani rute Surabaya-Lamongan, Surabaya-Sidoarjo, dan Surabaya-Mojokerto.
·         Sriwedari yang melayani rute Yogyakarta-Solo Balapan (Tidak Beroperasi)
·         KRD Perintis Jenggala yang melayani rute Mojokerto-Tulangan-Sidoarjo
·         Galuh yang melayani rute Tanahabang-Banjar(Dilebur menjadi KA Serayu)
·         KA Lokal Cibatu yang melayani rute Cibatu - Purwakarta
Komuter
Komuter adalah kereta api yang beroperasi dalam jarak dekat, menghubungkan kota besar dengan kota-kota kecil di sekitarnya atau dua kota yang berdekatan. Penumpang kereta ini kebanyakan adalah para penglaju bermobilitas tinggi yang pergi-pulang dalam sehari, misalnya ke tempat kerja atau sekolah. Tidak mengherankan apabila frekuensi perjalanan komuter termasuk tinggi dan jumlah penumpangnya juga paling banyak dibanding kereta jenis lainnya.
Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya juga diambil dari bekas kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah saat ini sedang mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang lebih canggih, seperti monorel,kereta bawah tanah, maupun Mass Rapid Transit (MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta danSurabaya.
Komuter umumnya dilayani oleh rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa sudah ada yang dilayani oleh kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif, seperti kereta api Pakuan jurusan Jakarta- Bogor. Jalur-jalur kereta komuter yang ada di Indonesia antara lain:
·         KRL Jabodetabek/Commuter Line, merupakan jalur komuter tertua di Indonesia yang melingkupi daerah Jakarta Raya, melayani para penglaju dari Jakarta ke Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, termasuk jalur cabang ke Serpong dan Maja.
·         KRDH MCW 302 Patas relasi Cicalengka-Padalarang, KRDE Baraya Geulis relasi Cicalengka Padalarang hasil modifikasi dari KRL BN Holec PT INKA Madiun.
·         KRDE Prambanan Ekspres relasi Jogjakarta-Solo hasil modifikasi dari KRL BN-Holec PT INKA Madiun.
·         KRDH Kedungsepur relasi Semarang-Ngrombo. Sebelumnya KRD ini hampir dialokasikan untuk Airport Railink Services
·         KRDH-I Blora Jaya relasi Semarang-Bojonegoro.
·         KRDH-I Madiun Jaya relasi Madiun-Jogjakarta.
·         KRDH-I Seminung relasi Tanjung Karang-Kota Bumi.
·         KRDH-I Way Umpu relasi Tanjung Karang-Kota Bumi.
·         KRDH-I Sri Lelawangsa relasi Medang-Binjai.
Kereta api bandara
PT Kereta Api Indonesia menyediakan layanan Kereta api Airport Railink Services yang menghubungkan stasiun-stasiun sekitar hingga ke Bandar udara. Moda transportasi ini sangat berguna karena mengurangi jumlah kepadatan kendaraan menuju bandara. Untuk saat ini sudah tersedia rute menuju ke Stasiun Bandara Kualanamu dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Nantinya akan terdapat rute menuju Bandar Udara Internasional Minangkabau dan Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo.
Kereta wisata

PT Kereta Api Indonesia juga menyediakan layanan kereta wisata yang tarifnya disesuaikan dengan harga tiket tertinggi pada kereta yang dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut. Gerbong kereta wisata diberi nama Nusantara, Bali, Toraja,Sumatera, Jawa, Imperial, dan Priority.[16] Selain itu, di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi. Di Solo, kereta wisata Punokawan jurusan Purwosari–Wonogiri menelusuri jalan Slamet Riyadi di Kota Solo. Adapun diSumatera Selatan, tersedia kereta wisata yang diberi nama Kereta Sultan, sedangkan di Sumatera Barat tersedia pula kereta wisata yang bertujuan ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.[17]
Kereta barang
Khusus di Pulau Jawa, pemasaran angkutan barang semula kurang diminati pasar karena dalam perjalanan kalah prioritas dengan kereta penumpang. Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan terakhir yang sudah melalui tahapan modernisasi sarana angkutan barang, telah dimungkinkan hadirnya kereta barang dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kereta penumpang sehingga perjalanannya jauh lebih lancar.[18][19]
Layanan kereta barang yang dilayani saat ini sudah ada beberapa macam seperti kereta pengangkut peti kemas, kereta pengangkut batu bara, kereta pengangkut semen, dan sebagainya.
Untuk mengoptimalkan layanan kereta berbasis barang pada saat ini PT Kereta Api Indonesia membuat anak perusahaan yang bernama PT Kereta Api Logistik (Kalog) yang fungsi utamanya adalah untuk melayani dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis kereta api.

Baja Satwa
Kereta barang Baja Satwa dikhususkan untuk mengangkut barang yang melayani rute Jakarta Gudang-Surabaya Pasar Turi. Barang yang diangkut kebanyakan berupa peti kemas yang jenis komoditas angkutannya tidak terbatas.
Kereta barang cepat
Koridor layanannya sama dengan kereta api Antaboga, yaitu Jakarta-Surabaya Pasar Turi, tetapi sarana yang digunakan berupa gerbong tertutup. Komoditas yang dapat diangkut juga bermacam-macam, sesuai dengan keadaan pasar.
Lokomotif
Untuk sistem penomoran lokomotif mulai tahun 2011 menggunakan kombinasi huruf,angka yang menunjukan tahun didinaskan dan nomor urut. Kombinasi huruf yang digunakan untuk menunjukkan susunan roda (saat ini ada C, D, BB, dan jenis CC), dan nomor tiga digit digunakan untuk menunjukkan kelas (2 untuk kelas dengan transmisi listrik dan 3 untuk kelas dengan transmisi hidraulik atau mekanik), yang dimulai dari 00. Dua angka di tengah menunjukan lokomotif ini didinaskan pada tahun berapa dan dua atau tiga angka di belakangnya menunjukkan jumlah individu, mulai dari 01.[20]
Misalnya
·         D301 68 70: Lokomotif diesel hidraulik generasi kedua dengan susunan roda D (empat gandar) didinaskan pada tahun 1968 dengan nomor urut 70
·         CC203 01 05: Lokomotif diesel elektrik dengan susunan roda Co-Co generasi keempat didinaskan pada tahun 2001 dengan nomor urut 05
Kelas lokomotif diesel PT Kereta Api Indonesia
Loko Diesel Hidraulik
·         C300 (Karl Marx V30C)
·         C301 (Nederlandse Constructiebedrijven Machinefabrik)
·         D300 (Krupp M350D)
·         D301 (Krupp M350D)
·         BB300 (Kruup M700BB)
·         BB301 (Krupp M1500BB)
·         BB302 (Henschel DHG 600 BB)
·         BB303 (Henschel DHG 1000 BB)
·         BB304 (Krupp M1500BB)
·         BB305 (Jenbacher Ldh1500BB, CFD BB1500HV, dan NS)
·         BB306 (Henschel DHG 800 BB)
·         CC300 (INKA CC 300*)
Loko Diesel Elektrik
·         BB200 (EMD G8A1A)
·         BB201 (EMD G12U6)
·         BB202 (EMD G18U6)
·         BB203 (GE U18A1A)
·         BB204 (SLM HGm4/6)
·         CC200 (Alco-GE UM 106T)
·         CC201 (GE U18C)
·         CC202 (EMD G26MC-2U)
·         CC203 (GE U20C)
·         CC204 (GE C18MMi dan GE C20EMP)
·         CC205 (EMD GT38ACe)
·         CC206 (GE CM20EMP)
*) CC300 adalah milik Ditjen Perkeretaapian
Armada
Pada tahun 2016, KAI mengoperasikan:
·         420 unit lokomotif;
·         578 unit KRL;
·         121 unit KRD;
·         1.607 unit kereta penumpang; dan
·         6.782 unit gerbong [22]
Lokomotif diesel elektrik PT KAI sebagian besar dibuat di Amerika Serikat atau Kanada, sedangkan diesel hidraulik kebanyakan Jerman. Unit listrik beberapa kebanyakan buatan Jepang. Industri lokal mampu membangun beberapa unit, baik diesel dan listrik.
Sumber : Wikipedia


Blog, Updated at: 22.42

Update

    Sering Dibaca