Peralatan Navigasi, Apa Adanya dan Ada Apanya?

Posted by

Berbagai peralatan canggih terus dikembangkan dan ditingkatkan yang didukung para vendor pendukung dan penyedia peralatan navigasi. Ini dilakukan demi menaikkan standar safety, sehingga, jika ukuran keamanan  100 persen, maka sektor penerbangan seharusnya melampaui hampir 2.000 persen. Namun saat ini baru mencapai 1.999,9 persen, karena 0,1 persen, faktor penentunya adalah keberuntungan (luck).
Cockpit pesawat yang canggih serba digital disebut “glass cockpit” memiliki empat monitor yang berisi semua data, termasuk data navigasi, komunikasi, radar cuaca yang up to date, hingga monitoring flight control semua ada pada monitor tersebut.
Bahkan pesawat yang telah dilengkapi dengan ADS-B transceiver (output-input) juga dapat melihat situasi sekitar atau dapat melihat pesawat lain yang terbang di sekitarnya dengan tampilan animasi dua dimensi (2D), juga memuat beberapa informasi penting seperti kondisi cuaca, kecepatan angin, arah angin dan lainnya yang terkait dengan kenyamanan, keamanan serta keselamatan setiap misi penerbangan.
Masih banyak ketidakseimbangan antara kecanggihan peralatan navigasi pesawat udara dan navigasi bandar udara, sehingga terkadang sang pilot melakukan konfirmasi kepada petugas ATC bahwa di depanya ada pesawat lain, karena sang pilot dapat melihat pesawat lain dengan gambar dan data jelas seperti heading, speed, altitude dan lainnya, sedangkan sang petugas ATC sebagai fungsi control dan mengatur lalu lintas udara hanya mengandalkan koordinat dengan “imajinasi kiranologi”, karena di ruang ATC tidak atau belum dilengkapi dengan peralatan canggih yang dapat melihat pergerakan pesawat di udara secara real.


Blog, Updated at: 10.51

Update

    Sering Dibaca