Lambang Pangkat TNI AU dan Urutan Pangkatnya

Posted by

Tanda kepangkatan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara adalah daftar tanda pangkat yang digunakan oleh Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara hingga saat ini. Sebagaimana tanda kepangkatan lainnya, kepangkatan TNI AU terdiri atas jajaran pengkat perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, bintara tinggi, bintara, tamtama kepala, tamtama. Berikut ini urutan Pangkat TNI AU indonesia disertai dengan lambang gambar pangkat dari urutan pangkat terendah sampai tertinggi.

Tanda kepangkatan TNI AU mengikuti pakaian dinas yang digunakan yaitu Pakaian Dinas Upacara (PDU), Pakaian Dinas Harian (PDH) dan Pakaian Dinas Lapangan (PDL). Tanda kepangkatan TNI AU sendiri terbagi dua, yaitu tanda kepangkatan pemegang komando (ada garis merah di pinggir atau tengah) dan tanda pangkat staf biasa. Selain itu pada tanda pangkat perwira menengah dan perwira pertama ditambahkan lambang kesatuan atau kecabangan yang ada di TNI Angkatan Udara.

Tanda pangkat Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara


Tanda pangkat yang tercantum adalah yang dipakai saat ini sejak diberlakukannya peraturan pemerintah terbaru pada tahun 1997. Tanda pangkat dibagi tiga macam berdasarkan kegunaan pakaian seragam yaitu pakaian dinas upacara (PDU), pakaian dinas harian (PDH) dan pakaian dinas lapangan (PDL). Penempatan tanda pangkat pada pakaian dinas upacara dan pakaian dinas harian untuk jenjang bintara tinggi hingga pangkat kehormatan ditempatkan di pundak kemeja, sedangkan untuk jenjang tamtama dan bintara ditempatkan pada lengan baju. Untuk pakaian dinas lapangan, tanda pangkat ditempatkan pada kerah baju untuk jenjang bintara tinggi hingga perwira, sedangkan untuk bintara hingga tamtama tetap ditempatkan pada lengan baju.

Pangkat Kehormatan


Pangkat kehormatan adalah pangkat yang diberikan setelah yang bersangkutan purna tugas ataupun gugur, pangkat kehormatan diberikan untuk menghormati seseorang yang jasanya sangat besar kepada negara. Pangkat kehormatan ini hanya bisa dianugerahkan kepada prajurit yang memiliki jasa luar biasa kepada bangsa dan negaranya.
Lambang Pangkat Kehormatan <b>TNI AU</b> Marsekal Besar

Pangkat Perwira Tinggi TNI AU


Dalam jenjang kepangkatan TNI AU dikenal 4 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira tinggi. Berikut ini adalah urutan pangkat perwira tinggi TNI AU dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkatTNI AU tertinggi :

1. Marsekal Pertama
Marsekal pertama adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira tinggi TNI AU, lambang pangkat dalam TNI untuk Marsekal Pertama adalah satu bintang.

2. Marsekal Muda
Marsekal Muda TNI AU adalah pangkat diatas Marsekal Pertama dibawah Marsekal Madya, lambang pangkat di TNI untuk Marsekal Muda adalah dua bintang. 

3. Marsekal Madya
Marsekal Madya TNI AU adalah pangkat diatas laksamana muda dibawah Marsekal, tanda pangkat TNI untuk Marsekal Madya adalah tiga bintang.

4. Marsekal
Marsekal adalah pangkat tertinggi dalam sistem kepangkatan TNI AU, gambar pangkat di TNI untuk Marsekal adalah bintang empat.

Lambang Pangkat  perwira tinggi <b>TNI AU</b>

Pangkat Perwira Menengah TNI AU


Dalam jenjang kepangkatan TNI AU dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira menengah. Berikut ini adalah urutan pangkat perwira menengah TNI AU dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkat TNI AU tertinggi :

1. Mayor
Mayor TNI AU adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira menengah TNI AU, lambang pangkat dalam TNI untuk Mayor adalah satu bunga melati emas.

2. Letnan Kolonel
Letnan Kolonel TNI AU atau disingkat Letkol adalah pangkat diatas Mayor dibawah Kolonel, lambang pangkat di TNI untuk Letkol adalah dua bunga melati emas. 

3. Kolonel
Kolonel adalah pangkat tertinggi dalam jajaran kepangkatan perwira menengah TNI AU, gambar pangkat di TNI untuk Kolonel adalah 3 bunga melati emas.

lambang pangkat perwira menengah <b>TNI AU</b>

Pangkat Perwira Pertama TNI AU

Dalam jenjang kepangkatan TNI AU dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira pertama. Berikut ini adalah urutan pangkat TNI AU Perwira Pertama dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkat TNI AU tertinggi :

1. Letnan Dua
Letnan Dua TNI AU atau disingkat Letda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat perwira pertama TNI AU, lambang pangkat dalam TNI untuk Letnan Dua adalah satu balok emas.

2. Letnan Satu
Letnan Satu TNI AU atau disingkat Lettu adalah pangkat diatas Letnan Dua dibawah Kapten, lambang pangkat di TNI untuk Lettu adalah dua balok emas. 

3. Kapten
Kapten adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat perwira pertama TNI AU, tanda pangkat TNI untuk Kapten adalah tiga balok emas.

Lambang Pangkat Perwira Pertama <b>TNI AU</b>

Pangkat Bintara Tinggi TNI AU

Dalam jenjang kepangkatan TNI AU dikenal 2 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat Bintara Tinggi. Berikut ini adalah urutan pangkat TNI AU Bintara Tinggi dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkatTNI AU tertinggi :

1. Pembantu Letnan Dua
Letnan Dua TNI AU atau disingkat Letda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat bintara tinggi TNI AU, lambang pangkat dalam TNI untuk Pembantu Letnan Dua adalah satu balok emas bergelombang.

3. Pembantu Letnan Satu
Pembantu letnan satu adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat bintara tinggi TNI AU, tanda pangkat TNI untuk Pembantu Letnan Satu adalah dua balok emas bergelombang.

Lambang Pangkat Bintara Tinggi <b>TNI AU</b>

Pangkat Bintara TNI AU

Dalam jenjang kepangkatan TNI AU dikenal 4 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat perwira tinggi. Berikut ini adalah urutan pangkat perwira tinggi TNI AU dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkatTNI AU tertinggi :

1. Sersan Dua
Sersan Dua TNI AU atau disingkat Serda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Bintara TNI AU, lambang pangkat dalam TNI untuk Sersan Dua adalah satu balok kuning menyerupai huruf V.

2. Sersan Satu
Sersan Satu TNI AU atau disingkat Sertu adalah pangkat diatas Sersan Dua dibawah Sersan Kepala, lambang pangkat di TNI untuk Sertu adalah dua balok kuning menyerupai huruf V.

3. Sersan Kepala
Sersan Kepala TNI AU atau disingkat Serka adalah pangkat diatas Sersan Satu dibawah Sersan Mayor, tanda pangkat TNI untuk Sersan Kepalal adalah tiga balok kuning menyerupai huruf V.

4. Sersan Mayor
Sersan Mayor adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Bintara TNI AU, gambar pangkat di TNI untuk Sersan Mayor adalah empat balok kuning menyerupai huruf V.

Lambang Pangkat Bintara <b>TNI AU</b>

Pangkat Tamtama Kepala TNI AU

Dalam jenjang kepangkatan TNI AU dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat tamtama kepala. Berikut ini adalah urutan pangkat tamtama kepala TNI AU dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkat TNI AU tertinggi :

1. Kopral Dua
Kopral Dua TNI AU atau disingkat Kopda adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Tamtama Kepala TNI AU, lambang pangkat dalam TNI untuk Kopral Dua adalah satu balok merah menyerupai huruf V.

2. Kopral Satu
Kopral Satu TNI AU atau disingkat Koptu adalah pangkat diatas Kopral Dua dibawah Kopral Kepala, lambang pangkat di TNI untuk Koptu adalah dua balok merah menyerupai huruf V.

3. Kopral Kepala
Kopral Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Tamtama Kepala TNI AU, gambar pangkat di TNI untuk Kopral Kepala adalah tiga balok merah menyerupai huruf V.

Lambang Pangkat Tamtama Kepala <b>TNI AU</b>

Pangkat Tamtama TNI AU

Dalam jenjang kepangkatan TNI AU dikenal 3 pangkat yang termasuk dalam tingkatan pangkat tamtama. Berikut ini adalah urutan pangkat tamtama TNI AU dari tingkatan pangkat terendah sampai tingkatan pangkat TNI AUtertinggi :

1. Prajurit Dua
Prajurit Dua TNI AU atau disingkat Prada adalah pangkat terendah dalam jajaran pangkat Tamtama TNI AU, lambang pangkat dalam TNI untuk Prajurit Dua adalah satu balok merah lurus.
2. Prajurit Satu
Prajurit Satu TNI AU atau disingkat Pratu adalah pangkat diatas Prajurit Dua dibawah Prajurit Kepala, lambang pangkat di TNI untuk Pratu adalah dua balok merah menyerupai lurus.
3. Prajurit Kepala
Prajurit Kepala adalah pangkat tertinggi dalam jajaran pangkat Tamtama TNI AU, gambar pangkat di TNI untuk Prajurit Kepala adalah tiga balok merah lurus.

Lambang Pangkat Tamtama <b>TNI AU</b>

Demikian sedikit info kepangkatan TNI AU, semoga informasi yang sedikit ini dapat memberikan wawasan tambahan untuk para pembaca sekalian.
Sumber : kepangkatan.com


Blog, Updated at: 6:12 AM

Total pengunjung

Terbaru

    Translate

    Powered by Blogger.