Hal Yang Perlu Diketahui tentang SEO

Posted by

Peranan SEO dalam pembangunan sebuah website / blog

Salah satu cara tentang bagaimana seseorang bisa sampai ke blog anda adalah dengan melalui mesin pencari. Mesin pencari merupakan perantara (yang paling berpotensi) untuk mendapatkan visitor yang besar. Ini karena sebagian besar pengguna internet saat ini telah mengenal (dan mengerti) mesin pencari sebagai sarana pencari informasi yang efektif. Oleh karena itu, sebagai salah satu pemain di internet (baik itu penyedia informasi, jasa, produk, dan lain sebagainya), anda mau tidak mau harus memperhatikan faktor SEO blog anda. 

Apakah tidak ada cara lain untuk mendapatkan pengunjung selain melalui mesin pencari ?

Ada .., Banyak malah. Sebut saja misalnya melalui kegiatan promosi di media sosial seperti facebook, twitter dan lain-lain. Namun, untuk mendapatkan pengunjung melalui media sosial, anda terlebih dahulu harus memiliki followers yang banyak. Selain itu, jumlah pengunjung yang bisa didapatkan melalui media ini umumnya tidak terlalu besar (kecuali jika memang anda berfokus disini dan membangun jaringan yang besar melalui media sosial).


Poin-poin SEO Dasar

Oke, saya akan mulai belajar SEO, langkah awal yang harus saya pelajari apa ya ? Sebelum mulai mempelajari bagaimana SEO blog yang baik. Ada satu fakta yang harus anda ketahui terlebih dahulu. 

Pada dasarnya, Tidak ada ilmu (yang benar-benar) pasti mengenai bagaimana cara agar baik dimata mesin pencari dan selalu menjadi nomor satu untuk query-query yang kita kehendaki. Ini karena google (dan mesin pencari lainnya) tidak mengungkapkan secara pasti tentang bagaimana algoritma yang mereka buat dalam menentukan score tingkat relevansi halaman. Parameter-parameter yang mereka gunakan sebagai faktor penentu score relevansi ini juga tidak diungkapkan secara pasti dan jelas. Faktanya, antara blogger satu dengan blogger lainnya akan memiliki pemahaman SEO yang berbeda, ini tergantung bagaimana analisa mereka terhadap prilaku google dalam memilih halaman yang relevan (berdasarkan pengalaman mereka sendiri).

Walaupun demikian, ada beberapa teknik SEO dasar yang sudah dianggap sebagai teknik (yang bisa dikatakan pasti) yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas halaman pada mesin pencari Google. SEO dasar ini sesuai dengan halaman dokumentasi Search Engine Optimization Starter GuideGoogle. Berikut adalah poin-poin SEO dasar yang saya ambil dari halaman dokumentasi google tersebut. 

Teknik SEO Dasar sesuai panduan google

Semoga bermanfaat.
Sumber : wiblogger.com


Blog, Updated at: 17.08

Update

    Sering Dibaca