Bagaimana Cara Mendapatkan Backlink ?

Posted by


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink, Namun, apakah backlink-backlink tersebut dapat meningkatkan ranking blog anda atau sebaliknya, ini adalah pertanyaan yang lain lagi . Untuk mengoptimalkan Off Page SEO, tidak hanya jumlah backlink yang menjadi patokan, kualitas backlink itu sendiri menjadi faktor utama yang sangat mempengaruhi keberhasilan optimasi. 

Dalam artian yang sebenarnya, backlink adalah link yang menuju ke halaman blog kita dan memang dibuat oleh orang lain sebagai rekomendasi mereka (umumnya karena konten halaman yang kita buat memang berkualitas dan dapat menjawab pertanyaan pembaca). Ini dapat diartikan bahwa pada artian yang sebenarnya, backlink adalah sesuatu yang terjadi secara natural / tidak dibuat-buat. 

Disinilah letak dari kemampuan para pakar SEO dalam mengoptimasi halaman web mereka. Kebanyakan pakar SEO tidak mengandalkan backlink yang terbangun secara natural (murni dari rekomendasi orang lain) melainkan mereka membuat sendiri backlink untuk halaman yang mereka optimasi. Pembangunan backlink ini dibuat sedemikian rupa sehingga (mungkin) akan tampak natural dan berkualitas dimata mesin pencari yang secara otomatis akan mengangkat rangking halaman mereka pada hasil penelusuran. Banyak dari mereka yang (mungkin) mampu mengoptimasi halaman yang tidak begitu baik dari sisi On page SEO namun tetap mampu berada pada posisi teratas hasil penelusuran. Untuk sekarang, lebih jauh tentang backlink ini tidak akan saya bahas disini. Secara pribadi, saya hanya berfokus pada penerapan SEO on page

Perlu juga anda ketahui bahwa SEO off page umumnya lebih beresiko. Dengan kata lain, tidak setiap optimasi dapat meningkatkan ranking halaman. Optimasi yang dilakukan secara salah akan berdampak buruk pada halaman atau bahkan pada tingkat tertentu, optimasi SEO off page yang tidak benar dapat membuat blog de-index (hilang / dihapus dari mesin pencari). 
Semoga bermanfaat.
Sumber : wiblogger.com


Blog, Updated at: 17.09

Update

    Sering Dibaca