Prinsip Kerja Search Engine atau Mesin Pencarian

Posted by

Satu hal dasar yang perlu anda ketahui bahwa mesin pencari bukanlah manusia. Ini merupakan sebuah mesin yang dibuat dengan algoritma (anggap saja: pola pikir) tertentu untuk dapat menjelajahi (membaca), menyimpan (kedalam database) dan menseleksi halaman-halaman web. 

1. Menjelajahi halaman web (Crawls)

Pertama, mesin pencari akan melakukan crawls (menjelajahi) untuk melihat "Apa yang ada" dalam sebuah halaman web. Kegiatan ini dilakukan dengan Crawler atau Spider. Dengan kata lain, ini dilakukan oleh software. Untuk mesin pencari google, software ini disebutGooglebot. Kegiatan ini adalah tahap dimana mesin pencari menemukan halaman-halaman baru yang akan dimasukkan kedalam index mereka. 

Anda mungkin akan bertanya bagaimana software ini bisa menjelajahi milyaran halaman web yang tersedia di internet ?! Perayapan ini pada perinsipnya memanfaatkan link-link (tautan) yang terdapat pada sebuah halaman. Crawler ini akan mengikuti (membuka) setiap link yang terdapat pada suatu halaman dan akan membawa mereka pada halaman-halaman lainnya yang saling terhubung (dengan link). Anda bisa membaca lebih lanjut tentang ini pada halaman Googlebot.


Pada halaman ini (dan berbagai materi SEO yang akan anda jumpai), anda akan menemui istilah-istilah terkait kata index. Beberapa istilah ini seperti di-indexterindexde-index dan lain sebagainya. Sebagai blogger baru, wajar jika ada yang masih bingung dengan maksud kata ini. Perhatikan beberapa contoh penerjemahan berikut untuk memahami maksud dari kata indexyang akan anda temui pada materi-materi terkait mesin pencari.

  • Halaman telah di-index google: Ini artinya, halaman telah berada atau dapat ditemukan pada hasil pencarian google.
  • Halaman belum di-index google: Ini artinya, halaman belum berada atau tidak dapat ditemukan pada hasil pencarian google.
  • Halaman telah di de-index google: Ini artinya, halaman telah dihapus dari hasil pencarian google (sebelumnya halaman ini telah di-index, namun karena alasan tertentu, google mengapus halaman dari index mereka).

2. Mengindex halaman web

Setelah mereka mendapatkan halaman-halaman baru dari prosescrawler, selanjutnya adalah memasukkan halaman tersebut kedalam index mereka (dalam sebuah database besar). Adapun data yang diambil oleh crawler ini pada dasarnya adalah berupa teks yang terdapat pada halaman. 


Tidak seperti manusia, karena crawler ini hanyalah sebuah mesin, mereka tidak dapat melihat layaknya apa yang dapat dilihat dan dirasakan oleh manusia. Sebut saja seperti misalnya seberapa bagus desain suatu halaman, seberapa tinggi nilai seni yang terdapat pada suatu gambar dan lain sebagainya, mereka tidak dapat merasakan hal semacam itu. Oleh karena itu, dalam mengoptimasi SEO blog, umumnya para pelaku SEO akan mengedepankan kualitas konten teks.

3. Menganalisa isi / konten halaman web

Ketiga, setelah halaman telah berada pada index mereka, halaman-halaman ini kemudian akan diproses. Proses ini pada prinsipnya bertujuan untuk menentukan "Tentang Apa" yang disampaikan pada halaman-halaman tersebut. Pada awalnya, kurang lebih proses penentuan ini adalah dengan cara menganalisa kata-kata / kalimat yang terdapat pada masing-masing halaman. 

Dalam memutuskan tingkat relevansi (kesesuaian) isi halaman terhadap query tertentu. mesin pencari memiliki metode penilaian sendiri. Hasil akhir dari proses kurang lebih akan memberikan (anggaplah) Score Relevansi untuk masing-masing halaman aterhadap query tertentu. Score relevansi ini bersifat dinamis. Dengan kata lain, Score Relevansi ini bisa berubah-ubah, tergantung algoritma dan beberapa data update yang didapat oleh mesin pencari sebagai parameter-parameter penentuan lainnya.

4. Menampilkan halaman yang Paling Relevan pada hasil penelusuran

Terakhir, ketika anda mencari informasi dengan query tertentu. Halaman yang akan ditampilkan pada hasil penelusuran yang anda lakukan adalah halaman-halaman yang dianggap mesin pencari sebagai halaman yang paling relevan dengan query yang anda gunakan. 

Kita tahu bahwa hasil penelusuran ini pada umumnya akan menampilkan banyak sekali halaman web yang (dianggap) relevan. Disini, halaman yang mendapatkan score relevansi paling tinggi terhadap query yang anda gunakan akan ditampilkan pada urutan / daftar paling atas.
Semoga bermanfaat.
Sumber : wiblogger.com


Blog, Updated at: 17.08

Update

    Sering Dibaca