Pengertian Tablet

Posted by

Tablet, sebuah nama benda yang sangat tidak asing didengar oleh masyarakat di Indonesia ataupun di dunia. Pengertian tablet sendiri adalah jenis personal komputer yang memiliki fleksibilitas yang lebih daripada laptop atau komputer biasa. Tablet ini berukuran kecil seperti buku tulis yang dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Cara penggunaan tablet adalah dengan cara disentuh oleh jari tangan atau dapat dibantu dengan pena digital. Tablet dapat digunakan untuk mengetik namun menggunakan layar sentuh yang dapat menyentuh keyboardnya dari dalam tablet itu sendiri. Tablet dapat digunakan untuk melakukan kegiatan kantor seperti mengetik, browsing menonton video bahkan dapat digunakan sebagai kamera.
Berbagai pengertian berbeda yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah tablet. Ada yang mengatakan bahwa pengertian tablet adalah suatu komputer portable lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Ciri yang membedakannya dari PC lain adalah penggunaan layar sebagai piranti masukan dengan menggunakan pena digital atau dengan menggunakan sentuhan jari tangan dan menggunakan papan ketik yang muncul di tampilan layar tersebut. Kata tablet sendiri sudah ada sejak tahun 2000 yang dikeluarkan oleh Microsoft versi Windows XP, sedangkan pada tahun 2010 tablet diperkenalkan lagi dengan nama iPad. Terakhir pada tahun 2011 dengan memperkenalkan tablet Galaxy Tab yang dilakukan oleh perusahaan Samsung.
Ada lagi pengertian tablet yang mendefinisikan sebagai laptop atau komputer portable yang berbentuk seperti buku, dengan dilengkapi dengan layar sentuh. Teknologi tablet digital dapat digunakan dengan bantuan stylus atau pulpen digital yang di desain khusus untuk tablet. Tablet tidak menggunakan keyboard ataupun mouse komputer. Pengguna tablet dapat memakai tablet tersebut untuk menulis dokumen atau dapat mengakses internet dengan mudah. Layar tablet juga dapat berputar ke atas dan ke bawah, sehingga posisi keyboard menghadap ke segala arah. Tablet juga dapat bergerak memutar seperti gerakan kepala orang yang sedang menoleh hingga 360 derajat.
Dari beberapa pengertian tablet diatas, maka dapat disimpulkan bahwa tablet adalah sebuah PC yang memiliki bentuk yang unik dan simpel seperti buku dan dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Tablet juga dapat disentuh dengan menggunakan jari tangan atau memakai pena digital. Dengan bantuan pena digital maka akan memudahkan pengguna untuk memakai tablet tersebut. Fitur dan aplikasi yang ada pada tablet hampir sama dengan komputer. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk membeli tablet. Karena tablet dapat digunakan untuk menulis dokumen penting serta dapat mengakses internet dengan mudah. Selain itu tablet juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi.


Blog, Updated at: 08.51

Update

    Sering Dibaca