Sejarah dimulainya kejuaran balapan
tingkat dunia yaitu diselenggarakan pada tahun 1949, oleh Fédération
Internationale de Motocyclisme (FIM). Ya kurang lebih pada tahun tersebut ajang
balap motoGP diadakan. FIM adalah Badan tertinggi yang mengatur segala
bentuk kegiatan balap motor.
Pegelaran ini telah diselenggarakan
secara tradisional untuk beberapa kelas motor berdasarkan kapasitas mesin dan
juga kelas kelas Pada era GP 500 cc pada saat itu yaitu 50 cc, 125 cc , 225 cc
, 350 cc dan 500 cc untuk motor jenis single seater , serta 350 cc dan 500 cc
untuk motor sidecars.
Memasuki tahun 1950 sampai dengan
1960 motor yang menggunakan mesin 4 tak mendominasi seluruh kelas,. Nah pada
akhir tahun 1960an motor bermesin 2 tak mulai menguasai kelas kelas kecil, dan
pada tahun 1970 an motor yang bermesin 2 tak benar benar berhasil menyingkirkan
motor yang bermesin 4 tak.
Selanjutnya pada tahun 1979 honda
berusaha mengembalikan mesin 4 tak dijelas puncak dengan menurunkan motor model
NR 500, namun proyek motor ini gagal dan bahkan kurang lebih pada tahun 1983
honda berhasil meraih kemenangan dengan motor 500 cc 4 tak miliknya.
Pada tahun 1983 untuk kelas motor
350 cc akhirnya dihapuskan , kelas 50 cc kemudian digantikan dengan oleh kelas
motor 80 cc pada tahun 1984, tetapi untuk kelas yang paling banyak didominasi
yaitu oleh pembalap dari spanyol dan italia ini akhirnya ditiadakan kurang
lebih pada tahun 1990.
Untuk kelas sidecars juga ditiadakan
dari kejuaran dunia ditahun 1990 yang menyisakan kelas motor bermesin 125 cc ,
250 cc dan kelas motor mesin 500cc. GP 500 , kelas yang menjadi puncak balap
motor grand prix,telah berubah secara drasmatis pada tahun 2002.
Kurang lebih dipertengahan tahun
1970 an sampai tahun 2001 kelas puncak dari balap GP ini dibatasi 3 silinder
dan kapasitas mesin yang digunakan yaitu 500 cc , baik jenis motor bermesin 4
tak dan juga 2 tak. Akibatnya yang mampu bertahan adalah mesin 2 tak , karena
mesin motor 2 tak itu memiliki tenaga dan juga akselerasi yang lebih besar.
Pada tahun 2002 sampai tahun 2006
untuk pertama kalinya pabrikan di izinkan untuk memperbesar kapasitas mesinnya
untuk mesin 4 tak menjadi maksimum 990 cc dan berubah menjadi 800 cc pada musim
tahun 2007.
Pabrikan juga diberikan kebebasan
untuk memilih jumlah silinder yang digunakan yaitu antara tiga sampai enam
silinder dengan batas berat tertentu. Dengan dibolehkanya motor 4 tak yang
memiliki kapasitas mesin tak ber cc besar tersebut maka kelas GP 500 diubah
namanya menjadi MotoGP. Setelah tahun 2003 tidak ada lagi mesin 2 tak yang
turun dalam ajang balap kelas motoGP. Untuk kelas balap mesin 125 cc dan 250 cc
secara khusus masih menggunakan mesin kelas 2 tak.
Berikut
Daftar Juara GP 500cc
- Leslie Graham ( AJS ) Th 1949
- Umberto Masetti ( Norton ) Th 1950
- Geoff Duke ( Norton ) Th 1951
- Umberto Masetti ( Gilera ) Th 1952
- Geoff Duke ( Gilera ) Th
1953.1954,1955
- John Surtes ( MV Agusta ) Th 1956
- Liber Liberati ( Gilera ) 1957
- John Surtes ( MV Agusta ) Th 1958,
1959, 1960
- Gary Hocking ( MV Agusta ) Th 1961
- Mike Hailwood ( MV Agusta ) Th 1962,
1963,1964,1965
- Giacomo Agostini ( MV Agusta ) Th
1966,1967,1968,1969,1970,1971,1972
- Phill Read ( MV Agusta ) Th 1973,
1974
- Giacomo Agostini ( Yamaha ) Th 1975
- Barry Sheene ( Suzuki ) 1976, 1977
- Kenny Roberts ( Yamaha ) Th
1978,1979,1980
- Marco Lucchinelli ( Suzuki ) Th, 1981
- Franco Uncini ( Suzuki ) Th 1982
- Freddie Spencer ( Honda ) Th 1983
- Eddie Lawson ( Yamaha ) Th 1984
- Freddie Spencer ( Honda ) Th 1985
- Eddie Lawson ( Yamaha ) Th 1986
- Wayne Gardner (Honda) Th 1987
- Eddie Lawson ( Yamaha ) Th 1988, 1989
- Wayne Rainey ( Yamaha ) Th 1990,1991,1992
- Kevin Schwantz (Suzuki) Th 1993
- Michael Doohan (Honda) Th
1994,1995,1996,1997,1998
- Àlex Crivillé (Honda) Th 1999
- Kenny Roberts, Jr. (Suzuki) Th 2000
- Valentino Rossi (Honda) Th 2001
Berikut Daftar Juara MotoGP 990cc
- Valentino Rossi Th. 2002 ( Honda )
- Valentino Rossi Th. 2003 ( Honda )
- Valentino Rossi Th. 2004 (Yamaha)
- Valentino Rossi Th. 2005 (Yamaha)
- Nicky Hayden Th. 2006 (Honda)
Era motoGP mesin 800 cc dimulai pada tahun 2007 dengan format
yang baru dan berubah menjadi 800 cc dari sebelumnya 990 cc yang sudah saya
sampaikan sebelumnya. Disini pabrikan dibolehkan /diberi kebebasan untuk
memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai enam. Dengan
dibolehkan motor 4 tak yang tak ber cc besar tersebut maka namanya dirubah
menjadi motoGP.
Sumber : modifikasi.co.id