Cara Mengecek Tablet PC Second Sudah Pernah Di-Root

Posted by

Android selalu berkaitan dengan istilah root karena ada banyak sekali manfaat rooting untuk gadget Android. Namun beberapa pengguna Android ada yang tidak ingin melakukan rooting dikarenakan jika rooting maka garansi resmi hilang. Sehingga jika Android rusak, garansi resmi sudah tidak berlaku lagi. Dan jika anda ingin membeli tablet PC second, sebaiknya anda tanyakan dulu ke penjualnya apakah sudah pernah di rooting dulu sebelumnya atau belum. Jangan sampai anda membeli tapi anda tidak tahu dan menyebabkan kerugian pada anda.
Dan tidak hanya kehilangan garansi perangkat saja. Gadget Android anda juga akan mudah terkena virus. Karena beberapa orang mengatakan jika gadget Android yang sudah di root memiliki resiko yang lebih besar terkena serangan virus malware. Namun jika anda sudah terlanjur membeli tablet PC second, ada cara untuk mengetahui apakah tablet PC bekas anda sudah pernah di root sebelumnya atau belum.
Untuk mengecek tablet PC second anda sudah apakah sudah pernah di root, anda cukup memerlukan beberapa langkah yang lumayan mudah. Pertama, masuk dulu ke menu yang ada di perangkat gadget anda. Lalu cari aplikasi yang bernama SuperUser atau yang bernama Super SU yang biasanya bergambar icon Android memakai jubah seperti Superman. Jika anda tidak menemukan salah satu dari aplikasi tersebut pada menu, berarti second hand tablet PC anda belum pernah di root sebelumnya oleh pemilik sebelumnya. Jadi anda masih memiliki garansi perangkat. Begitu juga sebaliknya. Jika anda menemukan salah satu icon tersebut pada gadget Android anda, itu berarti gadget anda tersebut sudah pernah dilakukan root sebelumnya.
Sebenarnya anda tidak perlu khawatir jika tablet PC second anda ternyata sudah pernah diroot sebelumnya dan sudah tidak memiliki garansi perangkat. Karena anda dapat melakukan unroot supaya gadget anda bisa kembali normal lagi meskipun garansi perangkat tetap saja tidak bisa berlaku kembali. Dengan begitu anda tidak perlu lagi takut jika gadget anda terkena serangan virus. Anda hanya perlu hati-hati saja saat menginstal aplikasi karena virus sebagian besar disebarkan saat menginstal aplikasi. Apalagi jika dilihat dari manfaat gadget anda yang sudah diroot.


Blog, Updated at: 05.02

Update

    Sering Dibaca