Profil sirkuit F1 : Sirkuit Jaypee Group, India

Posted by


Sirkuit Jaypee Group adalah sirkuit baru yang dibangun oleh pemerintah India, untuk kepentingan balap F1. Sirkuit ini sudah melalui inspeksi dari FIA, namun masih akan melalui tahap homologasi akhir untuk menggelar ajang F1. 

Sirkuit yang dibangun di Greater Noida tersebut, terletak 50 km sebelah Tenggara ibukota India, New Delhi. Sirkuit Jaypee Group (SJG) mulai dididirikan pada bulan Juli 2007. Sejak perencanaannya, SJG dibuat memang untuk menggelar balap F1 Grand Prix. 

Gayung pun bersambut, FIA memasukkan SJG ke dalam kalender F1 2011. Namun  kondisinya masih tentatif, bergantung pada inspeksi yang akan dilakukan di Mei 2011 nanti. SJG dibangun di tanah seluas 4 km persegi dengan panjang lintasan 5.141 meter dengan 15 tikungan. 

Sirkuit ini akan menjadi bagian dari Jaypee Greens Sports City yang luasnya 10 km persegi. Jadi tak hanya sirkuit, namun stadion kriket, lapangan golf hingga akademi olahraga akan didirikan disini. 
(foto:noidaonline)
Rumornya, sirkuit ini akan menjadi yang tercepat setelah sirkuit Monza. Memang jika melihat dari layoutnya, kebanyakan tikungan di sirkuit ini memang berkarakter high speed. Ditambah ada 4 straight line walau tidak terlalu panjang. Sehingga para pembalap harus mempertahankan kecepatannya jika tidak ingin diasapi. 
 Data sirkuit Jaypee Group, India 
 Nama sirkuit Jaypee International Race Circuit  
 Dibuka  2011 
 Mulai digunakan  2011 
 Tanggal balapan  30 Oktober 2011 
 Jumlah lap  Diumumkan kemudian 
 Panjang sirkuit  5.141 meter 
 Jumlah tikungan  Diumumkan kemudian 
 Panjang jarak selama balapan   Diumumkan kemudian 
 Rekor lap tercepat  Belum ada rekor lap tercepat  
 Pemenang tahun 2010  Belum ada pemenang
Sumber
Berikut lintasan Sirkuit Jaypee Group, India


Blog, Updated at: 10:13 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.