Profil sirkuit F1 : Sirkuit Yeongam, Korea

Posted by


Sirkuit ini aslinya bernama Korean International Circuit. Tapi karena lokasinya yang berada di provinsi Yeongam,  400 km sebelah selatan ibukota Seoul. Maka dari itu sirkuit ini juga diberi nama sirkuit Yeongam. Kabarnya pembangunan infrastrukturnya menelan biaya $264 juta US Dollar. 

Proyek pembangunan ini merupakan kerja sama antara Bernie Ecclestone dengan  Promotor F1 KAVO (Korea Auto Valley Operation). KAVO merupakan perusahaan joint venture antara M-Bridge Holdings dengan pemda setempat. 

Desainnya dibuat oleh Herman Tilke, dan sebagian lintasan balapnya dibuat permanen. Namun setengahnya lagi dapat dibongkar untuk digunakan sebagai jalanan menuju pelabuhan. Kelebihannya adalah ketika ada event F1, para pejalan kaki, pengguna Yacht hingga penghuni hotel, juga bisa menyaksikannya. Mirip sirkuit Monaco ya? 

F1 GP Korea pertama kali diselenggarakan di sirkuit ini tahun 2010. Saat itu Fernando Alonso merebut podium puncak sekaligus fastest lap dengan catatan waktu 1 menit 50.257 detik. F1 Korea 2011 merupakan event balap di Korea untuk kedua kalinya dari jatah 7 musim ke depan penyelenggaraan di sirkuit Yeongam. 

Korean International Circuit memiliki panjang lintasan 5.621 meter dengan 18 tikungan. Menurut sang desainer, Herman Tilke. Sirkuit ini memiliki karakter low grip. Sehingga para pembalap harus menjaga ekstra traksi rodanya agar tidak keluar dari racing line. 
 Data sirkuit Yeongam, Korea
 Nama sirkuit Korean International Circuit
 Dibuka  2010 
 Mulai digunakan  2010 
 Tanggal balapan  16 Oktober 2011 
 Jumlah lap  55 
 Panjang sirkuit  5.615 meter 
 Jumlah tikungan  18 
 Panjang jarak selama balapan   309.155 km 
 Rekor lap tercepat  1:50:257 detik - Fernando Alonso, tahun 2010   
 Pemenang tahun 2010  Fernando Alonso - Ferrari

Sumber
Berikut Lintasan Sirkuit Yeongam Korea


Blog, Updated at: 10:37 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.