Profil sirkuit F1 : Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi

Posted by

Sirkuit ini terletak di Yas Island, yang berjarak 30 menit dari ibukota Uni Emirat Arab, Abu Dhabi. Yas Marina menjadi trek balap F1 kedua setelah Bahrain dan menjadi yang pertama kali didirikan di Timur Tengah. 

Yas Marina didesain oleh arsitek spesialis sirkuit F1, Hermann Tilke. Dengan mengambil konsep "versi Arab"nya sirkuit Monaco. Itu sebabnya sirkuit ini banyak memiliki tikungan patah dan sempit. Total ada 21 tikungan dengan panjang lintasan 5.554 meter. Lintasan ini mulai dibangun bulan Mei 2007 dan lulus inspeksi FIA tanggal 7 October 2009. 

Sama seperti bangunan di Uni Emirat lainnya. Sirkuit ini dibangun dengan kualitas terbaik. Mulai dari konstruksi baja, interior sampai lintasannya sendiri. Selain itu, Yas Marina kini merebut predikat gelanggang olahraga terbesar yang memiliki lightning permanen. Sebelumnya rekor ini dipegang sirkuit Losail, Qatar. 

Banyaknya tikungan di sirkuit ini menambah seru moment-moment balap, terutama adegan overtaking. Mulai dari tikungan 2-5 pembalap bisa mempertahankan kecepatan. Di tikungan keempat pembalap bisa menyampingi mobil yang ada di depannya dan mengadu pengereman untuk berebut di tikungan kelima dan keenam 

Lalu setelah tikungan ketujuh ada trek lurus terpanjang kedua di jajaran sirkuit yang digunakan dalam F1 GP. Lalu setelah mengumbar topspeed, pembalap harus melakukan hard braking untuk bisa membelok di tikungan kedelapan. Satu lagi tempat yang berpotensi untuk adegan overtaking adalah trek long curve yang berakhir dengan tikungan patah di tikungan ke-11. 
(foto:kompas)
F1 Abu Dhabi sendiri cukup unik, karena pagelarannya melalui dua kondisi yaitu siang dan malam. Karena pagelaran dimulai pada pukul 5 waktu setempat dan berakhir saat kondisi langit sudah gelap, di awal malam, yaitu sekitar pukul 7 PM. 
 Data sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi
 Nama sirkuit Yas Marina Circuit
 Dibuka  2009 
 Mulai digunakan  2009 
 Tanggal balapan  13 November 2011 
 Jumlah lap  55 
 Panjang sirkuit  5.554 meter 
 Jumlah tikungan  21 
 Panjang jarak selama balapan   305.361 km 
 Rekor lap tercepat  1:40:279 detik - Sebastian Vettel, tahun 2009   
 Pemenang tahun 2010  Sebastian Vettel - Red Bull
Sumber


Blog, Updated at: 12.05

Update

    Sering Dibaca