Panduan Menggunakan Amplas Untuk Menggosok Batu Akik

Posted by

Para pecinta batu akik tentu menginginkan batu akiknya selalu mengkilap. Karena akik yang mengkilap memiliki nilai tambah jika dibandingkan dengan batu akik yang buram.
Tapi sampai saat ini masih banyak yang belum paham dan menemui kesulitan saat memilih bahan yang cocok untuk mengkilapkan batu akik. Padahal sudah banyak cara yang di tulis oleh para ahli batu akik baik di media cetak maupun media online.
Salah satu yang sering dibahas adalah dengan menggunakan amplas. Amplas merupakan bahan yang biasanya dipakai oleh para pengerajin disaat masuk kedalam tahap finishing. Ukuran atau grit amplas yang digunakan untuk batu akik tentunya bervariasi , mulai dari grit kasar hingga grit yang halus.
Berikut contoh beberapa jenis ukuran atau grit amplas yang sering digunakan untuk mengkilapkan batu akik: berikut:
1. Amplas ukuran/Grit 1000
2. Amplas ukuran/Grit 1500
3. Amplas Ukuran/Grit 5000
Biasanya para pengerajin akan bertahap menggunakan ketiga jenis amplas ini. Tahapan tersebut dimulai dari yang ukuran 1000, karena ukuran 1000 lebih kasar jadi lebih cepat dalam proses perataan
Tahap berikutnya menggunakan amplas ukuran 1500, ukuran atau grit 1500 memiliki fungsi yang sama dengan ukuran 1000. Namun tahap ini lebih melakukan proses menghaluskan permukaan batu.
Tahapan yang terakhir adalah melakukan penggosokan menggunakan amplas ukuran 5000. Fungsi amplas ukuran 5000 ini berbeda dengan amplas ukuran 1000 dan 1500. Amplas ukuran 5000 lebih berfungsi untuk mengkilapkan permukaan batu atau untuk finishing.
Demikian ulasan tentang Cara Menggunakan Amplas Untuk Menggosok Batu Akik. Semoga bermanfaat.


Blog, Updated at: 19.25

Update

    Sering Dibaca