Warning bagi
pemilik kendaraan yang mesin mobilnya cepat panas atau suhu temperatur
cepat panas! jangan pernah sekali-kali meremehkan masalah ini dan akibat
terparah dari mesin mobil yang cepat panas adalah kecelakaan, mobil
bisa mogok tiba-tiba atau bahkan tiba-tiba mesin berhenti ditengah
kecepatan tinggi dan pastilah nyawa taruhannya.
Pada umumnya masalah suhu mobil cepat panas biasanya dialami kendaraan yang umurnya sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada kendaraan yang masih baru sekalipun, hal ini mengingat banyak mobil yang suka diakal-akal oleh oknum demi kepentingan harga lebih murah dari persaingan antar penjual mobil baru, demi selisih 1 hingga 3 juta per unit beberapa onderdil diganti dengan kualitas kw 2 dst, dan yang original disimpan untuk dijual lagi.
Berdasar pengalaman seperti kampas rem dan cakram yang baru sebulan sudah nge-blog, setelah ditelisik ternyata spart part tersebut bukan original alias kw 3. Jadi, berhati-hatilah memilih penjual, jangan terpancing dengan harga yang lebih murah namun beresiko. Dan berikut ini beberapa penyebab mesin mobil cepat naik:
Sumber
Pada umumnya masalah suhu mobil cepat panas biasanya dialami kendaraan yang umurnya sudah lanjut usia, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada kendaraan yang masih baru sekalipun, hal ini mengingat banyak mobil yang suka diakal-akal oleh oknum demi kepentingan harga lebih murah dari persaingan antar penjual mobil baru, demi selisih 1 hingga 3 juta per unit beberapa onderdil diganti dengan kualitas kw 2 dst, dan yang original disimpan untuk dijual lagi.
Berdasar pengalaman seperti kampas rem dan cakram yang baru sebulan sudah nge-blog, setelah ditelisik ternyata spart part tersebut bukan original alias kw 3. Jadi, berhati-hatilah memilih penjual, jangan terpancing dengan harga yang lebih murah namun beresiko. Dan berikut ini beberapa penyebab mesin mobil cepat naik:
- Radiator dan Selang
- Cairan Radiator
- Kualitas Oli / Oli Berkurang
- Kipas Trouble
- Gangguan Mesin
- Thermostat
Selalu
pastikan bahwa radiator dalam kondisi baik, ‘ tidak bocor ‘ , ‘ tidak
tersumbat ‘ , ‘ tidak berkerak ‘ , termasuk selang atau yang berhubungan
langsung dengan radiator. Jika karena radiator maka bawalah ke
spesialis radiator atau jika perlu ganti dengan yang baru. Ingat! bahwa
cairan dalam radiator jarang berkurang apabila dalam kondisi bagus.
2. Cairan Radiator
Air
biasa / air sumur / air tanah didalamnya banyak terkandung logam atau
mineral, dalam waktu yang terus-menerus akan menyebabkan ‘ kerak ‘ pada
elemen adiator. Carilah air yang bebas logam, lebih baik dengan air
hasil sulingan AC atau air dalam kemasan dan cairan coolant radiator.
Namun jika sudah bertahun-tahun menggunakan air biasa lalu anda ganti
dengan cairan coolant bisa jadi malah merontokkan kerak dalam radiator
sehingga bisa menyumbat.
Jika
menggunakan non coolant maka maksimal sebulan sekali harus diganti, saya
jamin belum 1 bulan air pasti sudah berubah warna dan keruh. (perawatan
berkala)
Jika menggunakan coolant, pastikan anda memilih yang berkualitas dan secara berkala diganti.
3. Kualitas Oli dan Oli Cepat Berkurang
Oli
tidak berkualitas tidak akan tahan panas, karena tidak tahan terhadap
panas secara otomatis oli akan menguap dan berkurang, mesin yang
kekurangan oli menyebabkan kinerja mesin lebih kasar karena gesekan, dan
gesekan yang terus-menerus membuat suhu mesin cepat dan lebih panas
dari normalnya.
Jika oli cepat berkurang bukan karena oli yang jelek, pastikan mesin tidak bocor, tidak berasap putih.
4. Kipas Trouble
Jika
3 hal diatas normal, maka pastikan kipasnya berjalan normal dan
termasuk switching otomatis yang terdapat pada kipas pendingin. Bisa
jadi putaran kipas lemah, switching otomatis rusak, yang seharusnya
berputar dia malah mati.
5. Gangguan Mesin
Gangguan
mesin disini mengacu pada poin 3 (mesin kekurangan oli), dan masih
banyak gangguan mesin yang lain seperti kerusakan pada komponen mesin,
dll
6. Thermostat
Thermostat
adalah indikator alat pengukur suhu yang terdapat pada mesin, pastikan
thermostat dalam kondisi baik, thermostat yang rusak tidak akan
menghasilkan akurasi temperatur yang tepat.
Jadi 6 poin itulah
yang harus kita periksa apabila mobil kita mengalami gangguan pada
temperatur suhu mobil cepat naik. Semoga tulisan ini bisa membantu
pembaca.