Mobil
hybrid adalah mobil yang memiliki sistem penggerak ganda, atau disebut
“hybrid” dalam artian ini adalah “perkawinan” antara penggerak yang
konvensional yakni dengan bahan bakar bensin dan penggerak dengan energi
listrik.
Mobil Hybrid menggabungkan kedua sumber tenaga, yang dapat dilakukan dengan dua buah cara yang berbeda yaitu:
(1) Hybrid parallel
Hybrid
paralel memiliki tangki BBM yang menyuplai bensin ke mesin. Hybrid tipe
ini juga memiliki baterai yang menyuplai tenaga listrik ke mesin
elektrik. Baik mesin bensin maupun mesin elektrik dapat menggerakkan
transmisi pada saat bersamaan, dan selanjutnya transmisi akan
menggerakkan roda. Pada tipe ini tangki bensin dan mesin gas terhubung
ke transmisi secara independen yang mengakibatkan baik mesin elektrik
dan mesin gas dapat menghasilkan tenaga pendorong.
(2) Hybrid seri
Hybrid
serh mesin bensin bekerja sebagai generator yang berfungsi sebagai
pembangkit baterai atau tenaga motor elektrik yang menggerakkan
transmisi. Mesin bensin tidak pernah langsung menjadi tenaga penggerak
kendaraan. Sistem kerja pada hybrid series dimulai dari tangki bensin
menyuplai bensin ke mesin gas yang selanjutnya menyuplai tenaga ke
generator, lalu tenaga yang dihasilkan generator didistribusikan ke
baterai dan mesin elektrik. Energi pada baterai sendiri selain dari
generator, juga dihasilkan saat terjadi pengereman. Tenaga dari mesin
elektrik kemudian menggerakkan transmisi dan selanjutnya menggerakkan
roda
Cara kerja mesin listrik dengan prinsip regenerative (isi ulang/recharging saat
kendaraan sedang beroperasi) pada mesin hybrid, berbeda dengan mobil
tenaga listrik penuh. Mobil tersebut tidak bisa mengisi ulang
listriknya. Bila listriknya habis, Batterai/aki harus di-charge secara khusus dengan waktu 8 hingga 12 jam (untuk teknologi onboard charger). Khusus mesin hybrid, mesin listriknya bisa mengisi ulang ke aki dengan memanfaatkan energi kinetik saat mengerem (regenerative braking).
Bahkan sebagian energi mesin dari mesin bensin/solar/biofuel saat
berjalan listriknya bisa disalurkan untuk mengisi batterai/aki. Dengan
sistem operasi seperti ini maka akan terjadi penghematan BBM.
Cara Kerja Mobil Hybrid Paralel
Mesin mobil Hybrid-pararel, gambar di bawah menerangkan bagaimana prinsip dasar cara kerja mesin hybrid-pararel.
Dengan
bantuan kopling otomatis kita dapat memilih mode apa yang akan di
gunakan selama kita mengemudikannya, apakah dengan menggunakan mesin
listrik yang energinya bersumber dari baterai atau mode “energy recovery
(pengecasan baterai)” tanpa menghambat perputaran mesin bensin/diesel
yang berlebihan sewaktu mode “energy recovery ini kita gunakan.
Mesin elektrik dapat kita fungsikan tanpa ketergantungan mesin bensin/diesel yang berarti kita dapat bebas memilih mesin apa yang akan kita gunakan sesuai keinginan kita.
Oleh karena itu mobil Hybrid dapat dikombinasikan dengan mesin yang memiliki kapasitas 3-cylinder sampai yang berkapasitas besar 8-cylinder.
Mesin elektrik dapat kita fungsikan tanpa ketergantungan mesin bensin/diesel yang berarti kita dapat bebas memilih mesin apa yang akan kita gunakan sesuai keinginan kita.
Oleh karena itu mobil Hybrid dapat dikombinasikan dengan mesin yang memiliki kapasitas 3-cylinder sampai yang berkapasitas besar 8-cylinder.
Modus konventional.
Dalam gambar ini menunjukkan mesin Hybrid-pararel
bekerja /bergerak seperti mobil biasa yang menggunakan mesin
bensin/diesel energie dialirkan dari mesin ke roda-roda kendaraan.
Selama proses ini bekerja mesin elektrik dan komponen-komponen pendukungnya dalam keadaan tidak aktif.
Modus elektrik
Dalam kondisi seperti ini mesin elektrik merupakan
penggerak utama, energi mesin elektrik bersumber dari baterai dan juga
dalam kondisi seperti ini mesin bensin/diesel dalam keadaan mati.
Modus Boosten
Dalam
kondisi seperti ini kendaraan dalam keadaan kecepatan tinggi/memerlukan
energie yang besar sehingga dalam kondisi seperti ini baik mesin
elektrik dan mesin bensin/diesel bekerja dalam waktu yang bersamaan.
Dalam kondisi seperti ini mesin elektrik mendapat suplai energi listrik
dari baterai.
Modus energy recovery
ketika
kendaraan melakukan pengereman dengan bantuan mesin elektrik saat itu
juga mesin elektrik dapat kita sebut sebagai generator yang menghasilkan
energie listrik .Konsep ini sama seperti lampu sepeda yang menggunakan
energie listrik dengan bantuan perputaran roda atau turbin pada
bendungan yang merubah energi gerak menjadi energi listrik. Energie
listrik yang dihasilkan selama pengereman kemudian disimpan di baterai.
Dalam kondisi ini Kopling otomatis dalam kondisi bebas sehingga
perputaran mesin bensi/diesel tidak mengalami gangguan atau hambatan.
Modus Energy saving
Dalam
kondisi ini mesin bensin/diesel berputar dengan putaran mesin yang
tinggi saat itu pula sebagian kecil energie gerak yang dihasilkan dari
perputaran mesin yang tinggi di manfaatkan oleh mesin elektrik yang
berfungsi juga sebagai generator (penghasil listrik) yang kemudian di
simpan ke baterai dan sebagian besar energi gerak di salurkan langsung
ke roda kendaraan.