Sistim Injeksi
Injeksi Fuel adalah sebuah teknologi di mesin pembakaran dalam
pencampuran bahan bakar dengan udara sebelum dibakar dengan
pengkrontalan akurat sesuai kebutuhan.
Penggunaan injeksi bahan bakar akan meningkatkan tenaga mesin bila
dibandingkan dengan penggunaan karburator. Dan injeksi bahan bakar juga
dapat mengontrol pencampuran bahan bakar dan udara yang lebih tepat,
baik dalam proporsi dan keseragaman.
Injeksi bahan bakar dapat berupa mekanikal, elektronik atau campuran
dari keduanya. Sistem awal berupa mekanikal namun sekitar 1980 mulai
banyak menggunakan sistem elektronik.
Sistem elektronik modern menggunakan banyak sensor untuk memonitor
kondisi mesin, dan sebuah unit kontrol elektronik (electronic control
unit, ECU) untuk menghitung jumlah bahan bakar yang diperlukan. Oleh
karena itu injeksi bahan bakar dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar,
ramah lingkungan dan mengurangi polusi, dan tenaga yang di hasilkan
lebih besar.
Di tahun 2012 ini semua pabrikan motor berlomba dan mengeluarkan type teknologi untuk mo
bahan bakar ramah ltor murah injeksi irit lingkungan untuk mengejar
standar euro3 di dunia yang dengan cara mengganti sistem pengabut bahan
bakar karburator menjadi INJEKSI.
Sistim Karburator
Karburator adalah alat pencampur udara + bahan bakar dalam pembakaran di
ruang bakar motor (pengkabutan) . jadi logikanya adalah jumlah
pemasukkan bensin ditentukan dengan kevakuman yang terjadi didalam
barrel dari karburator. Kevakuman ini akan sangat berbeda - beda
tergantung dengan besarnya volume silinder dan kecepatan putaran mesin.
Semakin besar kevakuman yang terjadi , maka akan semakin besar pula
bensin yang terhisap masuk ke dalam ruang bakar.
Di Sepeda Motor karburator terutama motor bebek , jumlah bensin yang
terisap masuk masuk , belum tentu semuanya terbakar. jadi agak tidak
efisien, karena bahan bakar tidak terbakar , sehingga tidak ada tambahan
tenaga ledakkan karena ada bensin yang tidak terbakar maka kadang
sering kita mencium bau bensin. Bensin yang tidak terbakar ini akan
menimbulkan asap yang berakibat pemcemaran/ polusi udara dan
beracun. sampai akhirnya 2005 mulai di kenalkan system injeksi motor
irit. dan modifikasi motor teknologi injeksi
mulai diterapkan pada kendaraan - kendaraan , khususnya di sepeda
motor. karena sebagian pengguna jalan di indonesia adalah pengendara
sepeda motor.
Sumber