Tentang Adsense

Posted by

Adsense (https://www.google.com/adsense) adalah sebuah program periklanan berbasis Pay Per Click (bayar per klik) milik google yang memungkinkan para publisher (pemilik web atau blog) untuk dapat memonetize situs mereka dengan menayangkan berbagai macam jenis iklan dari para advertiser secara mudah. Pada pengaplikasiannya, pemilik web yang telah diterima sebagai publisher adsense hanya perlu menempatkan kode iklan pada web mereka, selanjutnya, sistem adsense akan secara otomatis memilih dan menampilkan iklan yang relevan (sesuai) terhadap topik konten pada halaman. 

Sistem dan harga per klik iklan adsense

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, adsense merupakan program kerjasama dibidang periklanan antara google dan publisher yang berbasis Pay Per Click. Dengan kata lain, publisher akan mendapatkan penghasilan dari setiap klik yang terjadi pada iklan yang ditayangkan pada situs publisher. 

Untuk harga per klik, masing-masing iklan memiliki harga per klik yang berbeda. Khususnya untuk situs dengan konten Indonesia, rata-rata nilai per klik yang umumnya didapatkan oleh publisher adalah berkisar antara 300 - 1000 rupiah. Harga per klik ini terbilang cukup besar jika dibandingkan dengan media periklanan lain. Terlebih lagi jika dibandingkan dengan media periklanan lokal. 

Selain dengan harga per klik yang terbilang cukup besar, salah satu hal yang juga sangat penting adalah sistem dari adsense yang mampu memilih dan menampilkan iklan yang sesuai dengan topik yang dibahas pada halaman. Hal ini secara bersamaan akan meningkatkan CTR (clickthrough rate) iklan. 


CTR adalah persentase klik iklan yang terjadi berdasarkan jumlah total penayangan iklan itu sendiri. Lebih jauh tentang CTR akan anda jumpai nanti.

Kontrol dan Penyesuaian Iklan

Adsense memberikan kontrol penuh bagi para publisher mereka untuk dapat menyesuaikan berbagai hal terkait iklan yang akan ditayangkan. Berbagai penyesuaian ini seperti misalnya pengaturan gaya, jenis, dan ukuran iklan. Hal ini memungkinkan publisher untuk dapat memiliki gaya iklan yang sesuai dengan situs mereka yang secara bersamaan akan meningkatkan potensi penghasilan situs mereka. Selain berbagai penyesuaian ini, adsense juga memungkinkan publisher untuk dapat mencekal / memblokir iklan tertentu, baik itu berdasarkan kategori ataupun melakukan pemblokiran secara individu untuk pengiklan tertentu. 

Ada banyak pilihan tipe iklan yang bisa digunakan oleh para publisher adsense. Beberapa tipe iklan ini seperti misalnya tipe banner, text, link dan beberapa lagi lainnya. Selain itu, ketersediaan ukuran iklan juga sangat beragam, termasuk juga salah satunya adalah tipe iklan responsive yang mampu menyesuaikan lebar iklan secara otomatis sesuai dengan area penempatan yang dipilih. 

Laporan / Statistik

Adsense memiliki dashboard publisher yang memuat berbagai data terkait penayangan iklan. Publisher akan mendapatkan laporan yang sangat lengkap melalui dashboard akun adsense mereka. Hal ini seperti misalnya laporan jumlah klik, Pageview (Penayangan), CPC (cost per click), melihat laporan berdasarkan hal tertentu (Situs, Negara, Channels dan lain sebagainya) serta beberapa statistik lainnya yang sangat berguna untuk menganalisa dan meningkatkan potensi penghasilan situs publisher. 

Ketersediaan iklan yang sangat banyak

Dengan bergabung menjadi publisher adsense, anda akan mendapatkan akses ke semua pengiklan di google (Google Adwords). Persaingan iklan yang ketat akan membuat harga klik iklan semakin tinggi. Ya, terkait dengan konten pada situs publisher, adsense akan menampilkan iklan yang memiliki harga per klik tertinggi yang sesuai dengan topik halaman. Hal ini tentunya secara bersamaan akan meningkatkan potensi penghasilan.
Semoga bermanfaat.
Sumber : wiblogger.com


Blog, Updated at: 17.12

Update

    Sering Dibaca