Kabar baik untuk putra-putri Indonesia bahwa Kementerian Kominfo membuka penerimaan CPNS di tahun 2015 ini. Sekitar 100 putra-putri Indonesia terbaik akan direkrut untuk membantu Kementerian Kominfo dalam komunikasi publik pemerintah.
Dalam upaya mendorong pemerintah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi
kepada publik, maka pada tahun ini, Kementerian Kominfo membuka
penerimaan CPNS untuk merekrut calon Tenaga Humas Pemerintah. Pemerintah
akan merekrut Tenaga Humas Pemerintah (THP) dari kalangan PNS maupun
swasta dan mulai bekerja Januari 2016.
Menurut Menteri Kominfo, sukses komunikasi dipengaruhi talenta, untuk
itu, Kementerian Kominfo akan melakukan seleksi yang ketat agar
putra-putri Indonesia yang lulus seleksi CPNS Kementerian Kominfo adalah
putra-putri Indonesia.
Untuk bisa mendaftar, tentunya anda harus bisa memenuhi beberapa
persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh Panitia Seleksi.
Persyaratan tersebut meliputi Persyaratan Umum, Persyaratan Khusus bagi
Pelamar PNS, dan Persyaratan Kompetensi. Berikut persyaratan
selengkapnya.
Persyaratan Umum
- Warga Negara Indonesia (WNI)
- Berusia maksimal 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2015
- Berpengalaman di bidang komunikasi, media dan/atau hubungan masyarakat minimal 5 tahun
- Pendidikan paling rendah Sarjana Strata 1 (S-1) semua jurusan, lebih diutamakan yang memiliki latar belakang komunikasi, jurnalistik, dan/atau hubungan masyarakat
- Indeks Prestasi Kumulatif minimal > 3 (Akreditasi A untuk Fakultas/Jurusan/Program Studi), Indeks Prestasi Kumulatif minimal > 3,5 (Akreditasi B untuk Fakultas/Jurusan/Program Studi)
- Memiliki nilai TOEFL-ITP > 500 dan masih berlaku sampai 1 Desember 2015
- Menyertakan 1 (satu) hasil karya di bidang komunikasi, kehumasan atau media
- Surat pernyataan dari pelamar tidak pernah terlibat tindak pidana
- Surat referensi/rekomendasi dari instansi/ perusahaan/ organisasi di bidang komunikasi, kehumasan dan/ atau media
- Mampu berbahasa Inggris secara aktif
- Memiliki pengalaman berorganisasi.
Persyaratan Khusus bagi Pelamar Pegawai Negeri Sipil
- Telah diangkat dan melaksanakan tugas sebagai Pegawai Negeri Sipil sekurang-kurangnya 3 tahun
- Surat persetujuan dari atasan langsung setingkat eselon II kementerian/lembaga masing-masing
Persyaratan Kompetensi
- Memahami peta dan relasi media dengan pemerintah
- Memahami riset praktis komunikasi dan media
- Memiliki kemampuan menganalisis isi media
- Memiliki kemampuan menulis (artikel, advertorial, dan siaran pers)
- Memiliki kemampuan berbicara kepada publik (public speaking)
- Menguasai TIK dan pengelolaan media sosial
- Menguasai perencanaan media (media planning).
Fasilitas selama 2 tahun bertugas dimulai dari Januari 2016
- Bagi PNS akan diberikan tunjangan khusus setara dengan tunjangan kinerja grade 14 sesuai Kementerian masing-masing
- Bagi Non PNS akan diberikan honor sebesar Rp. 15.000.000 s.d Rp 20.000.000 per bulan.
Melihat besarnya gaji yang diberikan oleh Pemerintah, tentunya menjadi
salah satu motivasi tersendiri bagi peserta untuk mendaftar dan bisa
lulus seleksi CPNS Kementerian Kominfo. Untuk yang nantinya diterima dan
lulus seleksi,anda harus diingat bahwa dengan gaji yang besar, anda
harus memberikan pelayanan publik yang semaksimal mungkin. Anda harus
bekerja dengan baik untuk bersama-sama dengan pemerintah membangun
negara Indonesia untuk semakin berkembang.
Ketentuan Pendaftaran CPNS Kementerian Kominfo
- Pendaftaran dapat dilakukan secara online mulai tanggal 13 s.d. 24 Oktober 2015 melalui alamat website regpanselnas.menpan.go.id
- Berkas pendaftaran dimasukkan dalam map warna merah (bagi PNS) dan warna biru (bagi Non PNS) dibawa pada saat verifikasi berkas lamaran yang akan dilakukan mulai tanggal 28 s.d 31 Oktober 2015 (pukul 08.00 – 16.00 WIB) di Pusat TIK Nasional, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jl. Kertamukti No. 10, Ciputat – Tangerang Selatan.
- Berkas pendaftaran terdiri dari :
- Surat Lamaran harus ditulis tangan dengan tinta hitam dan ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Tenaga Humas Pemerintah
- Bukti Registrasi (yang dikirim melalui email)
- Formulir Pendaftaran (dicetak setelah mengisi aplikasi di website)
- Daftar Riwayat Hidup Calon Peserta
- Fotocopy KTP yang masih berlaku, 1 (satu) lembar
- Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai terakhir yang dilegalisir, 1 (satu) lembar
- Duplikat/ fotocopy sertifikat TOEFL-ITP yang dilegalisir, 1 (satu) lembar
- Fotocopy surat keterangan akreditasi Fakultas/Jurusan/Program Studi, 1 (satu) lembar
- Fotocopy sertifikat pendidikan dan pelatihan kompetensi kehumasan (jika ada), 1 (satu) lembar
- 1 (satu) hasil karya di bidang komunikasi, kehumasan atau media (jika ada)
- Pas photo berwarna ukuran 3 x 4 dengan latar belakang putih, 2 (satu) lembar
- Surat persetujuan dari atasan langsung setingkat eselon II bagi pelamar PNS
- Surat referensi/rekomendasi dari instansi/ perusahaan/ organisasi di bidang komunikasi, kehumasan dan/ atau media bagi pelamar Non PNS
- Surat pernyataan dari pelamar tidak pernah terlibat tindak pidana yang ditandatangani diatas materai Rp. 6000,-.
- Dokumen asli yang harus dibawa pada saat verifikasi berkas antara lain :
- KTP yang masih berlaku
- Ijazah dan Transkrip Nilai
- Sertifikat TOEFL-ITP.
Tahapan Seleksi CPNS Kementerian Kominfo
Setiap peserta yang telah mendaftar, akan mengikuti seleksi melalui beberapa tahap sebagai berikut
- Seleksi Administratif
- Tes Kompetensi Dasar (TKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
- Tes Kompetensi Bidang (TKB) menggunakan Computer Assisted Test (CAT)
- Wawancara
Sumber