hati-hati ! pipa kecil yang mirip kawat ini rentan buntu dan patah |
mengalami kebuntuan, paling umum terjadi adalah karena buntu oleh partikel kotoran yang terbawa bersama refrigerant (freon), sesuatu yang alami karena kotoran ini berasal dari partikel atau bubuk besi yang telah tercampur dengan oli, sebagai contoh bisa kita lihat saat mengganti oli mesin motor atau mobil, dari situ bisa kita lihat bagaimana pada oli yang sudah kotor itu terlihat ada butiran-butiran halus berwarna keperakan, itulah bubuk besi yang dimaksudkan yang juga terjadi di dalam sistem pendingin.
Saat refrigerant dipompa, sedikit oli yang sudah bercampur kotoran ini ikut terbawa bersirkulasi, bubuk besi dengan ukuran sedikit lebih besar akan terjaring oleh strainer atau filter dryer tetapi untuk yang lebih halus akan lolos melewati pipa kapiler, evaporator dan kembali masuk ke kompresor, karena proses yang terjadi terus-menerus maka kotoran ini akan membentuk lapisan yang menempel pada dinding bagian dalam sistem dan tentulah pipa kapiler yang paling mungkin mengalami kebuntuan.
Sebagai akibat dari semua ini maka sistem pendingin akan mengalami penurunan kerja, diantara nya adalah dingin nya berkurang, suara dan getaran kompresor lebih keras, jarang berhenti beroperasi, boros listrik dan lainnya.
Untuk mengatasi hal ini tidak cukup mudah karena perlu ada beberapa tes dan persiapan yang harus dilakukan, yang utama tentunya kondisi kompresor nya harus masih layak untuk kembali dipakai, kemudian menguras atau flushing seluruh sistem yang terdiri dari kondensor, filter dryer, kapiler dan evaporator ini harus benar-benar bersih, kalau tidak bisa memenuhi syarat-syarat tersebut maka dalam waktu dekat sistem akan mengalami hal yang sama yaitu pipa kapiler buntu atau lebih buruk lagi.