Tips dan Cara Merawat Batu Giok Aceh

Posted by

Aceh adalah salah satu daerah penghasil batu giok di Indonesia . Keunikan dari batu giok yang dihasilkan oleh Aceh , terletak pada variasi warnanya . Batu Giok adalah jenis batu permata hijau yang mengandung beberapa kandungan mineral penyusunnya . Batu Giok sudah sangat lama dikenal oleh orang tiongkok sebagai batu kesehatan . Di Indonesia juga demikian , pengaruh pedagang China yang memperkenalkan batu giok , membuat batu jenis ini juga sudah sangat lama dikenal luas oleh masyarakat kita .

Keunggulan Batu Giok Aceh dibandingkan dengan Giok China , terletak pada variasi warna dan keindahaanya . Di Aceh , anda akan mengenal beragam jenis batu giok . Batu Giok Aceh mengandung beberapa kandungan mineral dan kimia-aluminium silikat Sodium/NA (Al fe) SI206,  adapun macam-macam warna termasuk putih, hijau, kuning, merah, oranye, ungu, dan hitam. Daya tahan dengan kekerasan 6,5 sampai dengan 7 Skala Mohs .




Apapun jenis batu giok aceh yang anda miliki , tentunya memerlukan perawatan khusus . Batu Giok Aceh dikenal sebagai jenis batu yang mengalami perbuhaan warna yang cepat . Jika salah perawatan , tentu batu giok aceh anda akan terlihat kurang baik .

Tips dan Cara Merawat Batu Giok Aceh
Batu Giok Aceh

Tips dan Cara Merawat Batu Giok Aceh

Sebenarnya , batu giok aceh mengandung beberapa kandungan mineral yang menyebabkan batu ini anti gores . Artinya , batu giok aceh tidak akan mudah tergores jika bersentuhan dengan benda-benda keras lainnya . Walaupun batu ini anti gores , tetapi kekerasannya belum cukup jika disebut sebagai batu yang memiliki kekerasan yang tinggi . Seperti yang sudah kami sebutkan diawal , umumnya kekerasan batu giok aceh berkisar antara 6 sampai dengan 7 Skala Mohs .
Batu Giok Aceh saat ini sudah mulai dikenal luas oleh masyarakat indonesia . Salah satu yang paling terkenal adalah batu giok solar aceh yang memiliki harga yang tinggi . Selain itu , beberapa Batu Giok sudah terbukti secara ilmiah bermanfaat untuk kesehatan.
Untuk merawat batu giok aceh , kuncinya ada pada kelembabannya . Menjaga batu tetap lembab membuat batu ini terlihat indah dan jika mengalami perubahaan warna , maka perubahaan warnanya akan lebih indah dari sebelumnya . Adapun beberapa cara merawat batu giok aceh adalah sebagai berikut :
  • Untuk membersihkannya dari kotoran , anda dapat mencucinya menggunakan air sabun . Cuci sambil gosok menggunakan kain biasa .
  • Untuk menambah kekilauaannya , anda bisa memberikannya setiap hari minyak jaitun atau bisa juga minyak goreng bila tidak ada . Hal ini untuk menjaga batu tetap terlihat cantik dan menjaga kandungan mineral yang ada didalamnya .
  • Sesekali anda bisa melakukan perawatan menggunakan kain yang sudah dicelupkan dengan air panas . Peras kain , dan biarkan batu giok aceh anda berada diatas permukaan kain yang sudah dibasahi dengan air panas tadi . Perawatan ini disebutkan untuk tetap menjaga kemilau warna pada batu giok aceh anda .
  • Sesering mungkin dalam memakainya . Suhu tubuh dianggap paling efektif untuk membuat batu giok anda memiliki perubahan warna yang indah secara alami .
TIPS
  • Jangan gunakan odol pasta gigi dalam membersihkan batu giok aceh . Dikhawatirkan jika warna pada batu giok anda akan memudar .
Demikian beberapa tips dan cara merawat batu giok aceh . Saat ini ada sebuah varian batu giok di aceh yang mulai naik daun . Batu tersebut adalah batu black jade atau giok hitam . Sekilas info , tingginya minat dari para penggemar untuk mencari dan membeli batu black jade , membuat harga dari batu ini semakin naik .Sumber


Blog, Updated at: 9:09 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.