Sebelum kita menggulung motor listrik kita harus mengerti bahwa ada dua macam kumparan yaitu : konsentris & Spiral.
Untuk memperbaiki motor listrik ,
langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Pertama menggambar bagian alurnya, perencanaan dan daftar lilitan full coil atau half coil serta dihitung jumlah lilitan aslinya dari motor tersebut.
- Prespan ( Kertas plastik yang yang digunakan untuk melapisi antara kawat email dengan bodi pada alur), Kertas prespan atau mika untuk melapisi Email Kumparan ( lilitan ) disesuaikan dengan diameter aslinya.
- Ukurlah lebar kumparan pada stator dan buatlah mal
- Mal : Diameter lingkaran pada kumparan.
- Sirlak : Untuk memolesi kumparan yang sudah terpasang pada motor supaya jika ada goresan pada email bisa tertutupi.
- Pasanglah kumparan/kawat email pada alur – alur yang telah digulung mulai dari kumparan utama dahulu.
- Setelah semua kumparan terpasang pada alur, harus di meger dahulu. Untuk mengetahui supaya ada kumparan yang terhubung dengan body motor
- Setelah memasang kumparan sebaiknya di meger dulu. Gunanya untuk mengecek apakah kumparan tidak mengalami kebocoran.
- Dapat juga menggunakan AVO meter diukur dengan ohm meter untuk mengetahui tahanan tiap kumparan.
- Meger : Memberi arus listrik AC dengan menggunakan alat ( Tool ) di putar sehingga menghasilkan arus listrik sampai 1000 Volt.
- Setelah selesai melilit stator, mengukur kumparan dan hasilnya baik kita coba dengan tegangan listrik
Dibawah ini terdapat jenis-jenis motor listrik 1 fasa
- Jenis – jenis motor AC dapat dibedakan menjadi 6 yaitu:
- Motor seri
- Motor Shaded pole
- Motor repulse
- Motor universal
- Run kapasitor
- Star kapasitor
Motor star kapasitor biasanya mempunyai saklar sentifugal ,
saklar yang berfungsi untuk memutus kumparan bantu ( auxiliri winding )jika
motor sudah berputar 75 % dari putaran normal, sehingga motor
tersebut yang bekerja hanya kumparan utamanya saja ( main winding ).
Untuk membalik arah putaran motor tersebut dapat dilakukan
dengan membalik arah arus pada kumparan bantu atau pun kumparan utama, dengan
syarat motor tersebut harus berhenti berputar.
- Jenis – jenis motor kapasitor ada 3 yaitu:
- Run kapasitor
- Star kapasitor
- Doble kapasitor
- Motor kapasitor ini putarannya (n) sangat tertentu, yang dipengarui oleh:
- Jumlah kutup magnet ( p )
- Frekuensi listrik ( f )
Sehingga : n = 120 X f / p ( rpm )
- Untuk melilit stator kita harus mengetahui
- Jumlah kutupnya ( P )
- Jumlah alur ( G )
- Lebar kumparan ( yg )
- Jumlah alur tiap fasa tiap kutup ( q )
Sehingga : yg = G/P
- Motor listrik dilihat dari bentuk lilitanya dibedakan menjadi 2 yaitu:
- Lilitan consentris ( memusat )
- Lilitan distribusi ( tersebar )
- Jenis lilitan stator dibedakan menjadi 2 yaitu:
- Jenis lilitan Whole (full) coil
- Jenis lilitan Half coil
- Untuk menggulung ulang motor satu fase, rumus yang digunakan sama dengan rumus motor 3 fase, hanya saja dianggap dua fase.Supaya terjadi dua fase, Belitan Utama (BU) dibuat dari kawat yang lebih besar dari Beltan Bantu (BB) dan pada belitan bantu dihubungkansebuah kapasitor yang nilainya tertentu.