Tips dan Cara Mengasapi Batu Cincin Akik

Posted by

Batu cincin yang memiliki kualitas yang baik haruslah melewati beberapa syarat-syarat tertentu . Salah satunya adalah kekerasan dan keaslian dari batu tersebut . Beberapa jenis agate atau batu akik di Indonesia memang memiliki kekerasan yang rendah . Kekerasan batu akik di Indonesia berkisar antara 4 sampai 6 Skala Mohs . Berbeda dengan jenis-jenis batu permata yang memiliki kekerasan hingga 8 sampai 10 Skala Mohs .

Batu akik yang memiliki kekerasan yang tinggi tentu menambah nilai dan harga jualnya . Salah satu keunikan dari jenis batu akik di Indonesi terletak pada motif dan corak warnanya . Jenis batu akik yang berasal dari indonesia merupakan jenis agate paling terkenal di dunia . Indonesia terkenal karena variasi dan jenis batu akiknya yang begitu banyak . Salah satu jenis batu akik yang paling dicari oleh para kolektor batu cincin adalah jenis batu akik motif gambar . Karena hargnya yang cukup fantastis , membuat banyak yang berlomba-loma untuk mencarinya .



Untuk menambah kekerasan pada batu akik dalam artian agar batu akik anda tidak rapuh , ada beberapa teknik perawatan yang dikembangkan oleh banyak penggemarnya . Salah satunya adalah dengan mengasapi batu akik . Dengan mengasapi batu akik , tentu akan membuat struktur batu akan lebih menguat dan terhindar dari pelapukan . Cara ini terbukti aman dan tidak merusak batu akik anda.




Cara Mengasapi Batu Cincin Akik

Adapun aturan-aturan dan trik dalam mengasapi batu cincin haruslah dilakukan dengan benar . Tips ini harus dijalankan untuk mendapatkan hasil yang maksimal . Berikut cara mengasapi batu akik dengan kayu bakar .
  • Persiapkan sebuah kayu bakar . Anda juga dapat menggunakan batok kelapa yang sudah dipecah-pecah . Kemudian bakarlah seperti biasa sampai meninggalkan arangnya saja . Usahakan sampai asap keluar dengan banyak .
  • Oleskan minyak jaitun atau minyak goreng ke permukaan lapisan batu akik anda . Oleskan hingga merata .
  • Letakkan batu akik diatas kayu bakar yang telah mengeluarkan asap banyak . Usahakan untuk menjaga jaraknya minimal 1 meter dari api .
  • Biarkan batu akik anda terkena asap selama 20 menit .
  • Jaga suhu kayu bakar . Jangan sampai terlalu panas . Jika suhu terlalu panas , jauhkan batu akik anda dari kayu bakar .

Tips Mengasapi Batu Cincin Akik

Tahapan - tahapan tersebut haruslah anda jalankan dengan sebaik-baiknya . Adapun beberapa tips dalam melaukan pengasapan batu akik adalah sebagai berikut :
  1. Untuk menempatkan batu akik diatas panggangan atau kayu bakar , anda dapat menggunakan kayu . Lengketkan batu akik anda dengan sebuah kayu ukuran panjang  . Usahakan ukurannya panjang , agar anda dapat menempatkan posisi tubuh jauh dari api . Api kecil merupakan teman , api besar merupakan lawan . Jadi tetap jaga keselamatan anda .
  2. Perhatikan dengan baik perubahan yang terjadi pada batu akik anda . Kayu bakar sudah dalam tahap menjadi arang , jangan sampai api membesar . Anda dapat melakukan improvisasi sesuai keadan yang terjadi .
  3. Jika minyak telah menghilang , oleskan kembali minyak jaitun dan minyak goreng .
Proses pengasapan batu akik hampir sama dengan mengasapi daging atau ikan . Hanya saja , untuk mengasapi batu akik suhu tidak boleh terlalu panas . Untuk mengakalinya , jaga jaraknya minimal 1 meter . Demikian tips dan trik cara mengasapi batu akik , semoga artikel ini bermanfaat untuk anda .


Blog, Updated at: 10.53

Update

    Sering Dibaca