Terobosan Baru Peningkatan Standar Safety

Posted by

Berbagai terobosan untuk meningkatkan standard safety pada industri aviasi terus dilakukan. Vendor-vendor pemasok produk pabrikan pesawat udara terus berlomba melakukan inovasi dan kreasi dengan biaya yang relatif rendah/investasi ringan namun tidak mengabaikan safety.
Belakangan ada alat yang dapat memonitor pergerakan pesawat dengan tampilan/visual tiga dimensi (3D) yang real time dan real color-scheme. Alat ini bukan lagi berupa titik (dot) atau animasi yang telah banyak beredar. Tapi alat yang telah memanfaatkan regulasi/sistem Automatic Dependent Surveillance Broadcasting (ADS-B) yang dapat menampilkan pergerakan pesawat dengan visual 3D.
Faktanya masih banyak keluhan dari para airlines/operator yang mengoperasikan pesawat kecil, karena yang dapat dimonitor dari darat dengan tampilan visual 3D seperti di atas adalah pesawat-pesawat besar komersial yang telah dilengkapi dengan alat navigasi Transponder Mode S, sementara pesawat commuter/kecil masih menggunakan alat navigasi Transponder Mode A/C sehingga belum dapat dimonitor menggunakan alat navigasi darat hingga berpenampilan 3D.
Regulasi dalam negeri
Pemerintah sendiri telah mengatur dan menetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: SKEP-III-2007 tentang flight following serta Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil (PKPS) bagian 170 tentang penggunaan ADS-B.
Namun kedua peraturan tersebut sepertinya belum dapat diaplikasikan pada perusahaan/airlines yang mengoperasikan pesawat kecil seperti air charter dan flying school karena mahalnya alat navigasi Transponder Mode S.


Blog, Updated at: 11.35

Update

    Sering Dibaca