Kenali Jenis Rambu Lalu Lintas dan Artinya

Posted by

Banyak jenis rambu lalu lintas dengan kegunaan dan fungsinya. Pahami demi kenyamanan dan keselamatan selama berkendara

Rambu lalu lintas wajib ditaati saat mengendarai kendaraan di jalan raya. Rambu-rambu ini dibuat selain  menjaga ketertiban dalam berlalu lintas juga memberikan keamanan dan keselamatan bagi pengendara kendaraan. Sangat penting bagi pengendara kendaraan untuk memahami setiap rambu yang ada di jalan selama berkendara.

Meskipun sangat banyak, rambu lalu lintas dapat dibagi menjadi beberapa jenis  agar dapat memudahkan dalam memahaminya untuk menhindari potensi kena tilang sampai kejadian yang tidak kita inginkan yaitu kecelakaan. Berikut pembagian rambu lalu lintas yang wjib diketahui.

 

1. Rambu Peringatan

Rambu peringatan dibuat untuk memberikan peringatan kepada para pengguna jalan yang berisi pesan peringatan tentang kodisi jalan atau kemungkinan bahaya yang akan ditemui saat melintas di jalan tersebut. Biasanya berupa plat berbentuk persegi dengan warna dasar kuning dengan tulisan atau gambar berwarna hitam yang sesuai dengan isi peringatan pada rambu-rambu tersebut.

rambu peringatan

Contoh rambu peringatan

Rambu peringatan berisi peringatan tentang kondisi jalan, seperti arah jalan menikung, di depan ada tanjakan, kondisi jalan bergelombang, hingga jalan di depan menyempit atau berisi peringatan bahwa di sekitar jalur tersebut sering terjadi kecelakaan, sehingga pengguna jalan harus berhati-hati.

2. Rambu Larangan

Rambu larangan adalah rambu lalu lintas yang berisi larangan bagi pengguna jalan yang melintasi jalan tersebut atau larangan melakukan kegiatan tertentu. 

Rambu peringatan

Contoh rambu larangan

Rambu larangan biasanya berbentuk lingkaran dengan warna dasar putih dan tulisan atau gambar berwarna hitam dengan garis tepi berwarna merah.

3. Rambu Perintah

Rambu perintah adalah rambu yang berisi perintah untuk ditaati oleh pengguna jalan dimana rambu tersebut terpasang. Rambu perintah juga terbuat dari plat dengan bentuk lingkaran atau persegi berwarna biru dan simbol perintah berwarna hitam dan putih.

lambang lalu lintas untuk perintah

Rambu perintah dengan berbagai macamnya

Contoh dari rambu perintah adalah perintah untuk mengikuti arah yang ditunjuk, perintah batas minimum beban kendaraan yang diperbolehkan, perintah penggunaan rantai ban, perintah mematuhi arah yang ditunjuk, perintah menggunakan jalur lintas khusus, dan berbagai perintah lainnya.

4. Rambu Petunjuk

Rambu petunjuk adalah rambu lalu lintas ini berfungsi untuk memberikan petunjuk kepada pengguna jalan.Rambu petunjuk biasanya berbentuk persegi, dengan warna dasar berwarna hijau dengan gambar atau tulisan berwarna putih.

Lambang jenis petunjuk

Contoh dari rambu petunjuk

Rambu petunjuk dapat berupa gambar atau tulisan. Misalnya rambu dengan gambar masjid, berarti di dekat posisi jalan tersebut terdapat masjid  atau gambar ranjang putih bersilang merah, maka tempat tersebut dekat dengan lokasi rumah sakit.

Foto : carro.id/


Blog, Updated at: 12:43 AM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.