Penggunaa link pada postingan untuk SEO

Posted by

Ada dua istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi jenis link pada halaman web. Dua istilah ini adalah internal link dan eksternal link


Internal link
Internal link adalah istilah untuk link dengan url tujuan yang masih mengarah pada blog / web sendiri. Dengan kata lain, url tujuan link ini masih mengarah pada halaman yang berasal dari domain yang sama.

Eksternal link
Eksternal link adalah istilah untuk link dengan url tujuan yang mengarah pada blog / website lain. Dengan kata lain, url tujuan link ini mengarah pada halaman yang berasal dari domain yang berbeda.

Penerapan internal link pada postingan

Ada beberapa manfaat yang akan anda dapatkan dengan melakukan internal link building (pembangunan link internal). Selain akan mempermudah robot google dalam menjelajahi halaman-halaman yang terdapat pada blog anda, salah satu manfaat penting lainnya adalah dapat memperkuat SEO halaman URL tujuan link secara efektif dan aman. 

Pembangunan internal link ini juga merupakan salah satu teknik SEO on page yang sangat efektif. Disini, kita dapat memberikan signal kepada robot google tentang “apa yang dibahas” pada halaman URL tujuan link. Hal ini secara bersamaan akan meningkatkan SEO halaman tujuan link untuk target keyword yang dikehendaki. 

Contoh kasus:
Ada memiliki sebuah postingan dengan target keyword “Tutorial blogger” yang telah anda terbitkan sebelumnya. Sekarang, anda sedang menulis sebuah postingan dengan target keyword yang masih berhubungan dengan blogging. Saya anggap misalnya post yang hendak anda terbitkan sekarang menargetkan keyword “Teknik SEO”, pada postingan tentang Teknik SEO yang hendak anda terbitkan ini, secara bersamaan anda juga bisa melakukan optimasi untuk postingan “Tutorial blogger” sebelumnya dengan cara menautkan halaman tersebut pada postingan “Teknik SEO” yang hendak anda terbitkan. 

Mengenai Anchor Text Link, selain menggunakan target keyword utama, anda juga bisa mengoptimasi halaman anda dengan keyword-keyword turunan. Hal ini sangat baik untuk memperluas jangkauan keyword yang dapat ditangkap oleh postingan anda. 

Penerapan eksternal link pada postingan

Pada kasus tertentu, untuk kelengkapan materi atau kemudahan pembaca, anda mungkin perlu menautkan halaman eksternal pada postingan anda. Untuk keperluan ini, direkomendasikan untuk memberikan atribut "nofollow" pada link. Selain itu, pastikan juga halaman eksternal yang anda tautkan merupakan halaman yang telah memiliki reputasi bagus pada mesin pencari Google. 

Terkait 2 penerapan link ini (internal dan eksternal) saya pribadi lebih mengutamakan pembangunan link secara internal. Dengan kata lain, saya lebih memilih untuk menerbitkan halaman-halaman pendukung ini terlebih dahulu pada blog yang sama. Ini jauh lebih baik dibandingkan dengan mengandalkan sumber eksternal.

Semoga bermanfaat.
Sumber : wiblogger.com


Blog, Updated at: 17.05

Update

    Sering Dibaca