Cara MembuatJudul yang SEO Friendly

Posted by

Judul post merupakan elemen yang sangat penting yang harus diperhatikan dalam pembuatan postingan. Sebagian besar theme blogger menggunakan Judul post sebagai Title Tag. Hal ini menjadi sangat penting mengingat mesin pencari yang memberikan prioritas lebih untuk Title Dokumen (Text yang tampil pada tab browser). 


Panduan membuat judul yang baik

Untuk anda yang masih baru, anda mungkin bingung tentang apa saja yang harus diperhatikan dalam membuat judul postingan. Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda gunakan sebagai acuan dalam membuat judul postingan yang SEO: 
  • Sertakan target keyword dalam judul
  • Panjang judul antara 50 - 60 karakter (sudah termasuk spasi)
  • Untuk judul post dengan panjang lebih dari 60 karakter, usahakan keyword utama terletak antara karakter 1  - 60.
  • Buat judul semenarik mungkin namun tetap relevan dengan isi postingan

Contoh:
Pada beberapa contoh pembuatan judul dibawah ini, kata yang saya garis bawahi merupakan target keyword, untuk kata lainnya merupakan kata tambahan yang hanya digunakan sebagai pemanis.

  1. Tutorial Blogging: Belajar ngeblog dari Nol bersama wiBlogger.com
  2. Belajar ngeblog: Cara membuat blog dengan 5 langkah praktis

Kesalahan yang sering dilakukan blogger pemula dalam membuat judul postingan

Bagi mereka yang benar-benar baru dalam kegiatan blogging, menentukan judul postingan bisa menjadi sangat membingungkan. Menurut pengamatan pribadi saya terhadap beberapa blog teman yang baru belajar membangun blog, kesalahan yang sangat sering saya jumpai adalah: 

Judul yang dibuat cenderung terlalu pendek dan apa adanya


Ya, ditinjau dari sisi kesesuaian dengan isi postingan, tidak ada yang salah dengan tipe judul seperti ini. Hanya saja, ketika datang pada kebutuhan persaingan di mesin pencari, ini merupakan kesalahan yang fatal. 

Tidak peduli seberapa berkualitas konten yang anda tulis pada postingan anda, pada mesin pencari, hanya ada dua hal yang akan ditampilkan kepada para calon pengunjung. Dua hal ini adalah berupa Judul dan Deskripsi postingan.


Bayangkan jika anda merupakan pengguna mesin pencari. Diantara dua penulisan judul dibawah, mana yang lebih menarik perhatian anda ?

  1. Tutorial Blogger Untuk Pemula
  2. Tutorial Blogger: Belajar ngeblog dari Nol bersama AAA.com

Jika saya tidak salah, kemungkinan besar anda lebih tertarik untuk membuka halaman dengan penulisan judul pada daftar kedua bukan ?

Semoga bermanfaat.
Sumber : wiblogger.com


Blog, Updated at: 20.46

Update

    Sering Dibaca