Tidak hanya GP Mugello saja yang mampu menyatukan dua unsur berbeda yakni pemandangan serta adu balap, namun sirkuit Automotodrom Brno, Rep. Ceko juga menjadi salah satu alternatif terbaik bagi para penggemar MotoGP .
Bukan hanya dari sudut pandang penggemarnya saja, sirkuit yang dibangun menyerupai mangkuk dengan pemandangan dikelilingi oleh bukit dan hutan serta tersebut juga menguji kualitas para rider menyapu elevasi lintasan yang syarat akan tikungan bertipe cepat.
Menggelar balapan semenjak tahun 1950-an dengan melewati pedesaan, sirkuit Brno kemudian dibangun ulang pada tahun 1980 dengan tujuan untuk menarik kejuaraan-kejuaraan lainnya seperti Formula One. Barulah di tahun 1987, balap motor paling prestisius MotoGP terealisasikan di sirkuit tersebut.
Profil Sirkuit Brno, Ceko
- Panjang sirkuit : 5,4 km (3,36 mil)
- Tikungan ke kanan : 8
- Tikungan ke kiri : 6
- Trek lurus : 636 m
- Lebar sirkuit : 15 m
Sirkuit Brno aslinya memiliki panjang 13,94 km dan di era GP500cc hanya berlangsung sebanyak 13 putaran saja. Selanjutnya di tahun 1975 dilakukan renovasi sekaligus mereduksi panjang lintasan menjadi 10,92 km dengan alasan keamanan.
Bahkan sirkuit Brno sempat menghilang dari kalender balap pada tahun 1978 karena dinilai terlalu berbahaya untuk motor berkapasitas besar.Valentino Rossi menjadi rider paling banyak memenangkan balapan dengan rincian 1 kali di kelas 125cc, 250cc, 500cc, serta 4 kali di kelas MotoGP.
Jumlah Lap Sirkuit Brno, Ceko
Kelas | Lap | 2/3 lap | Total jarak |
---|---|---|---|
MotoGP | 22 | - | 118.9 km |
Moto2 | 10 | 13 | 108.1 km |
Moto3 | 9 | 12 | 102.7 km |
Pencapaian Rossi juga berbanding lurus dengan rival sekaligus mantan rider MotoGP, Max Biaggi yang juga telah mengantongi 7 kemenangan di sirkuit Brno, Republik Ceko selama masa karirnya.
Sumber : gomotogp.id