Cara membersihkan interior mobil

Posted by

PENGETAHUAN DASAR CARA MEMBERSIHKAN INTERIOR MOBIL

Pada mulanya utama buat anda kenali terlebih dulu tentang knowledge base perihal cara membersihkan interior mobil. Salah satunya mencakup, lokasi serta tempat kerjakan, bagian-bagian interior mobil, type material pembentuk interior, type kotoran yang bikin interior mobil Anda mesti dibikin bersih, alat bantu serta peralatan yang dibutuhkan untuk bersihkan interior serta bahan pembersih apapun yang dipakai.
Lokasi serta tempat untuk bersihkan interior mobil Anda tak mempunyai kriteria spesial, bisa di mana saja, yang utama tempatnya teduh, jelas, sedikit debu berterbangan, nyaman, aman serta sentosa untuk bekerja disana.

Lokasi serta cara membersihkan interior mobil Anda tak mempunyai kriteria spesial, bisa di mana saja, yang utama tempatnya teduh, jelas, sedikit debu berterbangan, nyaman, aman sertasentosa untuk bekerja disana. Saya sendiri lebih sukai mencari tempat yang teduh, sepi serta aman.


Bagian-bagian interior mobil terbagi dalam :


Lantai mobil, tiada susunan penutup

Lantai mobil yang mencakup lantai serta fire wall biasanya terbuat dari plat besi. Oleh lantaran beragam maksud serta maksud, pada akhirnya terbagi dalam satu atau lebih susunan penyusun, contoh : susunan anti karat, asphalt peredam getaran, karpet tidak tipis peredam suara, karpet basic berbulu, karpet kaki (karpet bulu,karet,plastik). Lantaran adalah area yang benar-benar gampang kotor, terkadang yang memiliki mobil berikan susunan penambahan kulit buatan dengan maksud karpet asli bawaan mobil terus awet, tak kotor/rusak, tak hanya supaya lantai basic gampang dibikin bersih.

Kursi jok, biasanya terbuat dari kerangka besi tempat dudukan karet busa tidak tipis yang dibungkus bahan pelapis, contoh : kain/fabric, kulit buatan atau kulit hewan asli. Pada kursi jok jenis spesifik, tak hanya mempunyai head rest juga arm rest serta leg rest.

Panel pintu mobil.

Pintu-pintu mobil, pada pertemuan bukaan pintu dengan kabin umum ada lis karet pintu. Didalam rongga pintu kerap bersarang : side impact protection beam, mekanisme kunci mobil, mekanisme central lock, motor serta mekanisme power window (terkecuali pintu belakang), kaca mobil, kabel listrik, speaker serta bahan peredam. Sedang diluar segi dalam, bercokol panel pintu komplit dengan, lampu kaki, pegangan tangan, tuas pembuka pintu, tombol-tombol power window dan wadah penyimpan botol/kaleng minuman serta benda-benda kecil yang lain.

Kehadiran Pilar A, B, C serta D didalam interior mobil.

Pilar mobil ada di samping kanan serta kiri interior mobil, yakni pilar : A, B, C serta terkadang pilar D. Pada pilar-pilar serta plat dinding di sekelilingnya, biasanya dibungkus dengan panel plastik supaya tampak rapi. Pilar-pilar juga adalah tempat titik-titik penempelan sabuk keselamatan serta lampu samping interior (pada mobil-mobil spesifik). Spesial pada pilar A terkadang juga untuk tempat bercokolnya tweeter sound sistem mobil.

Dashboard Mobil

Dashboard mobil, adalah " kotak plastik berongga " besar, haha... walau tak sebesar almari, di mana semua aktivitas kontrol operasional mobil berpusat di sana. Didalam dashboard juga bersarang : blower AC serta selang-selang ventilasi, ECU (pada mobil-mobil spesifik), HU, SRS AirBag, speaker, speedometer board, Multi Data Direct Display, kabel-kabel listrik serta kotak sekring, tombol electric mirror, alarm, dan lain-lain. Di luar dashbord bercokol : tatakan lebar dashboard, kisi-kisi AC, panel speedometer, panel HU, panel AC, panel pemantik rokok, kotak serta laci penyimpanan barang, steering wheel tersebut tuas-tuas wiper, sein/wingker, lampu mobil, dan lain-lain.

Berkenaan dengan ECU yang ukurannya makin bongsor (itu tandanya mobilnya makin pandai), maka pada mobil-mobil spesifik, ECU ini telah tak ditempatkan didalam dashboard lagi, tetapi di area mesin.

Console mobil, yang tempatnya diapit kursi-kursi jok depan adalah tempat becokolnya tongkat pemindah gigi (MT/AT), tongkat rem tangan, wadah-wadah serbaguna terbaik yang terbuka ataupun tertutup, tempat abu rokok, dan lain-lain.

Kaca-kaca mobil, mencakup :

Kaca depan, mempunyai bagian paling luas. Kaca depan sisi dalam biasanya dilapisi penambahan kaca film (apabila ada) anti panas, contoh : V-Kool, serta kaca film anti silau dibagian atasnya. Diluar itu juga adalah tempat menempelnya back mirror interior.
Kaca belakang, mempunyai bagian yang luas juga. Di segi dalam biasanya tertempel pita tidak tebal filament anti kabut serta antena radio, susunan kaca film serta high mounted stop lamp.

Plafond mobil.

Kaca pintu mobil serta kaca samping. Kaca-kaca pintu dapat di buka tutup naik turun, sedang kaca samping ada yang dapat di buka namun terbatas atau sekalipun fix. Kaca-kaca ini biasanya juga dilapis dengan kaca film.

Plafon mobil biasanya ada 2 versus, yakni : versus tarik serta cetakan/mould (untuk mobil high end). Bahan plafon sama juga dengan bahan kursi jok, ada yang terbuat dari fabric, kulit imitasi serta kulit hewan asli. Plafon juga tempat bercokolnya perangkat-piranti tersebut : lampu-lampu interior depan, tengah serta belakang (apabila ada), sun visor, kisi-kisi AC, box AC double blower, sun roof, dan lain-lain.

Beberapa jenis material pembentuk interior, mencakup :

Plastik pembentuk interior biasanya terbagi dalam plastik type : Poly Propilene, AcrylonitrileButadiene Styrene, Poly Urethane, Poly Amide/Nylon, Poly Ester, Poly Methyl Metha Acrylate/Mika bening, dan lain-lain.

Plastik PP kerap digunakan pada, contoh : penutup pilar A, B, C serta D (apabila ada), panel-panel pintu/bekleid terhitung panel pintu belakang (apabila ada, contoh : pada mobil MPV), dashboard sisi atas serta bawah, console tengah, cover back mirror dalam, pegangan pintu, pegangan tangan diatas pintu, tutup segi samping bawah jok, handle-handle jok, foot step pada pintu-pintu, handle rem tangan, rumah setir, dan lain-lain.

Karakter PP : lentur, direct coloring, tahan bahan kimia (contoh : cairan silikon, alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih serta thinner), tak tahan goresan benda tajam, tak tahan suhu tinggi, tak tahan cahaya UV.

Plastik ABS kerap digunakan pada, contoh : kisi-kisi pengatur arah angin AC, panel HU, knop/tombol-tombol : AC, lampu sein, lampu jalan, wiper, power window, handle bukaan pintu, garnish dibagian tengah dashboard, panel speedometer, colokan sabuk keselamatan, dan lain-lain. Wood panel pemanis interior mobil saat saat ini terbuat dari ABS yang di print bercorak kayu khusus dengan susunan tidak tipis lack keras hingga serupa kayu alami.
Karakter ABS : kaku, getas, gampang pecah namun dapat di lem, dapat di cat, tak tahan pada bahan kimia keras : alkohol murni, minyak rem, minyak kayu putih serta thinner, tak tahan cahaya UV.

Plastik PU atau karet synthetic. Bisa Anda temui di bagian interior yang jadi empuk apabila dipegang/diduduki, contoh : busa kursi jok, pegangan stir, pelapis luar kulit synthetic, dan lain-lain. Bahan ini bakal seringkali didapati pada mobil-mobil kelas premium yang memanglah berniat di buat serba empuk untuk memanjakan penggunanya. Haha...
Karakter PU : gampang cuil/mengelupas/sobek, tak tahan goresan benda tajam, tahan pada cairan silikon, tak tahan pada : oli, minyak tanah, alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih serta thinner.

Plastik PA/Nylon serta PES bisa Anda temui pada bahan tekstile/fabric yang ada disekujur interior, contoh : karpet bulu basic, karpet bulu firewall, karpet kaki, fabric pada panel pintu, pelapis kursi jok, sabuk keselamatan (Nylon) serta plafon.
Karakter PA serta PES : tak gampang kotor, gampang dibikin bersih, namun spesial noda dari pewarna buatan bakal susah di hilangkan (contoh : softdrink, tinta ballpoint), tak tahan bahan kimia keras terutama : alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih serta thinner.

Plastik PMMA bisa Anda temui pada seluruhnya cover mika lampu interior, cover LCD HU, cover LCD AC. kaca mika speedometer. dan lain-lain.
Karakter PMMA : keras, bening seperti kaca, gampang pecah oleh benturan, tak tahan goresan benda tajam, tak tahan bahan kimia keras terutama : alkohol murni, bensin, minyak rem, minyak kayu putih serta thinner.

Karet alam bisa didapati pada karet pedal gas, rem serta kopling (MT), lis pintu & penutup bagasi serta mesin. Bisa pula didapati pada karpet karet kaki serta karpet karet didalam bagasi.

Pelapis panel pintu, plafon, lingkar stir, kepala serta sarung tongkat pemindah gigi serta kusi jok. Pelapis ini biasanya berbentuk : fabric (textile/kain), kulit buatan (synthetic leather) serta kulit hewan asli (genuine leather).

Fabric kerap digunakan untuk bahan penutup serta pelapis interior, lantaran aspek ekonomis.
Plus : variasinya banyak (contoh : terpal tidak tebal, bludru, karung, oscar), harga relatif murah, mudah, gampang ditangani serta gampang dirawat.
Min : menyerap noda berwarna (contoh : sirop, softdrink, ompol), menyerap debu, gampang kotor, gampang aus serta tak tahan lama.

Kulit imitasi/buatan/synthetic, kerap digunakan lantaran mau tampak lain serta keren, namun dengan cost ekonomis, tak hanya untuk memudahkan perawatan.
Plus : variasinya banyak dengan adanya banyak teksture, warna serta merk, mempunyai penampilan nyaris serupa kulit asli, harga relatif murah dari pada kulit asli, tahan air, tak menyerap noda, gampang dibikin bersih, tak gampang kusut, sebagian mempunyai design eksklusif, dan lain-lain.
Min : tak tahan lama, susunan tidak tebal luarnya gampang aus/menipis serta memudar disebabkan gesekan, tak menyerap keringat sampai jadi panas/gerah di kulit, gampang sobek oleh ujung kuku atau benda tajam yang lain.

Berbahan Kulit hewan asli/genuine leather (berteksture, berbulu) kerap digunakan dengan argumen mau tampak elegan dan keren, tak hanya untuk memudahkan perawatan.

Kelebihan : tahan lama, tahan gesekan, variasinya banyak dengan adanya banyak warna, teksture serta merk, mempunyai penampilan eksklusif serta elegan, tak panas lantaran berpori, gampang dibikin bersih, tak gampang sobek serta kusut.

Kekurangan : harga nya benar-benar mahal, gampang lembab serta berjamur, kurang tahan air, apabila lembab bakal berbau busuk terlebih pada kulit jok berkualitas rendah, gampang retak-retak apabila perawatannya salah/kurang, permukaannya gampang tampak kotor.

Metal di bagian interior mobil saat saat ini telah benar-benar tidak sering didapati, terkecuali pada tongkat pemindah gigi (MT atau AT), gagang tombol sein serta wiper, pedal gas serta rem, rel kursi jok.

"Cara membersihkan kaca mobil" Kaca dibagian interior mobil mencakup kaca-kaca pintu, kaca depan, kaca belakang, kaca samping (contoh pada type MPV), back mirror, cermin.

Kaca film terbuat dari plastik mylar polyester (PE) yang rawan pada goresan serta bahan kimia, seperti amonia serta soda.

Ada 3 type kotoran yang bikin interior mobil Anda mesti selekasnya dibikin bersih, yakni : Kotoran padat, cair serta gas


vacuum cleaner
Alat bantu serta peralatan yang dibutuhkan untuk bersihkan interior, mencakup : tas plastik tidak tebal/kresek, vacuum cleaner, sapu plastik kecil plus tatakan debu, kuas kecil, sikat halus, sikat gigi halus, kain flanel bersih, lap katun bersih, chamois, cotton bud.

Pakai vacuum cleaner jenis DRY & WET untuk memudahkan pekerjaan.
Sapu kecil digunakan untuk menyapu lantai interior dari kotoran padat serta " berat ", contoh batu-batu kerikil, kacang, sobekan-sobekan kertas, jatuhan uang coin, daun-daun kering dan lain-lain. Hal semacam ini dikerjakan untuk memperingan kerja vacuum cleaner.

Bahan pembersih interior mobil, mencakup : foam pembersih karpet (dalam tabung aerosol), cairan silikon, glass cleaner, air hangat, pelembab kulit jok/leather moisturizer (khusus untuk bahan kulit hewan asli) serta odor killer.

Jauhi bahan silikon (sejenis semir dashboard) dalam bersihkan interior mobil, cairan licin serta lengketnya bakal memancing debu berkumpul di situ. Diluar itu bahan ini tak pas untuk bersihkan kulit pelapis jok, terbaik yang imitasi ataupun asli, lantaran sifatnya yang licin.

Pakai bahan silikon di bagian memiliki bahan karet alam atau karet synthetic (PU), supaya awet serta kekenyalannya terjaga.

Jauhi memakai bahan silikon ini pada karet pedal/injakan gas, rem serta kopling (MT), beresiko lantaran sifatnya yang licin.

Sesudah mempunyai knowledge base diatas, maka saat ini waktunya menuju bagian tersebut, berbentuk :

TAHAPAN-TAHAPAN MEMBERSIHKAN SENDIRI INTERIOR MOBIL :


Step 1 : Persiapan.

Mencari tempat yang teduh, jelas, aman dari debu-debu berterbangan serta masalah lain.
Menyiapkan alat bantu serta peralatan dan bahan pembersih.

Step 2 : Bersihkan interior dari sampah serta benda-benda bawaan di mobil.


Buka lebar-lebar seluruhnya pintu mobil, terhitung pintu belakang/pintu bagasi belakang (apabila ada), lalu bersihkan interior dan bagasi (apabila ada) dari sampah.

Kosongkan interior mobil, bagasi mobil (apabila ada) serta seluruhnya wadah, kotak yang ada.

Step 3 : Bersihkan interior dari tanah, pasir serta debu halus dengan vaccum cleaner.


Keluarkan karpet-karpet kaki untuk dibikin bersih.

Karpet kaki pengemudi, riskan kotor.
Untuk karpet bulu, lewat cara : mengibas-ngibaskan tiap-tiap karpet kaki ybs. pada tembok/tiang/batang pohon, supaya kerikil, pasir serta debu yang tersembunyi rontok. Hisap bekas kotoran serta debu yang tetap tersembunyi didalam bulu karpet dengan vacuum cleaner. Semprot karpet dengan air, tuangkan sedikit sabun serta sikat hingga bersih. Paling akhir basuh hingga seluruhnya busa sabun lenyap serta keringkan karpet ditempat yang teduh serta berangin sepoi-sepoi. Sesudah kering, hisap kembali karpet bulu tsb. dengan vacuum cleaner.

Untuk karpet plastik/karet, lewat cara : mengibas-ngibaskan tiap-tiap karpet kaki ybs. pada tembok/tiang/batang pohon, supaya kerikil, pasir serta debu yang melekat rontok. Semprot karpet karet tadi dengan air, tuangkan sedikit sabun serta sikat hingga bersih. Paling akhir, basuh hingga busa sabun lenyap serta keringkan karpet plastik/karet tsb. dibawah terik matahari.

  • Bersihkan karet pedal gas, rem serta kopling (apabila ada) dengan pertolongan sikat halus, air sabun tidak tebal, air hangat serta lap katun.
  • Sapu & serokan mini untuk mobil.
  • Menyapu jok-jok mobil dengan sapu kecil, hingga seluruhnya kotoran padat lenyap.
  • Menyapu lantai mobil dengan sapu kecil, hingga seluruhnya kotoran padat lenyap dari pandangan.
  • Menyapu karpet bagasi mobil (apabila ada) dengan sapu kecil, hingga seluruhnya kotoran padat lenyap dari pandangan.
  • Menyedot sisa-sisa pasir serta debu halus pada jok-jok mobil dengan vacuum cleaner hingga bersih.
  • Menyedot sisa-sisa pasir serta debu halus pada lantai mobil dengan vacuum cleaner hingga bersih.
  • Menyedot sisa-sisa pasir serta debu halus pada karpet bagasi mobil (apabila ada) dengan vacuum cleaner hingga bersih.

Step 4 : Bersihkan interior dari noda-noda serta debu-debu halus yg tidak terjangkau oleh vacuum cleaner

Diawali dari sisi atas (plafon) selalu ke bawah terhitung kursi-kursi jok serta lantai mobil, yakni :

Bersihkan seluruhnya noda yang melekat di plafon, dengan pertolongan air hangat serta lap katun bersih.

Jauhi memakai vacuum cleaner untuk bersihkan plafon. Plafon dapat kendor/terlepas dari ikatannya disebabkan ketarik oleh daya isap kuat vaccum cleaner.
Plafon yang telah kendor atau terlepas dari ikatannya bakal susah dikembalikan seperti awal mulanya.

Bersihkan seluruhnya noda yang melekat di pilar-pilar mobil hingga ke bawah, dengan pertolongan glass cleaner, sikat gigi halus serta lap katun bersih.
Bersihkan seluruhnya noda serta debu halus yang melekat di dashboard mobil serta seluruhnya perangkat yang bercokol di sana, contoh : kisi-kisi AC, panel AC, panel HU, dan lain-lain., terhitung laci, wadah serta kotak penyimpan, dengan pertolongan glass cleaner, kuas kecil, sikat gigi halus, cotton bud serta lap katun bersih.

Bersihkan pintu depan kanan : dari bodi pintu, panel pintu terhitung wadah yang bercokol di sana, hingga kaca pintu, dengan pertolongan glass cleaner, kuas kecil, sikat kecil halus, cotton bud serta lap katun bersih. Untuk bersihkan bahan fabric/kulit imitasi (apabila ada) yang ada di panel cukup dipakai air hangat dengan lap katun bersih. Untuk kulit asli bersihkan dengan pelembab kulit jok. Oleskan tipis-tipis lis karet serta karet-karet yang ada di pintu serta area sekitarnya dengan cairan silikon, supaya awet serta kekenyalannya terus bagus.
Mengulang pekerjaan diatas untuk pintu-pintu yang lain, terhitung pintu belakang/bagasi (apabila ada).

Bersihkan kaca mobil depan, dengan pertolongan glass cleaner serta lap katun bersih.

Spesial kaca depan dengan kaca film peredam panas yang bernilai super mahal (contoh : V-kool atau yang lain), untuk membersihkannya mesti dengan hati-hati supaya tak tergores yang pada akhirnya jadi buram. Karenanya pakai kain flanel bersih yang berbulu halus yang telah dibasahi air hangat atau dapat dipakai juga lap micro fiber.
Sebisa-bisanya jauhi memakai glass cleaner pada susunan kaca film depan, lantaran kemungkinan ada kandungan amoniak didalam larutannya.
Mengulang pekerjaan diatas untuk kaca-kaca samping (apabila ada) serta kaca belakang.

Sebisa-bisanya jauhi memakai glass cleaner pada susunan kaca film pada kaca-kaca : pintu depan serta pintu belakang, samping serta belakang, lantaran kemungkinan ada kandungan amoniak didalam larutannya. Cukup pakai lap lembut serta bersih yang telah dibasahi dengan air hangat.

Bersihkan noda-noda pada kursi jok mobil, contoh : noda tumpahan soft drink, noda ompol, noda bekas (second) muntahan, dan lain-lain. hingga bersih tiada bekas (second) dengan pertolongan air hangat, sikat gigi halus (apabila butuh) serta lap katun bersih. Kemudian dikeringkan dengan pertolongan vacuum cleaner (WET)/dilewatkan jadi kering sendiri.

Untuk noda yang benar-benar bandel (khusunya pada bahan fabric) bisa dibantu dengan foam pembersih karpet. Langkah penggunaannya bisa di baca pada label penggunaan. Sesudah bersih dikeringkan dengan pertolongan vacuum cleaner (WET)/dilewatkan jadi kering sendiri.

Bersihkan noda-noda pada karpet lantai mobil, contoh : noda tumpahan soft drink, noda ompol, noda bekas (second) muntahan, dan lain-lain. hingga bersih tiada bekas (second) dengan pertolongan air hangat, sikat gigi halus (apabila butuh) serta lap katun bersih. Kemudian dikeringkan/dilewatkan jadi kering sendiri. Untuk noda yang benar-benar bandel bisa dibantu dengan foam pembersih karpet. Langkah penggunaannya bisa di baca pada label penggunaan. Kemudian dikeringkan dengan pertolongan vacuum cleaner (WET)/dilewatkan jadi kering sendiri.

Step 5 : Step paling akhir.

Kembalikan karpet kaki pada tempatnya.
Kembalikan beberapa barang bawaan serta menaruhnya kembali dengan rapi, Supaya mobil terlihat apik serta ringkas, baiknya diseleksi lagi mana barang bawaan yang memanglah utama untuk dibawa, sedang bekasnya yang kurang utama, dapat disimpan dirumah.

Menyemprot interior mobil dengan odor killer, supaya bekas bau, contoh : asap rokok, alas kaki lembab, pengharum ruangan, dan lain-lain. bisa ternetralisir.

Menghimpun seluruhnya alat bantu, peralatan pembersih serta bahan pembersih. Janganlah lupa untuk membersihkan serta bersihkan alat bantu serta peralatan pembersih yang tetap kotor, lalu taruh kembali seluruhnya pada tempatnya awal mulanya.

Supaya lebih mantap, buka serta mengeluarkan filter AC (apabila ada), bersihkan dengan kuas kecil lalu di vacuum cleaner untuk bersihkan debu yang tersisa atau apabila telah terlampau kotor, ubah dengan yang baru. Ditanggung aliran didalam kabin mobil Anda makin fresh serta bebas debu.
Sumber


Blog, Updated at: 10.30

Update

    Sering Dibaca