Amplifier Audio Mobil
Karena sebuah amplifier biasanya tersimpan rapi di dalam mobil, Anda mungkin tidak pernah melihatnya dalam OEM (original equipment manufacturer) sound sistem seperti, head unit dan speaker. Tapi amplifier merupakan komponen integral yang memberikan kekuatan dan volume lagu, dan ampli juga memainkan peran penting sebagai karakter musik di dalam sistem audio mobil Anda. Tanpa adanya amplifier, Anda tidak pernah bisa mendengarkan musik berkualitas tinggi untuk mobil yang Anda miliki.
Amplifier boosts
Dalam sistem audio mobil yang kompleks ada lebih dari satu komponen preamp. Preamp mengacu pada setiap tahap dalam jalur audio dimana sinyal diproses sebelum diperkuat. Cara kerja preamp di dalam head unit mengambil sinyal mentah dari berbagai sumber pada head unit, mungkinCD player, radio tuner lalu mengirimkan output tingkat rendah ke amplifier, hal seperti ini disebut juga keluaran line-level.
Preamp ini juga meliputi kontrol nada seperti treble, bass dan pemerataan memanipulasi sinyal audio untuk menyesuaikan suara. Ketika sinyal mencapai amplifier, internal-input preamp stageprocesses it further.
Crossing Over
Bagian dari pengolahan preamp biasanya melibatkan sirkuit yang di sebut crossover. Secara ilmu elektronik membagi full-range sinyal audio yang diumpankan ke amplifier menuju frekuensi terpisah. Ibarat kata crossover ini sebagai polisi lalu lintas dalam sinyal audio, kerjanya mengarahkan frekuensi tertentu sehingga mereka dapat direproduksi oleh speaker khusus, contohnya woofer dan juga tweeter.Sekarang ini terdapat banyak sistem audio mobil menggunakan dua jenis crossover. Sebuahpassive crossover menerima sinyal audio setelah itu sudah diperkuat dan sifon off frekuensi untuk speaker tertentu. Crossover aktif adalah komponen preamp yang membagi full-range, sinyal line-level sebelum amplifikasi sehingga amplifier atau saluran terpisah amplifier yang hanya menangani rentang frekuensi tertentu untuk speaker.
Crossover pasif ditemukan pada "dua arah" speaker yang memiliki sepasang speaker dipasang pada bingkai tunggal. Dua arah 6-9-inch speaker yang ditemukan di banyak sistem audio menggabungkan midrange besar dan tweeter kecil. Sinyal audio pertama akan melewati crossover pasif kecil yang memisahkan frekuensi antara dua speaker.
Kelemahan dari crossover pasif adalah bahwa mereka menyebabkan hilangnya daya yang melekat dengan menghaluskan frekuensi tertentu. Ini salah satu alasan kenapa banyak amplifier mobil yang bagus memiliki built-in sirkuit crossover yang aktif. Hal ini memungkinkan saluran amp secara khusus untuk speaker tertentu dan juga untuk lebih beroperasi secara efisien.
Power and Heat
Setelah pengolahan preamp, amplifier menciptakan arus listrik bolak-daya tinggi yang bekerja sama dengan speaker untuk membuat suara. Vacuum tabung tersebut digunakan untuk memperkuat sinyal listrik, dan mereka masih digunakan dalam beberapa sistem rumah high-end. Tapi ampli tabung rentan terhadap panas dan getaran sehingga tidak ideal untuk Audio Mobil.Selama dorongan ini, amplifier menghasilkan panas, sehingga manajemen panas adalah bagian utama dari desain sebuah amp. Kecil, amplifier daya rendah yang dibangun di dalam head unit dapat dijejalkan di dalam dasbor tanpa takut overheating. Tapi amplifier tempel menghasilkan daya secara signifikan.
Bagian dari eksterior sebuah ampli terdiri dari apa yang dikenal sebagai "heat sink." Mirip dengan radiator mobil, heat sink memiliki ridges atau "sirip" untuk menciptakan permukaan yang lebih luas untuk memancarkan panas yang dihasilkan di dalam ampli.
Amplifier Power Ratings
Standar industri untuk memperoleh peringkat watt amplifier adalah RMS. Ini adalah singkatan untuk "Root Mean Square" dan merupakan persamaan matematika untuk mengukur besarnya keluaran sinyal. Walaupun anda tidak perlu menghitung rumus ini ketika Anda sedang beli sistem audio mobil, Anda harus menyadari bahwa beberapa produsen elektronik mengambil kebebasan dengan penilaian watt untuk membuat ampli mereka tampil lebih kuat.
Salah satu taktik perusahaan audio mobil adalah mengirim "maksimal" atau "puncak" peringkat daya bukan RMS atau atings daya terus menerus. Tapi sama seperti Anda tidak terus mendorong mobil Anda dengan kecepatan maksimum, Anda akan jarang mencapai klaim output daya maksimum yang dibuat oleh beberapa perusahaan audio mobil. Carilah RMS ratings untuk memastikan Anda membandingkan ketika Anda beli amplifier.
Kelompok perdagangan Consumer Electronics Association mengelola standar pengukuran daya audio mobil amplifier sukarela yang disebut CEA-2006-A. Banyak merek audio mobil mematuhi standar dan termasuk logo CEA-2006-A pada kemasan mereka sehingga Anda tahu pengukuran daya mereka.
Jangan Menyalahkan Speakers
Sementara hampir semua amplifier akan menghasilkan sekitar dua kali puncak kekuatan RMS, dengan distorsi yang sangat tinggi. Penyebabnya ketika ampli dipaksa ke batas-batasnya dan menciptakan suara sangat terdistorsi yang dapat merusak sistem speaker.
Ketika sistem audio mengalami distorsi, mungkin berangapan speaker rusak. Namun dalam kenyataannya lebih disebabkan oleh distorsi dari ampli. Amplifier kecil dalam head unit - atau bahkan beberapa ampli tempel di sound sistem OEM.
Seringkali, kebanyakan amplifier akan terdengar terdistorsi di sekitar tiga-perempat dari keseluruhan volume suatu sistem. Jika Anda harus engkol volume ke tingkat itu untuk mendengar musik Anda dengan cara Anda seperti itu, amplifier Anda hanya kehabisan steam. Jika Anda hanya mengganti speaker dalam sistem underpowered, Anda pasti akan kecewa.
Out of Sight, Out of Mind
Sumber