Lufthansa

Posted by

Deutche Lufthansa AG merupakan maskapai penerbangan terbesar di Eropa berdasarkan jumlah penumpang yang diangkut (kedua adalah Air France – KLM), dan maskapai penerbangan nasional Jerman. Nama perusahaan berasal dari kata Luft (kata Jerman berarti "udara"), dan Hansa (dari Hanseatic League, grup perdagangan abad pertengahan terkuat).
Maskapai ini adalah yang terbesar kelima menurut jumlah penumpang yang diangkut, mengoperasikan penerbangan ke 209 kota di 81 negara. Bersama dengan rekannya Lufthansa terbang ke 410 kota. Memiliki armada maskapai penumpang terbanyak kedua di dunia, bila digabung dengan Lufthansa CityLine, Air Dolomiti, Eurowings, Germanwings, Augsburg Airways, Contact Air, dan SWISS, berjumlah 529 pesawat.
Kantor perusahaan Lufthansa terletak di Cologne, dimana basis dan hub lalu lintas utamanya di Bandar Udara Internasional Frankfurt di Frankfurt am Main dengan hub kedua di Bandar Udara Internasional Munich.
Lufthansa adalah anggota pendiri Star Alliance, aliansi maskapai penerbangan terbesar di dunia. Star Alliance dibentuk tahun 1977 bersama dengan Thai Airways, United Airlines, Air Canada dan Scandinavian Airlines System. Star Alliance sekarang memiliki 20 maskapai anggota dan 3 anggota regional. Lufthansa Group mengoperasikan lebih dari 400 pesawat dan mempekerjakan hampir 100.000 orang di seluruh dunia. Tahun 2007, 83,1 juta penumpang terbang dengan Lufthansa termasuk dengan anak perusahaannya.

Sejarah
Sebelum tahun 1950an
Perusahaan ini didirikan tanggal 6 Januari 1926 di Berlin, setelah pergabungan antara "Deutsche Aero Lloyd" (DAL) dan "Junkers Luftverkehr". Nama asli perusahaan ini adalah Deutsche Luft Hansa Aktiengesellschaft. Lufthansa dalam satu kata telah digunakan sejak 1933. Tanggal 9 Desember 1927, Deutsche Luft Hansa, atas pemerintah Jerman, membuat perjanjian dengan pemerintah Spanyol yang mengizinkan penerbangan udara antara kedua negara. Ini meliputi investasi kapital untuk mendirikan perusahaan udara yang kemudian menjadi Iberia.
Pada tahun-tahun sebelum Perang Dunia II, perusahaan ini merintis rute ke Timur Jauh dan melintasi Atlantik Utara dan Atlantik Selatan, menggunakan armada Dornier, Junkers, Heinkel, Focke-Wulf dan pesawat rancangan Jerman lainnya. Setelah perang pecah tahun 1939, Lufthansa hanya dibolehkan beroperasi ke negara netral. Pada awal perang, bersama dengan Maskapai Penerbangan Lintas Benua Italia (Linee Aeree Transcontinentali Italiane, atau LATI), perusahaan ini bersaing di Amerika Selatan. Tetapi, semua penerbangan dihentikan oleh Lufthansa setelah kekalahan Jerman tahun 1945.

Pendirian kembali (1950an)
Lufthansa dibentuk kembali tanggal 6 Januari 1953 dengan nama Aktiengesellschaft für Luftverkehrsbedarf (Luftag) dan berganti nama menjadi Deutsche Lufthansa Aktiengesellschaft tanggal 6 Agustus 1954. Lufthansa "baru" tahun 1953 bukan pelanjut legal Lufthansa yang didirikan tahun 1926 dan yang berdiri selama dan sebelum Perang Dunia II. Tanggal 1 April 1955 Lufthansa melanjutkan penerbangan terjadwal di Jerman. Penerbangan internasional dimulai tanggal 15 Mei 1955, dengan penerbangan ke kota-kota Eropa, diikuti penerbangan ke New York tanggal 8 Juni menggunakan Lockheed Super Constellation. Rute Atlantik Selatan dilanjutkan bulan Agustus 1956.
Jerman Timur berusaha mendirikan maskapainya sendiri tahun 1950-an menggunakan nama Lufthansa, tapi hal ini menghasilkan sengketa dengan Jerman Barat, dimana maskapai itu telah beroperasi. Jerman Timur mengganti maskapai nasionalnya menjadi Interflug, yang berhenti beroperasi tahun 1991. Lufthansa dilarang terbang ke Berlin Barat hingga hingga penghapusan rezim komunis.

1960an- Era Jet
Tahun 1958, Lufthansa menaruh pesanan untuk empat Boeing 707, digunakan untuk memulai penerbangan jet dari Frankfurt ke New York bulan Maret 1960. Boeing 720 kemudian dibeli untuk melengkapi armada 707. Bulan Februari 1961, rute Timur Jauh diperpanjang dari Bangkok, Thailand ke Hong Kong dan Tokyo. Kota Lagos, Nigeria dan Johannesburg, Afrika Selatan dimasukkan tahun 1962.
Lufthansa memperkenalkan Boeing 727 tahun 1964 dan bulan Mei pada tahun yang sama mereka memulai rute Kutub dari Frankfurt ke Tokyo. Bulan Februari 1965, perusahaan memesan 21 pesawat jet jarak menengah Boeing 737, yang beroperasi tahun 1968.
Lufthansa adalah pengguna pertama yang membeli dan memiliki jumlah Boeing 737 terbanyak, dan satu dari empat pembeli 737-100 baru (lainnya NASA, Malaysia-Singapore Airlines dan Avianca - meskipun pesawat NASA yang dibuat pertama, pesawatnya terakhir dikirim dan ditujukan untuk pengiriman kepada Lufthansa). Sehingga, Lufthansa menjadi pengguna pertama luar negeri untuk pesawat komersial Boeing.

1970an- Era pesawat berbadan lebar
Awal era badan lebar untuk Lufthansa ditandai dengan peluncuran penerbangan Boeing 747 tanggal 26 April 1970. Tahun 1971 Lufthansa memulai penerbangan ke Amerika Selatan. Tahun 1979, Lufthansa dan Swissair menjadi pengguna pertama untuk Airbus A310, dengan pesanan 25 pesawat.

1980an- Modernisasi Armada
Renovasi dan program modernisasi armada untuk 1990-an dimulai tanggal 29 Juni 1985 dengan pesanan 15 Airbus A320 dan 7 Airbus A300-600. Sepuluh Boeing 737-300 dipesan beberapa hari kemudian. Kesemua pesawat dikirim antara 1987 dan 1992. Lufthansa juga membeli Airbus A321, Airbus A340 dan Boeing 747-400.


Kantor pusat Lufthansa di Cologne, Jerman

Boeing 747-400

Airbus A340-600
Berkas:Boeing 747-830 Lufthansa in fligth.jpeg
Boeing 747-8I

Airbus A300B4-600R, sekarang pensiun

Airbus A319-100

A320-200

A321-200

Pesawat Airbus A380 pertama milik Lufthansa (D-AIMA) mendarat di Bandar Udara Internasional Düsseldorf

Boeing 737-500

Avro RJ85

CRJ-200 Lufthansa Regional
Lufthansa mengambil identitas perusahaan baru tahun 1988. Armadanya diberukan warna baru sementara kabin, kantor kota dan lounge bandara dirancang ulang.

1990an- Star Alliance
Tanggal 28 Oktober 1990, 25 hari setelah penyatuan, Berlin kembali menjadi kota tujuan Lufthansa. Tanggal 18 Mei 1997 Lufthansa, Air Canada, Scandinavian Airlines, Thai Airways dan United Airlines membentuk Star Alliance, aliansi maskapai penerbangan pertama di dunia.

Awal tahun 2000an
Tahun 2000 Air One menjadi maskapai mitra Lufthansa dan hampir semua penerbangan Air One bertukar kode dengan Lufthansa. Bulan Juni 2003, Lufthansa membuka Terminal 2 di Bandar Udara Internasional Franz Josef Strauß, Munich untuk menghidupkan kembali hub utamanya, yang mengalami masalah kapasitas. Merupakan salah satu terminal pertama di Eropa yang dimiliki oleh suatu maskapai penerbangan.
Tanggal 17 Mei 2004, Lufthansa menjadi pengguna pertama untuk layanan komunikasi online dalam pesawat Connexion by Boeing.
Tanggal 22 Maret 2005, SWISS bergabung dengan Lufthansa Airlines. Pergabungan meliputi perjanjian bahwa pemegang saham terbesar (pemerintah Swiss dan perusahaan besar Swiss) diberikan bayaran bila harga saham Lufthansa melewati indeks maskapai selama tahun-tahun setelah penggabungan. Kedua perusahaan akan beroperasi secara terpisah.

Era sekarang (2006-sekarang)
Tanggal 6 Desember 2006, Lufthansa menaruh pesanan untuk 20 Boeing 747-8, menjadi pengguna pertama jenis itu.
Saham Lufthansa dimiliki oleh investor pribadi (88.52%), MGL Gesellschaft für Luftverkehrswerte (10.05%), Deutsche Postbank (1.03%) dan Deutsche Bank (0.4%) dan memiliki 37.042 karyawan (Maret 2007).
Tanggal 14 Desember Lufthansa dan maskapai bertarif rendah Amerika, Jetblue mengumumkan awal kerjasama yang dibuat melalui pembelian 19% saham di Jetblue oleh Lufthansa. Ini merupakan investasi kepemilikan besar pertama oleh maskapai Eropa terhadap maskapai Amerika sejak perjanjian langit terbuka UE-AS yang diumumkan tahun lalu dan dapat menghasilkan investasi lain oleh maskapai Eropa terhadap industri maskapai AS yang bermasalah.
Lufthansa sedang mencari konsolidasi sektor penerbangan Eropa lainnya dengan mempertimbangkan pembelian saham pemerintah Polandia di maskapai nasional Polandia, LOT sementara juga menyimpan pilihan terhadap maskapai nasional Spanyol, Iberia.

Subsidiari
Sebagai tambahan dari penerbangan utamanya, Lufthansa memiliki subsidiari. Maskapai terpenting adalah:
  • Austrian Airlines, maskapai nasional Austria, sepenuhnya dimiliki Lufthansa.
  • SunExpress, maskapai penerbangan yang berbasis di Antalya, Turki; 50% sahamnya dimiliki Lufthansa (50% Turkish Airlines)
  • Swiss International Air Lines, sebuah maskapai di Zurich, Swiss dimiliki oleh Lufthansa
  • Lufthansa Cargo, perusahaan penerbangan logistik
  • Lufthansa Technik, penyedia jasa perawatan pesawat
  • Lufthansa Systems, penyedia IT penerbangan terbesar Eropa
  • Lufthansa Regional, merek yang dioperasikan oleh aliansi beberapa maskapai regional kecil, termasuk Lufthansa CityLine
  • Lufthansa CityLine, sebuah maskapai regional, dimiliki seluruhnya oleh Lufthansa
  • Air Dolomiti, maskapai di Trieste, Italia
  • Delvag, sebuah perusahaan asuransi dalam transportasi udara
  • LSG Sky Chefs, penyedia makanan maskapai terbesar di dunia, yang meliputi sepertiga makanan maskapai penerbangan dunia.
  • Lufthansa Flight Training, penyedia pelayanan pelatihan awak penerbangan berbagai maskapai dan sayap pelatihan utama bagi pilot mereka.
  • Condor, sebuah maskapai sewaan, dengan saham pegangan Lufthansa sebanyak 24.9%
  • Lufthansa memegang 13% saham Luxair, maskapai penerbangan nasional Luksemburg.
  • 49% saham maskapai regional Eurowings, yang menjadi saham penuh di Germanwings, subsidiari bertarif rendah yang mengoperasikan penerbangan jarak pendek dari sejumlah basis di Jerman
  • 30%, minus 1 saham, BMI, maskapai Britania
  • Lufthansa memiliki 19% saham di JetBlue, sebuah maskapai biaya murah di Amerika Serikat.
  • Lufthansa Commercial Holding, memiliki 400 perusahaan pelayanan dan keuangan dimana Lufthansa memegang sahamnya.
Sejarah merek
Logo Lufthansa, berbentuk crane terbang yang dilingkari, dibuat tahun 1918. Merupakan bagian dari maskapai Jerman pertama, Deutsche Luftreederei GmbH (DLR), yang memulai penerbangannya tanggal 5 Februari 1919. Burung crane ini dirancang oleh Profesor Otto Firle. Tahun 1926 Lufthansa menggunakan simbol ini dari Aero Lloyd AG, yang bergabung dengan DLR tahun 1923. Pembuat nama Lufthansa yang asli dipercayai bernama F.A. Fischer von Puturzyn. Tahun 1925 ia menerbitkan bukut berjudul "Luft-Hansa" yang meneliti pilihan terhadap pembuat kebijakan penerbangan pada waktu itu. Luft Hansa adalah nama yang diberikan kepada maskapai baru itu yang menghasilkan pergabungan Junkers Luftverkehr AG dan Deutscher Aero Lloyd.

Armada
Lufthansa
Armada Lufthansa (tanpa anak perusahaan)
JenisDalam layananPesananPenumpang
FCY
Jumlah
Airbus A319-100253132132
Airbus A320-2004623168168
Airbus A320neo25
TBA
Airbus A321-10020200200
Airbus A321-200319200200
Airbus A321neo5
TBA
Airbus A330-300154848165221
Airbus A340-30026848165221
836197241
44222266
Airbus A340-60024860238306
Airbus A380-80089898420526
Boeing 737–30033141141
Boeing 737–50023121121
Boeing 747-40028880234322
866279353
852310370
Boeing 747-8I218880298386
Total28097
Lufthansa dan Lufthansa CityLine (subsidiari lainnya tidak dimasukkan) mengoperasikan pesawat berikut pada April 2008:
Armada Lufthansa
PesawatJumlahPenumpang
(Pertama/Bisnis*/Ekonomi)
RuteKeterangan
Airbus A319-10025126*Frankfurt dan Munich ke Jerman, Eropa, Afrika Utara
Airbus A320-20046
(30 pilihan – untuk seluruh Keluarga A320)
150*Frankfurt dan Munich ke Jerman, Eropa
Airbus A320 NEO25TBATBA
Airbus A321-100/20050
(2pesanan)
182*Frankfurt dan Munich ke Jerman, Eropa
Operator terbesar Airbus A321

Airbus A321 NEO5TBATBA
Airbus A330-30015
(3 pesanan)
221 (8/48/165)Frankfurt dan Munich ke Amerika Utara, Afrika, Timur Tengah dan Asia, juga digunakan di beberapa rute Frankfurt-Munich
Airbus A340-30026247 (8/42/197)Frankfurt dan Munich ke Amerika Utara, Afrika, Amerika Selatan, Timur Tengah dan Asia
Operator terbesar Airbus A340-300

Airbus A340-60024306 (8/60/238)Frankfurt dan Munich ke Amerika Utara, Asia, juga digunakan di beberapa rute Frankfurt-Munich
Airbus A380-8007
(8 pesanan)
(10 pilihan)
555]Frankfurt ke Amerika Utara, Asia, dan AfrikaBeroperasi: 2009
Avro RJ851893*Munich ke Jerman, EropaDioperasikan oleh Cityline
Boeing 737-30033127*Rute domestik Jerman, Eropa
Boeing 737-50030111*Rute domestik Jerman, Eropa dan Afrika Utara
Boeing 747-40030344 (16/66/270)Frankfurt ke Amerika Utara, Timur Tengah dan Asia
Boeing 747-82
(20 pesanan)
lebih dari 400 kursiFrankfurt ke Amerika Serikat(Dullas), AsiaPengguna pertama
Beroperasi: Maret 2012
Bombardier CRJ-100/2002650*Munich dan Frankfurt ke Jerman, EropaDioperasikan oleh Cityline
Bombardier CRJ-7002270*Munich dan Frankfurt ke Jerman, EropaDioperasikan oleh Cityline
Bombardier CRJ-90012
(15 orders)
84*Munich ke Jerman, EropaDioperasikan oleh Cityline
Embraer 190(30 pesanan)
Munich ke Jerman, EropaBeroperasi: 2008
*Kelas Pertama diberikan di beberapa penerbangan internasional.
*Jumlah kursi Kelas Bisnis pesawat jarak pendek sesuai permintaan.
Bulan Maret 2008, usia rata-rata armada Lufthansa adalah 12.8 tahun.

Lufthansa Cityline
Armada Lufthansa Cityline telah meliputi:
  • Avro RJ85: 18
  • Bombardier CRJ200: 26
  • Bombardier CRJ700: 20
  • Bombardier CRJ900: 12 (15 pesanan)
  • Embraer 190: (30 pesanan)
Lufthansa Cargo
Armada Lufthansa Cargo telah meliputi:
  • McDonnell Douglas MD-11F: 14
  • McDonnell Douglas MD-11SF: 5
Lufthansa memegang armada pesawat terbanyak ketiga di dunia dan merupakan operator pesawat non-Amerika terbesar.

Mantan Armada
Mantan Pesawat Lufthansa sejak 1965
JenisDimulaiDikeluarkan/dipensiunkanCatatan
Airbus A30019761984Originally had the A300B2 and A300B4 version.
Later added the A300 back to the fleet with the −600 series
19872009
Airbus A31019842005
Airbus A3191996
Airbus A3201989
Airbus A3211994
Airbus A330-20020022006
Airbus A330-3002004
Airbus A340-20019932006
Airbus A340-3001993
Airbus A340-6002003
Airbus A3802010
Boeing 70719601984juga dipakai untuk cargo
Boeing 72019611965
Boeing 72719641993
Boeing 737-10019681982Pengguna perdana
Boeing 737–20019811997
Boeing 737–3001986rencananya tahun 2016
Boeing 737–40019921998
Boeing 737–5001990rencananya tahun 2016
Boeing 747–10019701979juga dipakai untuk cargo
Boeing 747–20019712004juga dipakai untuk cargo
Boeing 747-4001989rencananya tahun 2014
Boeing 747-8 Intercontinental2012Pengguna perdana
Convair CV-340/44019551968Also used in cargo configuration
Lockheed Super Constellation/Starliner19551967
Douglas DC-319551960
Douglas DC-419581959Cargo aircraft (one leased aircraft)
Douglas DC-819681996Cargo aircraft
McDonnell Douglas DC-1019741994
McDonnell Douglas MD-111998Cargo aircraft
Vickers Viscount19581971Also used in cargo configuration

Site : http://www.lufthansa.com/id/en/homepage
Sumber : Wikipedia


Blog, Updated at: 10.27

Update

    Sering Dibaca