Dasar kerja rem hidrolik
Cara kerjanya adalah pijakan pada pedal rem oleh pengemudi di teruskan secara mekanik ke master silinder, sehingga cairan yang berada pada master silinder tertekan dan meneruskannya ke silinder roda untuk rem tromol ,dari silinder roda diteruskan ke kampas rem sehingga kampas rem menekan tromol dan memperlambat laju kendaraan, sedangkan untuk cakram dari master silinder diteruskan ke caliper.Komponen rem hidrolik :
- Pedal rem
- Master silinder
- Kabel fleksibel
- Silinder roda
- Napel udara
- Tabung reservoir
- Selang rem
Hukum pascal “bila mana tekanan diberikan kepada minyak pada ruangan tertutup maka tekanan tsb akan dipindahkan sama pada seluruh bidang”
Contoh : apabila pada piston A diberikan gaya 100kg, piston B akan mendapat gaya 100kg pula, jika kedua piston berukuran sama besar. Untuk memperbesar gaya adalah dengan memperbesar penampang piston B dan memperkecil penampang piston A, untuk memperkecil maka berlaku kebalikannya.