Airbus A350 XWB (eXtra Wide
Body) adalah keluarga pesawat jet berbadan lebar yang sedang
dikembangkan oleh produsen Eropa pesawat Airbus. A350 ini akan menjadi
Airbus pertama dengan struktur kedua sayap pesawat dibuat dari polimer
diperkuat serat karbon. pesawat ini akan membawa 270-350 penumpang di
tempat duduk kelas tiga, tergantung pada varian. Pada 15 Juni 2013,
Airbus A350 yang akan menjadi pesaing utama Boeing 787 Dreamliner ini
menjalani penerbangan uji coba perdana dari kota Toulouse ke Paris,
Perancis.
A350 pertama kali diumumkan pada tahun 2004 untuk menyaingi Boeing
787. Airbus awalnya merespon efisiensi yang dicanangkan Boeing dengan
menawarkan sebuah upgrade A330 dengan mesin baru dan perbaikan
aerodynamis untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Maskapai
penerbangan umumnya mengabaikan konsep dari Airbus yang memaksa Airbus
untuk mengembangkan turunan A330 yang lebih rumit dengan bodi pesaway
yang sama tetapi memakai komposit sayap dan ekor baru ditambah dengan
mesin yang lebih efisien bahan bakar. Hasil pertama A350 tampak hampir
sama dengan A330 secara eksternal tetapi pada dasarnya pesawat ini
adalah sebuah desain baru dan hanya memiliki 10% commonality (kesamaan
suku cadang) dengan Airbus sebelumnya.
Walaupun konsep A350 memenangkan beberapa pesanan, kebanyakan
pelanggan mengkritik karena sangat inferior dari pada Boeing 787 yang
telah membuat rekor dalam hal kecepatan pesanan. Pesanan yang sedikit
ini memaksa Airbus untuk meninggalkan desain lama
A350 dan merespon dengan pesawat yang lebih besar untuk bersaing dengan
777 dan 787. Desain baru ini disebut sebagai A350 XWB, untuk "Extra Wide Body,"
karena badan pesawatnya menjadi lebih lebar dari A330 dan 787 yang
memungkinkan tempat duduk per penumpang yang sedikit lebih lebar.
Perubahan utama lainnya dari desain A350 sebelumnya adalah XWB
menggunakan material komposit yang jauh lebih banyak sekitar lebih dari
setengah dari keseluruhan struktural pesawat. Kedua sayap dan badan
pesawat terdiri darikomposit ringan atau alloy aluminium
lithium, yang dipasangkan dengan mesin canggih dan perbaikan
aerodinamis yang canggih, menjanjikan perbaikan yang signifikan dalam
hal efisiensi bahan bakar jika dibandingkan dengan pesawat komersial
yang sudah ada. Airbus berharap untuk menyelesaikan rancangan pesawat
ini pada akhir tahun 2008 dalam persiapan untuk pembuatan model pesawat
uji-terbang pertama.
Desain baru A350 XWB telah terbukti jauh lebih populer dari A350 awal
dengan maskapai penerbangan dan telah didapatkan lebih dari 450 pesanan
pada Oktober 2008. Sebagian besar pesanan tersebut adalah untuk
A350-900, sedangkan A350-800 sedikit berada di bawahnya. Model A350-1000
yang lebih besar juga telah diluncurkan, serta model kargo jarak jauh
masih di bawah pertimbangan. Meskipun rencana awal untuk A350 terbang
pertama kali pada 2008 dan mulai beroperasi pada tahun 2010, tetapi
dengan adanya desain ulang XWB, program ini tertunda sekitar tiga tahun.
Rancangan awal dan akhir
Ketika Boeing mengumumkan program Boeing 787, katanya biaya operasi yang
lebih rendah dari pesawat ini akan membuatnya menjadi ancaman serius
terhadap Airbus A330
. Dalam pengumuman publik, Airbus awalnya menolak klaim ini, menyatakan
bahwa 787 itu sendiri hanya reaksi terhadap A330, dan bahwa tidak ada
respon yang dibutuhkan untuk 787. Tapi maskapai penerbangan Airbus
mendorong untuk memberikan pesaing, seperti Boeing telah melakukan 787
memiliki konsumsi bahan bakar yang lebih rendah 20% dari Boeing 767
.Menurut Bill Gunston dalam bukunya Airbus: Full History, Airbus awalnya
mengusulkan derivatif sederhana A330, dijuluki Lite Airbus A330,yang
akan menampilkan aerodinamis lebih baik dan mesin serupa dengan yang di
787. Perusahaan memutuskan untuk mengumumkan versi pada tahun 2004
Farnborough Airshow , tapi tidak melanjutkan.Pada tanggal 16 September
2004, maka presiden Airbus dan CEONoƫl Forgeard menegaskan bahwa sebuah
proyek baru yang berada di bawah pertimbangan selama pertemuan pribadi
yang diadakan dengan pelanggan prospektif.Tapi Forgeard tidak memberikan
nama proyek, dan tidak menyatakan apakah ini akan menjadi desain yang
sama sekali baru atau modifikasi produk yang sudah ada. Dia menunjukkan
bahwa Airbus akan menyelesaikan konsep perusahaan pada akhir tahun 2004,
mulai konsultasi dengan maskapai penerbangan pada awal tahun 2005, dan
bertujuan untuk meluncurkan program pembangunan baru pada akhir tahun
itu. Perusahaan penerbangan tidak puas, dan Airbus berkomitmen € 4
milyar untuk desain baru yang akan disebut A350 tersebut. Versi asli
dari A350 yang dangkal mirip A330 karena biasa, pesawat melintang dan
perakitan. Sebuah sayap baru, mesin dan horizontal stabilizer itu harus
ditambah dengan yang baru material komposit dan metode produksi yang
diterapkan pada pesawat untuk membuat A350 pada semua-baru pesawat
hampir. Pada tanggal 10 Desember 2004, dewan EADS dan BAE Systems , maka
pemegang saham Airbus, Airbus memberikan sebuah "otorisasi untuk
menawarkan (ATO)", dan secara resmi menamakannya A350. Pada tanggal 13
Juni 2005 di Paris Air Show , Maskapai penerbangan timur tengah, Qatar
Airways mengumumkan bahwa mereka telah memesan 60 pesawat A350. Pada
bulan September 2006, maskapai ini menandatangani nota kesepahaman
dengan General Electric untuk meluncurkan-GEnx 1A-72 untuk
pesawat.Emirates memutuskan untuk membuat pesanan untuk versi awal dari
A350 karena kelemahan dalam desain,tetapi sejak XWB A350 dipesan. 6
Oktober 2005, penuh dengan peluncuran program industri itu diumumkan
dengan estimasi biaya pengembangan sekitar € 3,5 miliar. Pada Hal ini
versi A350 itu direncanakan untuk menjadi 250 - untuk 300-kursi mesin
ganda -pesawat berbadan lebar berasal dari desain yang adaA330 . Dalam
program ini, A350 akan memiliki sayap dimodifikasi dan mesin baru,
sementara berbagi lintas pesawat yang sama-bagian sebagai pendahulunya.
Sebagai hasil dari desain yang kontroversial, pesawat adalah terutama
terdiri dari Al-Li , daripada -diperkuat serat karbon polimer (CFRP)
pesawat pada 787. Ini adalah untuk melihat masuk ke dalam layanan pada
tahun 2010 dalam dua versi: A350-kelas 800 mampu terbang 8.800 nm
(16.300 km) penumpang khas dengan kapasitas 253 3-kelas dalam
konfigurasi dan 300 kursi (3- ) A350-900 dengan jangkauan 7.500 nm
(13.900 km). Hal ini dirancang untuk menjadi pesaing langsung ke 787-9 ,
dan 777-200ER .
Varian
Ada tiga varian A350 dan semua diluncurkan pada tahun 2006. Pada
November 2011, A350-900 dijadwalkan untuk masuk layanan pada paruh
pertama 2014;. Maka -800 pada pertengahan 2016, dan -1000 pada tahun
2017 Semua varian juga akan ditawarkan sebagai jet perusahaan dengan
anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Airbus Executive and
Private Aviation.
Operator
- Emirates
- Vietnam Airlines
- Singapore Airlines
- China Airlines
- Ethiopian Airlines
- China Airlines
- Kingfisher Airlines (India)
- British Airways
- Aegean Airlines (Yunani)
Model | A350-800 | A350-900 | A350-900R | A350-900F | A350-1000 |
---|---|---|---|---|---|
Cockpit crew | Two | ||||
Seating, typical | 270 (3-class) 276–312 (2-class) 375 (1-class typical) 440 (maximum) |
314 (3-class) 315–366 (2-class) 420 (1-class typical) 475 (maximum) |
- | 350 (3-class) 369–412 (2-class) 475 (1-class typical) 550 (maximum) |
|
Overall length | 6.054 m (19,860 kaki) | 6.689 m (21,950 kaki) | 7.388 m (24,240 kaki) | ||
Wingspan | 648 m (2,130 kaki) | ||||
Wing area | 443 m² (4,770 ft²) | ~460 m² (5,000 ft²) | |||
Wing sweepback | 31.9° | ||||
Overall height | colspan
|
||||
Fuselage width | 596 m (1,960 kaki) | ||||
Fuselage height | 609 m (2,000 kaki) | ||||
Cabin width | 561 m (1,840 kaki) | ||||
Maximum takeoff weight | 259 t (571,000 lb) | 268 t (591,000 lb) | 298 t (657,000 lb) | 308 t (679,000 lb) | |
Maximum landing weight | 193 t (425,000 lb) | 205 t (452,000 lb) | 233 t (514,000 lb) | ||
Maximum zero fuel weight | 181 t (399,000 lb) | 192 t (423,000 lb) | 220 t (485,000 lb) | ||
Manufacturer's empty weight | 1.157 t (2,550,748.4 lb) | ||||
Maximum cargo capacity | 28 LD3 or 9 pallets | 36 LD3 or 11 pallets | 90 t (198,000 lb) | 44 LD3 or 14 pallets | |
Cruise speed | Mach 0.85 (903 km/h, 561 mph, 487 knots, at 40,000 ft/12.19 km) | ||||
Maximum cruise speed | Mach 0.89 (945 km/h, 587 mph, 510 knots, at 40,000 ft/12.19 km) | ||||
Maximum range (with passengers and baggage) |
15.700 km (8,480 nmi) | 15.000 km (8,100 nmi) | 19.100 km (10,300 nmi) | 9.250 km (4,990 nmi) Maximum cargo payload |
15.600 km (8,420 nmi) |
Maximum fuel capacity | 129.000 l (34,100 gal AS) | 138.000 l (36,500 gal AS) | 156.000 l (41,200 gal AS) | ||
Service ceiling | 43.100 kaki (13.1 km) | 43.100 kaki (13.1 km) | |||
Engines (2×) | RR Trent XWB | ||||
Maximum thrust capability | Templat:Convert/lbf | Templat:Convert/lbf | Templat:Convert/lbf | Templat:Convert/lbf | Templat:Convert/lbf |