Tips Menjaga Kesehatan di Masa Pandemi COVID-19

Posted by

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah  menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena virus ini sudah menyebar hampir keseluruh negara di dunia termasuk Indonesia. Pandemi COVID-19 di Indonesia membuat kita lebih sering beraktivitas dirumah saja seperti bekerja, belajar, hingga beribadah. Dengan harapan agar kita tidak terkena virus corona. Meskipun dirumah saja kita harus tetap menjaga kesehatan tubuh karena kesehatan tubuh sangat penting bagi kita.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan di masa pandemi:

1. Mencuci tangan 

Mencuci tangan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penularan atau penyebaran virus corona karena dengan mencuci tangan kita dapat menjaga kesehatan tubuh. Cuci tangan yang baik diawali dengan membasuh kedua telapak tangan menggunakan air. Lalu sabuni telapak tangan dan gosok seluruh permukaan kulit tangan, minimal selama 20 detik. Kemudian bilas hingga bersih dengan menggunakan air dan keringkan dengan kain bersih.

2. Mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang bergizi

Mengatur pola makan sangatlah penting untuk tubuh kita agar tetap sehat. Hal-hal yang harus diperhatikan yaitu makan tepat waktu dan memakan makanan bergizi yang mengandung 4 sehat 5 sempurna, seperti mengkonsumsi karbohidrat yang terdapat pada nasi, susu, kentang, roti, lauk pauk, buah-buahan, dan sayur-sayuran

3. Minum vitamin

Minum vitamin juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Vitamin C berperan untuk meningkatan kesehatan tubuh kita karena bisa mempercepat produksi sel darah putih yang berguna untuk melawan infeksi.

4. Mengkonsumsi air yang cukup

Mengkonsumsi air yang cukup idealnya setiap hari delapan gelas, karena tubuh kita membutuhkan cairan agar tidak dehidrasi. Apabila tubuh dehidrasi karena kekurangan minum, dapat menghilangkan daya kosentrasi.

5. Menjaga kebersihan lingkungan 

Membersihkan rumah denngan menggunakan diinsfektan untuk membersihkan benda yang disentuh seperti gagang pintu, remote, alat dapur, dan lain-lain.

6. Rajin berolahraga

Rajin berolahraga dengan melakukan olahraga ringan secara latihan sederhana, seperti push up yang dilakukan 10 kali setiap hari dan aerobik dengan panduan dari instruktur senam atau video.

7. Berpikir positif

Berpikir positif sangatlah penting bagi kesehatan. Karena pikiran buruk terhadap orang lain dan sekitar membuat kita menjadi stres sehingga berdampak bagi kesehatan tubuh.

Itulah cara menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19. Sudahkah kamu melakukan aktivitas di atas?

Sumber :suara.com


Blog, Updated at: 7:14 AM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.