Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen, dan Swab PCR

Posted by

Rapid Test Antibodi

Rapid Test Antibodi adalah tes diagnostik cepat Covid-19 untuk mendeteksi keberadaan antibodi dalam darah. Ketika terinfeksi virus Corona penyebab Covid-19, tubuh akan menghasilkan antibodi dalam beberapa hari atau pekan kemudian.

Tes ini tidak menunjukkan apakah seseorang saat ini sedang terinfeksi. Namun, metode ini adalah cara yang baik jika ingin melacak penyebaran Covid-19 dalam suatu populasi.

Hasil tes dari Rapid Test Antibodi ini membutuhkan waktu sekitar 5 sampai 10 menit dengan tingkat akurasi yang paling rendah, yaitu sekitar 18%. Rapid Test Antibodi membutuhkan sampel darah dari ujung jari atau pembuluh vena. Harga yang dipatok untuk tes ini paling tinggi sebesar Rp150.000. 

Rapid Test Antigen

Rapid tes antigen adalah tes diagnostik cepat Covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen atau benda asing, seperti virus yang masuk ke dalam tubuh. Antigen akan terdeteksi ketika virus aktif bereplikasi.

Rapid Test Antigen cocok dilakukan ketika orang baru saja terinfeksi. Sebelum antibodi muncul untuk melawan virus yang masuk ke tubuh, ada peran antigen yang bertugas mempelajarinya.

Rapid Test Antigen membutuhkan sampel lendir dari dalam hidung atau tenggorokan. Lamanya hasil tes ini membutuhkan waktu sekitar 30 menit dengan tingkat keakuratan sedikit di bawah Swab PCR, yaitu sekitar 80%. Harga yang dipatok untuk Rapid Test Antigen yaitu sebesar Rp250.000 untuk pulau Jawa dan Rp275.000 untuk pulau di luar Jawa.

Swab PCR

Tes Swab PCR adalah metode untuk mendeteksi adanya pola genetik, atau DNA dan RNA dari suatu sel, kuman, atau virus, termasuk virus Corona yang menjadi penyebab Covid-19. Tes ini merupakan rekomendasi yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tes Swab PCR digunakan untuk mendeteksi penyakit dengan cara mencari jejak materi genetik virus pada sampel yang dikumpulkan. Sampelnya sendiri berasal dari lendir di dalam hidung atau tenggorokan.

Hasil dari tes Swab PCR membutuhkan waktu yang lebih lama dibanding dua tes lainnya, yaitu setidaknya 1 sampai 2 hari setelah sampel diterima di laboratorium. Tingkat akurasi tes ini adalah yang paling tinggi, yaitu di atas 90%. Untuk harga yang harus dibayar, tes Swab PCR ini dipatok dengan harga maksimal Rp900.000.

sumber :merdeka.com


Blog, Updated at: 6:36 AM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.