Cara Mengatasi Diare Secara Alami

Posted by

gbr org DiareDiare adalah penyakit yang tidak asing dijumpai. Penyakit ini tidak mengenal usia. Anak-anak maupun orang dewasa bisa terjangkit diare. Diare bisa disebabkan karena makanan dan cuaca/ udara dingin. Makanan pedas dan makanan yang tidak hygienis yang kita makan bisa memicu terjadinya diare. Jangan pernah menyepelekan penyakit yang satu ini.  Jika penanganannya tidak segera dilakukan bisa menyebabkan hal yang fatal. Untuk itu sangat penting mengetahui cara mengatasi diare dengan cepat agar diare tidak semakin parah.

Beberapa cara mengatasi diare secara alami yang bisa Anda lakukan saat terserang diare :

Cara Alami Mengobati Diare

1. Minum air putih

Pada saat terjadi diare, tubuh akan kehilangan banyak cairan karena penderita akan sering berak, kadang juga disertai muntah. Untuk menghindari kekurangan cairan diperlukan cairan yang banyak. Minum air putih sebanyak mungkin sangat membantu tubuh terhindar dari kekurangan cairan (dehidrasi).

2. Oralit

Oralit adalah cairan elektrolit yang bisa membantu tubuh mengatasi kekurangan cairan yang terbuang saat diare. Oralit merupakan campuran garam elektrolit, seperti natrium clorida ( NaCL ), kalium klorida ( KCL ) dan trisodium sitrat hidrat, serta glukosa anhidrat. Minumlah sesegera mungkin untuk mengatasi diare. Cara pembuatan oralit ini sangat mudah. Jadi Anda bisa membuatnya sendiri atau jika tidak mau repot, tinggal beli di apotik.

3. Istirahat

Sangat dianjurkan istirahat yang cukup. Dengan istirahat maka sistem percernaan dapat memulihkan diri dan sedia pada waktunya. Istirahat yang cukup dapat menolong menyembuhkan diare yang Anda alami.

4. Kunyit

Kunyit sudah terkenal khasiatnya terutama untuk mengatasi berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Salah satunya untuk mengatasi diare secara alami. Caranya mudah. Cukup dengan mencampurkan 1 sendok teh kunyit dengan air hangat. Minum secara teratur sampai gejala berakhir. Kunyit dapat menenangkan perut, menyeimbangkan sistem pencernaan, dan menambah flora sehat di usus.
Beberapa cara diatas bisa Anda gunakan untuk mengatasi diare pada anak maupun mengatasi diare pada orang dewasa. Jadi jika Anda atau anggota keluarga yang lain terserang diare, Segera lakukan langkah-langkah diatas untuk mengatasi diare. Jika gejala masih berlanjut, segera periksakan ke dokter.


Blog, Updated at: 6:50 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.