Tips Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Posted by

Bibir merupakan salah satu bagian tubuh kita yang sangat penting, selain mempunyai fungsi untuk berbicara bibir juga dapat menambah kecantikan anda. Tahukah anda, sebenarnya bibir kita ditutupi oleh lapisan kulit yang sangat halus. Nah pada lapisan itulah bibir kita rentan terhadap segala jenis kerusakan, entah itu bibir kering, pecah-pecah, maupun mengelupas. Apabila tidak segera diatasi maka akan semakin parah dan dapat mengganggu penampilan anda tentunya.

Pada umumnya bibir yang mengalami pecah-pecah dan kering tersebut dikarenakan oleh beberapa faktor. Salah satunya yakni tubuh anda mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Tentu saja hal tersebut berdampak langsung pada kesehatan bibir anda, karena saat anda dehidrasi maka bibir akan kering. Namun selain itu masih banyak lagi faktor yang menyebabkan bibir anda menjadi kering. Berikut ini beberapa faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

  • Kebiasaan menjilat bibir
  • Menkonsumsi makanan yang terlalu asin atau asam
  • Kurang mengkonsumsi buah dan sayur
  • Tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan
  • Mengkonsumsi kopi
  • Penggunaan pasta gigi yang mengandung banyak detergen
  • Perubahan suhu alam
  • Penggunaan lipstik yang tidak cocok
  • Beraktifitas dalam ruangan ber-AC
  • Dan sebagainya

Cara mengatasi bibir kering secara alami
A. Perawatan Dari Dalam
1. Konsumsi buah dan sayuran
Ada banyak sekali buah-buahan yang mengandung banyak air dan vitamin, selain itu juga banyak sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk membuat bibir sehat dari dalam. Untuk itu pastikan anda mengkonsumsi buah dan sayuran setiap harinya agar terhindar dari masalah bibir kering, pecah-pecah, dan juga mengelupas.

2. Konsumsi air putih
Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, salah satu penyebab bibir kering yakni karena tubuh anda mengalami dehidrasi. Jadi untuk mengatasi dan menghindari bibir kering pastikan tubuh anda tetap terhidrasi, caranya yakni mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya. Selain mengatasi bibir kering cara ini juga dapat menjaga kesehatan dan memperlancar pencernaan tubuh anda.

B. Perawatan Dari Luar
1. Scrub bibir
Caranya yakni dengan menggunakan campuran gula pasir dan minyak zaitun sebagai scrub alami. Setelahkedua bahan tersebut tercampur rata kemudian usapkan pada bibir anda secara lembut dan perlahan, dan yang terakhir yakni bilas bibir anda. Cara ini dapat membantu pengelupasan sel kulit mati pada bibir.

2. Minyak kelapa
Caranya yakni dengan mengoleskan minyak kelapa setiap kali bibir anda mengalami kering. Kandungan asam lemak dalam minyak kelapa tersebut mampu melembabkan bibir anda dengan cepat, selain itu juga dapat mengatasi bibir yang gelap. Anda juga dapat menggunakan mentega sebagai pengganti minyak kelapa.

3. Madu
Caranya yakni dengan mengoleskan setetes madu pada bibir anda. Selain bermanfaat untuk kesehatan, madu ini juga dapat melembabkan bibir anda yang kering serta pecah.

4. Wortel
Caranya yakni dengan memarut wortel secukupnya kemudian saring dan ambil ampasnya. Setelah itu gunakan ampas wortel tersebut untuk dioleskan pada bibir anda. Lakukan cara ini setiap hari agar bibir kering anda cepat teratasi.

5. Lemon dan madu
Caranya yakni dengan mencampurkan beberapa tetes madu dengan air perasan lemon. Setelah itu oleskan pada bibir anda, untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda dapat melakukan cara ini dua kali sehari. Dengan cara ini maka sel-sel kulit mati yang menumpuk dibibir akan hilang.

6. Minyak zaitun
Caranya sangat gampang, yakni dengan mengoleskan sedikit minyak zaitun pada bibir anda kemudian lakukan pemijatan secara lembut dan perlahan. Anda dapat menerapkan cara ini setiap harinya agar bibir tampak lembab setiap hari.

7. Lip Balm
Anda dapat menggunakan lip balm dengan kualitas terbaik untuk membantu menjaga bibir terlindungi dari udara dingin, panas, dan udara kering.

8. Mentimun
Caranya cukup gampang, yakni dengan mengoleskan irisan timun pada bibir anda. Buah yang satu ini mengandung banyak air dan juga vitamin C, sehingga mampu mengatasi bibir kering. Anda dapat melakukan cara ini dua kali sehari agar hasilnya lebih maksimal. Selain mengoleskannya, anda juga dapat mengkonsumsinya, karena buah mentimun mengandung banyak air sehingga mencegah dehidrasi dan bibir kering.
Sumber


Blog, Updated at: 6:54 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.