Proses Pembuatan Kaca Mobil

Posted by

Disetiap kendaraan umum baik bis, minibis, truck atau kendaraan roda empat lainnya pastinya menemui material kaca. Karena kaca sendiri memang banyak diaplikasikan tidak hanya di kendaraan melainkan di semua barang – barang rumah tangga, bangunan dan lainnya. Tapi kali ini kami mencoba membahas bagai mana cara membuat kaca kendaraan.
Sebelum bicara lebih jauh mengenai proses pembuatan / pembentukan kaca baiknya kita mengenal beberapa bentuk Kaca dan jenisnya. Model – model kaca ada beberapa jenis antara lain Kaca Flat dan Kaca Radius  (lengkung), Kaca radius masih dibagi menjadi kaca single radius dan kaca multy radius.
Selain itu jenis-jenis kaca terbagi menjadi tempered glass, laminate glass, nah mari kita bahas satu persatu. Kita mulai dengan jenis kaca yang biasa di gunakan di kendaraan sebagai berikut:
1. Tempered Glass / Kaca temper
Tempered Glass adalah kaca yang telah melalui proses pemanasan ( Titik leleh kaca sekitar 2000 Dearajat celcius) dan proses pendinginannya secara tiba -tiba, kaca ini pertama kali di temukan oleh Prince Rupert’s Drop meskipun masih diperbincangkan siapa penemu pertamanya.
Keunggulan Kaca Tempered adalah selain Kuat (5 – 4 kali kekuatannya di banding kaca umumnya), Tahan Panas, lebih awet dan Cocok untuk di aplikasikan di kendaraan karena kaca tempered jika terpecah akan menjadi pecahan kecil seperti kerikil sehingga mengurangi resiko bahaya penumpang. Penggunaan Kaca tempered (tanpa laminasi) biasanya di kaca samping dan kaca belakang kendaraan.
2. Laminated Glass / Kaca Laminasi
Laminated Glass adalah pengembangan dari teknologi kaca dimana untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan terutama jika aplikasi kaca laminasi untuk kendaraan.
Laminated Glass merupakan penggabungan 2 lapis kaca atau lebih yang di antara lapisan kaca terdapat lapisan PVB (Polyvinyl butyral), Biasanya kaca berlaminasi berwarna biru atau hijau tapi saat ini banyak pilihan warna laminasi sehingga lebih menarik.
Jika Laminated Glass atau Kaca laminasi pecah maka potongan kaca / pecahan kaca tidak akan tersebar hal inilah yang membuat Laminated Glass sangat aman di gunakan di kendaraan, Biasanya Laminated Glass diaplikasi di Kaca depan Kendaraan.
Laminated Glass
Ada dua alasan mengapa kaca kendaraan tidak diberi lapisan laminasi antara lain:

1. Biaya: Untuk membuat kaca berlaminasi dibutuhkan biaya yang lebih mahal di banding tempered Glass. jika semua kendaraan menggunakan laminated glass secara otomatis harga kendaraan juga semakin mahal.
2. Darurat: Tidak menutup kemungkinan terjadi kecelakaan lalu lintas dijalan, Jika semua kaca kendaraan di lapisi laminasi maka kaca tidak dapat dipecahkan. Oleh karena itu kaca samping dan belakang tidak menggunakan Laminated Glass karena alasan kondisi darurat jika terjadi kecelakaan sehingga kaca mudah di pecahkan.
Nah itu tadi jenis- jenis kaca Temper dan kaca Laminasi, kemudian di kendaraan ada beberapa model kaca baik kaca flat / datar dan kaca Radius.
Dalam pembentukan Kaca baik Kaca Flat atau Kaca Radius sebenarnya hanyalah pengaturan temperatur dan proses pendinginan saja.
Kaca terbentuk dari beberapa campuran Pasir silika (Silica Sand), Batu Kapur (Limestone), Soda Abu (Soda Ash),  Dolomite dan Glass Cullute yang dilebur menjadi satu. Nah pada saat proses pencetakan yang perlu di perhatikan adalah proses pendinginan karena untuk membuat kaca bener-benar Flat / datar harus menjaga temperatur di permukaan kaca Sama / Stabil secara merata. Karena jika proses pendinginan kaca di permukaan tidak sama, maka kaca tidak akan bisa datar.


Blog, Updated at: 06.04

Update

    Sering Dibaca