Review Honda Vario Techno 125 CBS

Posted by

Idling Stop Sistem


Honda Vario Techno 125 CBS
Honda Vario Techno 125 CBS mempunyai kelebihan yang dilengkapi dengan idling stop sistem (ISS). Feature ini pada mulanya telah diaplikasikan pada honda PCX 150. Langkah kerjanya juga sama, tak ada perbedaan. Feature ini sangat mungkin mesin motor bakal mati dengan cara automatis saat situasi mesin hidup serta posisi berhenti kian lebih 3 detik, serta hidup lagi sesudah tuas gas di buka. Hal semacam ini benar-benar berguna pada waktu berhenti dilampu merah serta lebih menghemat bahan bakar.

Perbedaan pada vario techno dengan Vario techno yang telah dilengkapi ISS yaitu terdapat pada Engine Control Module (ECM). Pada Vario Techno 125 CBS yang dilengkapi ISS, ECMnya mempunyai program yang tidak sama dengan varian pada awalnya. Di sebabkan pekerjaan ECM jadi tambah dengan terima sinyal-sinyal dari tiap-tiap sensor serta bakal mengolah data-data yang dibutuhkan untuk mengaktifkan idling stop sistem. Komponen lain yang tidak sama yakni kabel body, lantaran perubahan ECM serta menaikkan jalur kabel ke lampu indikator di speedometer serta switch idling stop sistem. Speedometer juga terang tidak sama, lantaran telah dilengkapi dengan lampu indikator (stand-by indikator) atau indikator pengingat ISS

Komponen-komponen Idling Stop System

Honda Vario Techno 125 CBS

Terdapat banyak sensor yang mensupport kerja dari ISS, yakni :


  • Idling Stop Switch, berperan untuk mengaktifkan serta menonaktifkan manfaat ISS
  • Stand by indicator, berperan berikan info kerja ISS
  • Engine Coolant Temperature Sensor (ECT Sensor), berperan untuk mendeteksi suhu mesin
  • Vehicle Speed Sensor (VS Sensor), berperan untuk mendeteksi kecepatan kendaraan
  • Throttle Position Sensor (TP Sensor), berperan untuk mendeteksi pojok pembukaan katup gas
  • Engine Control Module (ECM), berperan untuk mematikan serta menghidupkan mesin
  • ACG Starter, berperan untuk memutarkan mesin


Langkah Kerja Idling Stop System

Langkah Kerja Idling Stop System Honda Vario Techno 125 CBS

ISS bakal bekerja bila sudah penuhi sebagian prasyarat tersebut :


  • Idle stop switch posisi ON
  • Suhu mesin di atas 60 derajat celcius
  • Kendaraan tealh jalan dengan kecepatan kian lebih 10 km/jam serta mesin idle kian lebih 3 detik pada keadaan kendaraan tak berjalan

Pada waktu ECM mendeteksi bahwasanya throttle pada posisi menutup serta mesin idle kian lebih 3 detik pada keadaan kecepatan 0 km/jam, maka ECM bakal menghentikan injeksi bahan bakar hingga mesin mati serta menghidupkan stand by indikator (berkedip) untuk memberitahukan pada ingindara bahwasanya ISS aktif.

Saat throttle buka kian lebih 0 derajat, maka ECM bakal menghidupkan ACG starter serta meneruskan injeksi bahan bakar, hingga mesin bakal menyala lagi. Lampu stand by indikator juga di buat OFF/mati untuk memberikan bahwasanya ISS sudah OFF. Jeda pada tuas gas mulai diputar hingga mesin hidup lagi seputar 0, 9 detik.

Itulah ulasan mengenai  Idling Stop Sistem pada Honda Vario Techno 125 CBS


Blog, Updated at: 09.21

Update

    Sering Dibaca