Berebutan Tiket Terakhir ke Olimpiade Paris, Indonesia Mengintip Kekuatan Guinea U23

Posted by

Skuad Timnas Guinea U-23 yang akan dihadapi Timnas Indonesia pada babak playoff memperebutkan satu tiket ke Olimpiade Paris. (Jawapos.com)

Perebutan tiket terakhir menuju Olimpiade Paris 2024 akan mempertemukan antara Timnas Indonesia melawan Guinea U23  pada laga play-off. Pertandingan tersebut akan dihelat di Centre National du Football de Clairefontaine, Perancis, pada Kamis (9/5/2024). Hal tersebut disebabkan kekalahan Timnas Indonesia U23 dari Irak 1-2 pada perebutan tempat ke-3 Piala Asia U23 2024. Begitu juga Guinea, Guinea adalah tim peringkat keempat di turnamen Piala Afrika U23 2023. Pada laga perebutan peringkat ke-3 di turnamen tersebut Guinea kalah dari Mali.

Oleh sebeb  itu tiket terakhir lolos ke Olimpiade Paris akan diperebutkan antara Indonesia dan Guinea. Bagaimana kekuatan timnas Guinea U23? Baca dan simak data-datanya dibawah ini.

Kekuatan Guinea U23 

Pada peringkat FIFA Guinea jauh diatas Indonesia, Guinea pada peringkat 74 dunia sedangkan Indonesia berada pada peringkat 134 dunia.Guinea adalah salah satu negara di Afrika Barat yang terdiri dari 24 suku-etnis dan sekitar 80 persen penduduknya beragama Islam. Selain itu, Negara yang pernah menjadi jajahan Perancis ini bentuk wilayahnya seperti bulan sabit berbatasan langsung dengan Samudra Atlantik. Negara tetangga Guinea antara lain seperti Sierra Leone, Liberia, dan Pantai Gading yang terkenal dengan pemain sepakbola handal yang banyak bermain di Liga Eropa. Tim asuhan Kaba Diawara bukanlah tim yang mudah dikalahkan. Diawara adalah mantan pemain Arsenal, Marseille, Paris Saint Germain (PSG), dan beberapa klun Premier League dan Ligue 1 Perancis lainnya.

Tim Guinea U23 diisi oleh pemain yang rata-rata bermain diluar negeri terutama di kompetisi sepak bola Eropa dan paling banyak di liga Perancis.

Algassime Bah adalah pemain yang perlu diwaspadai Indonesia, sebab penampilannya yang luar biasa  bersama Olympiacos B pada musim ini. Walaupun masih berusia 21 tahun, penyerang ini mampu mencetak 11 gol dan dua assist untuk klubnya di musim ini.

Bersama tim Guinea U23, Algassime Bah telah menyumbang tiga gol dari sembilan laga. Saat ini sepak bola Guinea sedang naik daun dan prestasi yang sedang menanjak

Berikut daftar pemain Guinea U23

1. Perancis: Elhadj Bah (USL Dunkerque) Ousmane Camara (FC Annecy) Madiou Keita (AJ Auxerre) Lassana Diakhaby (Valenciennes FC U19)

2. Turkiye: Sekou Tidiany Bangoura (Tuzlaspor) Ibrahima Fofana (Kocaelispor) Naby Oulare (Boluspor)

3. Yunani: Algassime Bah (Olympiacos) Aguibou Camara (Atromitos Athens)

4. Belgia: Mohamed Soumah (KAA Gent) Cheick Thiam (Beerschot V.A.)

5. Swiss: Sahmkou Camara (FC Stade-Lausanne-Ouchy)

6.Austria: Sandali Cond (SV Stripfing)

7. Azerbaijan: Salifou Soumah (Zira FC)

8. Spanyol: Selu Diallo (Deportivo Alaves)

9. Kosovo: Mohamed Diaby (KF Trepca 89)

10. Qatar: Naby Camara (Al-Waab SC)

11. Tunisia: Fode Camara (CS Sfaxien)

12. Irak: Ousmane Kokoe Coumbass (Al-Shorta SC)

13. Jerman: Momo Cisse (Stuttgart II). Meski demikian, kontraknya telah berakhir sejak Januari 2024

Pada kejuaraan Piala Afrika U23 2023, Guinea berada di Grup A bersama Maroko, Ghana, dan Kongo. Pada turnamen tersebut Guinea yang merupakan tim debutan dan mampu lolos ke semifinal sebagai runner-up. Perjuangan mereka terhenti di babak semifinal Piala Afrika U23 saat dikalahkan  Mesir dengan skor 0-1. Pada perebutan tempat ketiga, Guinea kalah melalui adu penalti dengan Mali, dengan skor 4-3. Jika dilihat dari kekuatan tim Guinea, Sin Tae Yong pasti mempunyai strategi khusus untuk memenangkan pertandingan saat melawan Guinea.

Foto : riaupos.jawapos.com/


Blog, Updated at: 7:52 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.