Apa itu TOEIC?

Posted by

How to Ace Every Section of the TOEIC and Supercharge Your Career | FluentU  Business English Blog

A. Penjelasan TOEIC

Test of English for International Communication atau sering disingkat TOEIC merupakan tes yang didesain untuk mengukur kemampuan penggunaan bahasa Inggris sehari-hari para pekerja atau karyawan yang bekerja di lingkungan global.
Tes ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja sehingga isi tesnya pun diambil dari berbagai tempat di seluruh dunia di mana bahasa Inggris dipakai di tempat kerja tersebut. TOEIC lahir atas prakarsa Yasuo Kitaoka yang pada tahun 1970an meminta bantuan ETS untuk mengadakan tes kompetensi bahasa Inggris bagi pekerja di Jepang.

B. Format tes TOEIC

  1. Listening dan Reading
Tes ini terdiri dari 200 soal pilihan ganda dan berlangsung selama 2 jam. Tes Listening terdiri dari 4 bagian berjumlah 100 soal dan belangsung selama 45 menit. Sedangkan Reading, yang menguji kemampuan kita dalam memahami text text bahasa Inggirs, terdiri dari 3 bagian sejumlah 100 soal dan tes ini berlangsung selama 75 menit.
Pada sesi Listening, peserta tes akan mendengarkan percakapan dan pertanyaan-pertanyaan mengenai pertanyaan tersebut, diantaranya dalam bentuk gambar, pertanyaan dan responnya, percakapan, dan monolog sederhana.
Pada sesi Reading, peserta tes akan membaca teks dan mengerjakan soal dalam bentuk melengkapi kalimat, mengidentifikasi kesalahan dalam sebuah teks, dan pemahaman bacaan.
  1. Speaking dan Writing
Tes Speaking berisi 11 pertanyaan yang berlangsung selama kurang lebih 20 menit. Tes Speaking ini berfokus pada pronunciation, vocabulary, grammar, dan fluency. Sedangkan tes Writing berisi 8 pertanyaan dan berlangsung selama 60 menit

C. Skor TOEIC

  1. Listening dan Reading
Tes Listening dan Reading memiliki skor rata rata 5-495 point. Skor Listening dan Reading tersebut digabungkan dan akan menghasilkan skor total antara 10-990. Pembagian skor Listening dan Reading ini ditandai dengan  5 warna berbeda, yaitu:
Oranye      : 10-215
Coklat        : 220-465
Hijau         : 470-725
Biru           : 730-850
Emas         : 855-990

  1. Speaking dan Writing
Skor tes Speaking adalah:
Pertanyaan 1–9 skornya 0–3.
Pertanyaan 10–11 skornya 0–5.
Skor total: 0–200.
Ada 8 skala level kemampuan dalam speaking

Skor tes writing
Pertanyaan1–5 skornya 0–3.
Pertanyaan 6–7 skornya 0–4.
Pertanyaan  8 skornya 0–5.
Jumlah skor total: 0–200.
Ada 9 skala level kemampuan dalalm writing

D. Sertifikat TOEIC

Nilai TOEIC dapat berlaku selama 2 tahun setelah pengambilan tes.

Demikian cerita artikel kali ini mengenai Informasi TOEIC – Mengenai Penjelasan, Format Skor Dan Format Sertifikat Kelulusan Dalam Mengikuti Ujian TOEIC.
Semoga bermanfaat.
www.ilmubahasainggris.com


Blog, Updated at: 6:26 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.