Sekilas Tentang Air Traffic Controller(ATC)

Posted by

Air Traffic Controller (ATC) atau yang di bahasa Indonesia disebut dengan Pemandu Lalu Lintas Udara adalah profesi yang bertugas sebagai pengatur lalu lintas udara terutama untuk pesawat udara agar jarak antar pesawat tidak berdekatan, mencegah tabrakan antar pesawat dan mencegah adanya rintangan pada pesawat ketika sedang beroperasi.
Selain itu, ATC juga bertugas sebagai pengatur kelancaran lalu lintas udara, membantu  pilot mengendalikan keadaan darurat dan juga memberikan informasi yang diperlukan oleh pilot.

Cara Kerja ATC

ATC melakukan pengaturan lalu lintas udara di menara untuk Aerodome Control Towersupaya dapat melihat secara jelas keadaan runway/landas pacu. Sedangkan Approach Control Unit dan Area Control Centre ada di ruangan yang letaknya dekat dengan menara supaya dapat melakukan koordinasi dengan mudah.
Sedangkan untuk bagian pelayanannnya, berdasarkan International Civil Aviation Organization (ICAO), 1998, Pelayanan Lalu Lintas Udara terbagi menjadi 3 bagian yaitu:
1. Pelayanan Pengendalian Lalu Lintas Udara (Air Traffic Control Service), pada ruang udara terkontrol (Controlled Airspace) yaitu:
  • Aerodrome Control Service
Tugasnya adalah memberikan layanan Air Traffic Control Service, dan Flight Information Service, dan Alerting Service, yang diperuntukan untuk pesawat terbang yang sedang beroperasi. Semua tugas itu dikerjakan dari menara pengawas (control Tower). Unit yang mengurusi pelayanan ini disebut dengan Aerodrome Control Tower (ADC).
  • Approach Control Service
Tugasnya adalah memberikan layanan Air Traffic Control Service, Flight Information Service , dan Alerting Service. Dimana pelayanan ini diberikan kepada pilot yang akan atau sedang melakukan penerbangan. Terutama bagi penerbangan yang sedang beroperasi terbang instrument (suatu penerbangan yang mengikuti peraturan penerbangan instrument atau yang dikenal dengan Instrument Flight Rule (IFR)). Unit yang mengurusi pelayanan ini disebut dengan Approach Control Office (APP).
  • Area Control Service
Tugasnya adalah memberikan layanan Air Traffic Control Service, Flight Information Service yang dimana diberikan kepada pilot yang saat itu sedang menjelajah (en-route flight) terutama untuk yang termasuk penerbangan terkontrol (Controlled Flights). Unit yang mengurusi pelayanan ini disebut dengan Area Control Centre (ACC).
2. Pelayanan Informasi Tentang Penerbangan (Flight Information Service)
Tugasnya adalah memberikan berita dan informasi yang berguna juga bermanfaat untuk keselamatan, keamanan, dan efisiensi untuk penerbangan.
3. Pelayanan Keadaan Darurat (Alerting Service)
Tugasnya adalah memberitahukan instansi yang terkait mengenai pesawat yang membutuhkan bantuan search and rescue unit dan membantu instansi tersebut jika diperlukan.
Demikianlah sekilas pengetahuan tentang polisi lalu lintas udara atau yang lebih sering disebut sebagai Air Traffic Control (ATC), Semoga Bermanfaat !


Blog, Updated at: 7:19 AM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.