Cara Menggunakan Instagram Untuk Pemula

Posted by

Instagram adalah aplikasi foto untuk pengguna Android dan iOS yang mempunyai fitur filter digital, yaitu sebuah fitur yang memungkinkan para penggunannya untuk langsung mengedit foto yang berhasil dijepret. Tak hanya sebagai aplikasi foto, Instragram juga menyediakan fasilitas untuk Anda yang ingin membagikan foto, dan fasilitas tersebut dinamakan sebagai jejaring sosial Instagram.

Jadi bisa disimpulkan bahwa Aplikasi Instagram ini memiliki dua kegunaan, yang pertama adalah sebagai aplikasi yang berguna untuk menambahkan efek foto, dan yang kedua sebagai tempat untuk membagikan foto Anda.

Dan bisa dibilang Instagram merupakan salah satu apliasi yang paling diminati saat ini, khususnya untuk pengguna smartphone Android, mereka berbondong-bondong untuk download dan install aplikas Instagram.

Namun yang jadi masalah adalah banyak teman-teman kita yang masih bingung cara menggunakan instagram itu seperti apa ? dan di artikel inilah saya akan menjelaskannya secara lengkap agar nantinya buat Anda yang baru pertama menggunakan aplikasi Instagram (pemula) tetap bisa mengikuti panduan ini dengan mudah.

CARA MENGGUNAKAN INSTAGRAM


Untuk bisa menggunakan Instagram tentu sebelumnya Anda harus membuat atau mendaftar akun di Instagram terlebih dahulu, jika belum mempunyai akun maka silahkan Anda buat terlebih dahulu,Oke saya anggap Anda sudah mempunyai minimal 1 Akun Instagram, maka selanjutnya kita akan belajar bagaimana menanfattkan atau menggunakan Instagram yang baik.

  1. Cara Menambahkan Efek Foto

    Sejauh yang saya tahu, instagram kini telah memiliki lebih 19 Efek foto yang terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, dan masih banyak lagi lainnya. Intinya efek tersebut selalu mempunyai fitur yang berbeda, dan bukan tidak mungkin untuk update selanjuntya, Instagram akan menambah fitur efek foto baru.

    Karena banyaknya efek foto yang tersedia, membuat para penggunanya betah untuk berlama-lama menggunakan Instagram dengan tujuan untuk mencoba satu per satu efek foto.
  2. Cara Mengunggah Foto Instagram

    Setelah selesai mengambil foto dan melakukan sedikit pengeditan, tentu saya yakin Anda sudah tidak sabar untuk mengunggah dan membagikannya kepada khalayak umum bukan ? nah, ketika membagikan maka ada 3 Hal yang perlu Anda isi yaitu :
    • Judul Foto

      Anda diwajibkan untuk memberi nama foto yang nantinya akan Anda bagikan tersebut, pastikan memberi judul pada foto Anda semenarik mungkin agar banyak orang yang tertarik dan dengan ikhlas memencet tombol like.
    • Label Foto

      Gunakan label yang singkat, jelas dan yang terpenting adalah digunakan banyak orang, tujuannya adalah agar foto Anda tersebut mudah untuk dicari oleh semua orang.
    • Geotagging

      Setelah memberi judul dan label, maka langkah terakhir adalah proses geotagging atau pemberian geotag pada foto tersebut. Proses ini berjalan otomatis dengan catatn GPS yang ada di smartphone Anda sedang aktif.

    Setelah melalui tiga proses tersebut maka foto yang berhasil Anda jepret maka siap untuk dibagikan kepada umum, dan asyiknya, Instagram juga memiliki fitur yang berguna untuk membagikan foto Anda tidak hanya di Instagram, namun di jejaring sosial lain seperti Facebook atau Twitter.
  3. Cara Mencari Follower Instagram

    Mencari follower di Instagram sejujurnya bukan sesuatu yang susah, selama Anda tau triknya. Saya yakin Anda pernah melihat sebuah akun Instagram dengan jumlah followers ribuan bahkan jutaan. Nah, dari situ kita bisa belajar bagaimana akun-akun tersebut mampu menarik orang-orang untuk menjadi followernya.

    Saya pernah melakukan penelitian pada akun dengan jumlah followers 3 juta, dan dari akun tersebut saya belajar banyak bagaimana cara mendapatkan atau menambah followers, ternyata sederhana, karena yang perlu kita lakukan hanyalah mencari tahu apa yang sedang diminati para pengguna instagram.
Jujur saja sebenarnya masih banyak fitur menarik yang ada di Instagram, namun ketiga fitur diataslah yang saya anggap paling penting untuk Anda ketahui. Dan selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara menggunakan Instagram di PC (komputer / laptop).

CARA MENGGUNAKAN AKUN INSTAGRAM DI LAPTOP


Tidak hanya pengguna smarpthone yang bisa menikmati Instagram, bahkan pengguna Laptop atau Komputer sekalipun tetap bisa menggunakan Instagram, namun hanya sekedar untuk Login dan melihat foto saka, tidak bisa untuk mendaftar atau membuat akun Instagram baru.

Jika tertarik berikut panduan untuk menggunakan instagram dari Laptop

  1. Silahkan Anda kunjungi Instagram.com
    Cara Menggunakan Instagram 1

    Situs atau jejaring sosial Instagram terbilang ringan, karena memang sebenarnya situs ini didesain untuk pengguna smartphone. Jadi jika situs ini diakses melalui laptop atau komputer akan terasa ringan.
  2. Klik tombol Log in
    Cara Menggunakan Instagram 2

    Setelah mengklik tombol Log in maka Anda akan dibawa ke halaman baru yang mewajibkan Anda untuk mengisi username dan password. Seperti yang saya katakan diatas, kita hanya bisa Log in dan tidak bisa mendaftar atau membuat akun baru.
  3. Halaman awal Instagram
    Cara Menggunakan Instagram 3

    Jika Anda berhasil Log in, maka akan tampilan awal atau homepage Instagram akan terlihat seperti gambar diatas, dan itu artinya Anda telah berhasil menggunakan Instagram melalui Laptop.

Sayangnya, tidak banyak fitur yang bisa kita gunakan jika mengakses Instagram melalui Laptop / Komputer / PC dibanding langsung menggunakan Smartphone. Karena yang bisa kita lakukan hanyalah melakukan setting akun, like dan mengomentari foto.

Jadi jika ingin menggunakan efek foto maka Anda tetap saja membutuhkan smartphone untuk mencoba fitur tersebut, karena jika di Laptop fiturnya sangat terbatas.

Ini saja dari saya, dan semoga manfaat.
Sumber :berguruseo.blogspot.com


Blog, Updated at: 5:27 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.