Berbagai Manfaat Labu Bagi Kesehatan

Posted by

Sayur Labu Labu merupakan buah yang kaya akan kandungan antioksidan serta vitamin yang bisa mengatasi berbagai jenis penyakit. Jika di desa labu sering di sebut dengan Jipang, biasanya di pakai untuk bahan masak sayur. Bernama latin Sechium edule, labu siam yang selama ini kita kenal untuk bahan masakan, selain enak dimakan ternyata juga memiliki manfaat di bidang kesehatan tubuh kita. Apa saja sih manfaat itu ?

Sayur Labu Siam
Berikut penjelasan tentang Manfaat Labu Bagi Kesehatan selengkapnya, seperti yang dilansir oleh Health.

1. Labu bermanaat untuk mengurangi resiko kanker

Kamu tak usah memilih labu yang segar jika ingin mendapatkan manfaat darinya. Itu karena sekarang terdapat labu kalengan yang sudah dikemas dan memiliki banyak kandungan vitamin. Satu kaleng labu memiliki 50 % lebih nilai harian dari vitamin K. Hal ini bisa mengurangi resiko untuk terserang penyakit kanker.

2. Buah Labu dapat membantu program diet

Baik buah-buahan maupun sayuran seringkali bisa membantu dalam program diet. Mungkin saja buah labu masih jarang kamu masukan sebagai asupan menu diet sehari-hari. Padahal, secangir labu kalengan saja sudah mengandung 7 garam serat serta 3 gram protein. Selain itu, labu hanya mengandung 80 kalori serta 1 gram lemak untuk setiap kemasan kalengnya.

3. Labu juga membantu menjaga kesehatan mata

Labu memiliki banyak kandungan beta-karoten, itu terlihat jelas dari warnanya yang terang dan berwarna orange. Beta-karoten merupakan provitamin yang dapat dikonversi jadi vitamin A. Adanya kandungan beta-karoten di dalam buah labu, bisa meningkatkan system kekebalan tubuh dan juga bisa menjaga kesehatan mata. Hingga ada yang mengatakan bahwa bisa mencegah penyakit jantung koroner.

4. Labu sebagai Obat

Benar saja, beberapa situs yang kami telusuri menyebutkan bahwasanya labu siam ini juga berguna untuk pengobatan seperti batu ginjal, hipertensi, diabetes, sariawan bahkan konon bisa sebagai obat penurun panas. Istimewa bukan?

5. Biji labu sebagai penurun kolesterol

Manfaat Buah Labu SegarKami kutip dari situs merdeka.com di sebutkan bahwa dengan memakan biji labu bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh kita, hal ini di dukung fakta bahwasanya komponen phytosterol yang ada di dalam biji labu berfungsi untuk menyerap kolesterol dalam tubuh.
Buah Labu Segar
Namun, perlu diketahui juga bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi labu terdapat zat beta karoten memanglah tidak beracun. Akan tetapi, apabila dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan perubahan warna kekuningan di bagian kulit, yang biasa disebut dengan karotemia. Kamu juga tidak perlu khawatir, dikarenakan perubahan warna itu tidaklah berbahaya, dan bisa menjadi normal kembali dalam waktu yang relative cepat.


Blog, Updated at: 6:32 PM

Total pengunjung

Translate

Terbaru

    Powered by Blogger.